Aneka Kuliner Favorit Saya

Kali ini, saya mau berbagi kuliner favorit saya sendiri yang sampe berkali-kali saya datengin saking sukanya. Kuliner yang andai aja saya bisa ke sana setiap hari, pasti deh bakal saya sambangin. Dan kalo lagi makan di situ, rasanya pengen nambah terus, makan lagi dan lagi. Ah, tapi sayangnya perut kita ga kayak kantong Doraemon.

Saya mencoba me-review kuliner-kuliner yang udah saya cobain sejak akhir tahun 2014 silam, ketika saya akhirnya mulai merealisasikan blog saya ini. Hasilnya malah banyak juga, sampe lebih dari dua puluh kuliner. Karena rasanya kebanyakan, akhirnya saya coba ciutkan sampe jadi 20, suatu proses yang cukup menguras tenaga dan air mata, hehehe…

 

Sate di Jalan Gang Suniaraja (Bandung)

cover suniaraja (1280x856)

Dari kategori sate, ada sate ga terkenal yang ada di daerah Pecinan Bandung, tepatnya di Jalan Gang Suniaraja. Tukang sate yang udah kenal ama keluarga saya saking seringnya dateng ke sini ini berjualan tiap hari Senin sampe Sabtu. Saya selalu beli sate kambingnya yang setelah masak lalu dicerabut dari tusuknya dan ditabur di atas nasi. Gajihnya yang lumer di lidah makwowbeuh banget, ga ada duanya deh. Baca selengkapnya…

 

Bubur Ayam Mang H. Oyo (Bandung)

DSCF5941 (1280x853)

Sejak SMP nih saya sekeluarga udah sering makan di sini. Dari sejak masih warung kecil di Hariang Banga, terus pindah ke Gelap Nyawang, sampe sekarang udah di Cafe Sulanjana. Walau buburnya sekarang udah ga sepulen dulu, kita sekeluarga masih suka makan di bubur yang terkenal ga bisa tumpah kalo piringnya dibalik ini. Baca selengkapnya…

 

Cirreng Cipaganti (Bandung)

02824-dscf23022b1280x855

Jangan salah, di tangan mereka, gorengan yang stratanya paling rendah ini jadi makanan yang enak lho. Walau sekarang mereka juga punya beberapa varian isi cireng, saya tetep paling doyan cireng isi bumbu kacangnya. Saya bisa abis makan 10 cireng sendirian! Baca selengkapnya…

 

Warung Inul (Bandung)

DSCF4710 (1280x853)

Udah pernah ke sini belom? Walau letaknya jauh dan nyaris terpencil, nasi cikurnya yang enak itu bikin dia selalu dicariin orang. Nasinya pulen banget dan baunya juga harum. Lauk-lauk ala Sundanya juga ga kalah enak. Saya sih biasanya mesen ayam goreng, tempe goreng, dan jamur goreng. Baca selengkapnya…

 

Sari Rasa Sambel Hejo (Bandung)

DSCF6717 (1024x684)

Tempat makan yang satu ini aslinya berjualan di daerah Nagrak, Purwakarta. Semenjak ada Tol Cipularang, jalur di sana jadi jauh lebih sepi sehingga mereka pun berusaha survive dengan membuka cabang di Bandung. Keputusan yang tepat karena rumah makannya laris manis dikunjungi oleh warga Bandung dan bahkan wisatawan lokal. Cimplungnya, ayam gorengnya, dan sambel hejonya yang rasanya khas selalu dicari penggemarnya. Baca selengkapnya…

 

Prima Rasa (Bandung)

DSCF2609 (1280x853)

Kalo ngomongin brownies paling maknyus, saya bakalan tanpa ragu menjawab brownies panggang almondnya Prima Rasa. Saya ga bisa berhenti nyomotin browniesnya dan memakannya sampe perut saya sampe rasanya mau meletus. Selain brownies, mereka juga menjual banyak cemilan ringan tradisional, baik basah maupun kering, sehingga selalu disinggahi oleh para wisatawan. Baca selengkapnya…

 

Nasi Goreng Pa Suyud (Bandung)

DSCF0302 (1280x855)

Kalo soal nasi goreng yang enak, sebenernya banyak sih yang jadi favorit saya. Bahkan nasi goreng biasa yang jualan deket rumah pun saya suka banget. Nasi goreng ini terpilih karena rasanya lain daripada yang lain dan jadi favorit keluarga saya. Pas bulan puasa kemaren aja buktinya, sampe ke sini dua kali. Yang jualnya aja udah sampe kenal sama ibu dan adik perempuan saya. Baca selengkapnya…

 

Kambing Bakar Cairo (Cabang Bandung)

cover kambing cairo (1280x855)

Rumah makan yang mengklaim kambing bakarnya sebagai yang terlezat nomer dua setimur tengah ini emang punya hidangan utama berupa kambing bakar yang enak banget. Bumbu-bumbu rempahnya khas dan gurih banget. Tinggal milih ukurannya sesuai dengan ukuran perut dan tingkat kelaparan kamu aja. Baca selangkapnya…

 

Chiba Cafe (Bandung)

DSCF1318 (1024x683)

Bandung emang surganya kuliner, dan untuk urusan steak, ada banyak banget rumah makan favorit saya yang menyediakan steak enak. Pilihan saya jatuh ke Chiba Cafe yang menyediakan berbagai steak enak dengan pilihan daging lokal atau impor. Waktu saya nyobain steak yang pake daging lokal aja rasanya udah enak bangeeet. Baca selengkapnya…

 

