Nyate Buntel Khas Senayan (Jakarta)

Di Sate Khas Senayan lah saya pertama kali makan yang namanya sate kambing buntel, yaitu sate kambing khas Solo yang disajikan dengan bentuk sesuai namanya, seperti buntelan. Sejak saat itu, saya gatel pengen nyobain sate buntel di banyak tempat dan ngebandingin rasanya. Saya udah pernah nyobain sate buntel di Warung Sate Kardjan di Bandung, nyobain sate buntel di Pak Gino, masih di Bandung juga, dan sate buntel Tambak Segaran di Jogja. Tapi rupanya, yang paling mantep menurut saya masih sate buntel di Sate Khas Senayan ini. Akhirnya setelah setahun lebih, saya balik lagi ke sini, makan sate buntelnya lagi.

DSCF2325 (1280x853)

Walau namanya Sate Khas Senayan, tentunya restoran sebesar dan semewah ini ga hanya menyajikan menu sate-satean. Mereka punya banyak menu khas Indonesia yang oke-oke. Ada berbagai menu cemilan juga. Dan jangan kaget kalo ngeliat menu mereka yang harganya super wow. Saya sendiri, belom pernah liat sate kambing yang harganya di atas 100 ribu rupiah, dan sate kambing campur mereka harganya 104 ribu. Tapi kalo kamu pengen hemat, cobalah dateng di atas jam 8 pagi, di atas jam 3 sore, atau di atas jam 9 malem, karena mereka punya paket hemat yang dinamai Lapar Pagi, Lapar Sore, dan Lapar Malam yang menawarkan paket deal yang lumayan hemat.

DSCF2350 (1280x855)

Karena pengen punya seengganya dua review makanan, saya batal memesan nasi putih polos doang. Di kategori menu nasi & lontong, ada berbagai menu nasi tradisional khas Indonesia kayak nasi uduk, nasi cobek, nasi begana, nasi bali, nasi kuning, nasi goreng, dan ini nih, nasi krawu. Karena di antara semua menu tadi, cuma nasi krawu yang belom pernah saya cicipin, saya akhirnya mesen seporsi nasi krawu. Nasi krawu sendiri berasal dari Gresik, Jawa Timur, yang dikasih lauk macem-macem. Kalo di sini lauknya ada potongan telur rebus, ikan teri pakang, serundeng (poyah) manis dan pedes, suwiran daging sapi, perkedel, sayap ayam goreng terasi (atau bisa juga milih empal), dan justru ini nih yang paling mantep dan dapet kredit lebih dari saya : sambel terasinya yang enak dan super pedes!

DSCF2352 (1280x854)

Naaah, yang paling ditunggu datengnya justru paling belakangan. Seporsi sate kambing buntel berisi lima tusuk sate buntel berukuran sedang yang rasanya sih bisa buat dimakan berdua. Seperti kebanyakan sate kambing khas Jawa lainnya, sate kambing buntel disajikan dengan bumbu kecap aja, tanpa bumbu kacang. Sate buntel sendiri terbuat dari daging kambing cincang yang dibungkus dengan lemak kambing. Ga heran kan kalo rasanya enak banget? Yang saya heran adalah, bungkusan lemak kambingnya halus banget sampe nyaris keliatan kayak sosis. Dan daging kambing cincangnya lembut banget, nyaris ga ada uratnya juga. Mantap!

DSCF2257 (1024x683)

Sate Khas Senayan emang jago deh menyajikan makanan-makanan khas Indonesia. Es cincau hijau ada mereka sedia lho! Wooooh, saya kan suka banget es cincau hijau, dibandingin cincau item. Apalagi pas saya tanya, sirupnya pake sirup yang warnanya merah yang entah itu sirup apa ya, mungkin rasa pisang susu? Pasalnya, saya emang lebih suka es cincau hijau yang sirupnya merah. Langsung aja deh saya pesen satu!

DSCF2347 (1280x855)

Selain es cincau hijau, saya sempet nyobain es campur juga. Yaah, ga perlu ditanya lah ya gimana rasanya. Pokoknya asalkan manis, pasti enak deh es campurnya. Isinya juga bisa dibilang lengkap banget, ada tambahan tape ketan hijaunya segala. Kolang-kalingnya juga lembut. Bubur mutiaranya ukurannya juga gede-gede. Ga salah deh, kan harganya juga mahal, hehehe.

Nasi Krawu IDR 53K
Sate Kambing Buntel IDR 78K
Es Campur IDR 31K
Es Cincau Hijau IDR 25K

 

Sate Khas Senayan
http://www.sarirasa.co.id/sks/
Cabang Jalan Salemba No. 59 Jakarta
Click for Google Maps

sate-khas-senayan.jpg.jpg

Sebagian Daftar Menu

DSCF2334 (848x1280)

DSCF2332 (852x1280)

DSCF2335 (850x1280)

DSCF2336 (1280x854)

DSCF2340 (852x1280)

DSCF2341 (850x1280)

DSCF2343 (850x1280)

Tinggalkan Balasan

