Nostalgia di Dapur Thailand (Bandung)

Beberapa bulan yang lalu saya berkesempatan jalan-jalan ke Thailand, negeri gajah putih. Walaupun saya ga ngeliat gajah sama sekali di manapun. Waktu di Thailand, untungnya ga terlalu susah nyari makanan yang halal. Walau babi banyak banget, mungkin udah kayak makanan favorit nasional, untungnya makanan berbasis seafood ada cukup banyak. Ayam atau sapi ya tentunya ada, tapi kan ga halal kalo ga disembelih pake bismillah. Nah, di Bandung nih, kayaknya ga banyak rumah makan yang menawarkan masakan Thailand. Salah satu yang saya tau ya Dapur Thailand ini. Waktu itu saya ama Nanda ke cabang mereka yang ada di Jalan Veteran, tapi sekarang sih udah pindah ke Jalan Lengkong Kecil, di seberang Hotel Belezza.

DSCF1345 (1280x855)

Salah satu makanan yang banyak dijajakan di Thailand adalah Pad Thai. Ini hampir mirip sama mie goreng yang biasa kota makan di Indonesia, tapi ada tambahan togenya. Buat orang yang suka mie goreng dan suka toge kayak saya, saya suka banget Pad Thai. Terus kadang juga ada tambahan cacahan kacangnya, lumayan buat nambahin sensasi kriuk-kriuk.

DSCF1344 (1280x854)

Buat minumnya, kita nyobain Iced Thai Coffee atau dalam bahasa sananya disebut Oliang, o berarti hitam dan liang berarti dingin. Komposisi oliang terdiri atas kopi, gula area (brown sugar), dan berbagai biji-bijian tergantung suka-sukanya si peracik kopi. Terus biasanya juga, kalau  di Thailand sana, kopinya dikasih condensed milk. Lebih enak dan sehat daripada susu kental manis.

DSCF1348 (1280x854)

Nah, salah satu makanan manis khas Thailand yang biasanya dijadiin penutup dan dijual di mana-mana adalah ketan mangga. Ketan dan mangga yang udah dipotong-potong lalu dituangi kuah santan. Penampilannya selalu sungguh menggoda lidah. Tapi sayangnya, mangga yang dipake di sini bukan mangga dari Thailand melainkan mangga lokal sehingga sensasi rasanya jadi kurang mantep.

Padthai Seafood IDR 35K
Thai Coffee Milk Ice IDR 17.5K
Ketan Mangga IDR 22.5K

 

Dapur Thailand
Jalan Lengkong Kecil No. 73E Bandung
Click for Google Maps

dapur-thailand.jpg.jpg

 

Daftar Menu

DSCF1339 (851x1280)

DSCF1340 (852x1280)

DSCF1341 (852x1280)

DSCF1342 (852x1280)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s