RM Mergosari (Cabang Majenang)

DSCF8603 (1280x854)

Kuliner yang satu ini, walau ada cabangnya di Bandung, saya cobain di jalur selatan antara Bandung dan Jogja, tepatnya di daerah Majenang. Kombinasi ayam gorengnya yang gurih dan sambel dadak yang rasanya maknyus, ga terkalahkan deh. Sambelnya sampe mesti minta ditambah berkali-kali. Baca selengkapnya…

 

Nasi Bebek Mak Isa (Jakarta)

Di Jakarta, izinkan saya untuk mengawalinya dengan Bebek Mak Isa. Bebek yang pedesnya najong ini konon berasal dari Madura. Di Bandung, setau saya ga ada nih yang jualan Bebek Madura. Saking enaknya bebek Mak Isa, biarpun pedesnya bisa bikin merem melek plus keringetan, saya rasanya masih sanggup buat makan porsi kedua. Baca selengkapnya…

 

Soto Kaki Sapi Mencos (Jakarta)

4c382-dscf27482b1280x853

Kuliner yang satu ini lokasinya deket banget ama kosan saya di Percetakan Negara. Tiap kali saya lewat sini, saya mesti memalingkan muka supaya ga tergoda buat menepi dan  mampir makan, hehehe. Iya, saya suka banget rasa soto kaki sapinya, gurihhh. Tiap kali saya memesan soto di sini, saya ga akan lupa buat mesen sumsum tulangnya yang beuuuuh, mendingan coba sendiri aja deh. Baca selengkapnya…

 

Ketan Susu Kemayoran (Jakarta)

DSCF4784 (1280x853)

Walau tempatnya ga kondusif banget, tetep aja banyak orang yang nyempetin mampir ke sini. Menempati sebuah kedai sempit di bilangan Kemayoran, ketan susu ini emang gurihnya ga ketulungan. Pertama kali saya denger yang namanya ketan susu dimakan pake tempe goreng, saya sempet sangsi soal rasanya. Tapi pas udah nyoba, udah deh, rasanya pengen nambah teruuus! Baca selengkapnya…

 

Sate Padang Ajo Ramon (Jakarta)

e0e01-dscf29492b1280x853

Sejauh ini, inilah sate padang paling enak yang pernah saya makan. Walau mempunyai beberapa cabang di mal, rasanya beda aja dan kalo saya lebih memilih menyambangi tempat jualan mereka di Pasar Santa. Sate usus ama lidahnya bener-bener maknyus tiada tara, lembut nan gurih. Abis satu porsi, rasanya pengen nambah seporsi lagi, gitu aja terus. Baca selengkapnya…

 

Golden Egg Tart (Jakarta)

DSCF6241 (1280x853)

Sejak nyobain Portuguese Egg Tart yang dibawa temen kantor saya, saya langsung jatuh cinta. Saya terus beli buat dioleh-olehin ke rumah saya di Bandung. Kali ini giliran kedua adik saya yang jatuh cinta dan ketagihan. Sayangnya di Bandung belom ada cabang Golden Egg Tart sih sehingga saya mesti beli di Jakarta melulu buat dibawa ke Bandung. Baca selengkapnya…

 

Pagi Sore (Jakarta)

DSCF8325 (1024x683)

Buat saya, rasanya ga ada nasi padang yang lebih oke daripada nasi padang di Pagi Sore. Biasanya saya seneng beli nasi tunjang dibungkus rames karena, apalagi kalo bukan, nasinya lebih banyak. Di dalam seporsi nasi rames udah termasuk sambal goreng ati enak dan keripik kentang kriuk gratis! Belum lagi tunjangnya yang lembut bikin saya selalu kangen makan di sini. Baca selengkapnya…

 

Sop Konro Karebosi (Jakarta)

DSCF6906 (1024x683)

Di mana lagi bisa makan konro bakar yang harganya murah meriah dengan rasa yang enak dan porsi yang nampol kalo bukan di Sop Konro Karebosi? Konro bakarnya dikasih bumbu kacang manis yang dilengkapi juga dengan semangkuk kuah yang penuh oleh bumbu berempah khas Makassar. Baca selengkapnya…

 

Waroeng Spesial Sambal SS (Depok)

DSCF1170 (800x533)

Waroeng Spesial Sambal SS menyediakan berbagai macam menu sambal yang menggoda lidah dan juga mental. Ada lebih dari 20 macem sambel di sini. Cocok buat para penggemar sambal, kayak Fay, pacar saya. Pas dia baru sembuh dari tipes dan demam berdarah aja langsung ngidam makan sambel SS. Baca selengkapnya…

 

Gudeg Yu Djum (Jogja)

DSCF1974 (1280x853)

Kuliner favorit saya yang satu ini berasal dari kota pelajar, Jogja. Kalo ada kesempatan makan gudeg, pasti deh saya nyariin gudeg ini yang punya cabang di Sentra Gudeg Wijilan. Kombinasi gudeg, telur pindang, ayam bacem, dan krecek kulit sapinya selalu bikin saya pengen nambah lagi dan lagi. Baca selengkapnya…

 

Warung Handayani (Jogja)

DSCF2215 (1280x853)

Nah, ini dia satu lagi kuliner favorit saya di Jogja, namanya brongkos campur, yang berisi brongkos koyor, tahu, telur, dan kacang tolo. Rasanya emang khas dan belom nemu aja sih di Jakarta maupun di Bandung yang jual brongkos. Makanya kalo ke Jogja, saya suka nyempetin mampir ke Warung Handayani ini. Baca selengkapnya…

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s