Brongkos Alkid Handayani yang Bikin Ketagihan (Jogja)

Nah, selain Gudeg Yu Djum, satu lagi kuliner Jogja yang ga akan saya lewatkan kalo lagi ke Jogja adalah brongkos koyor yang dijual di Warung Handayani, Jalan Gading. Nama Alkid sendiri merupakan singkatan dari Alun-Alun Kidul, yang emang berada tepat di utara warung mereka. Warungnya sih kecil, palingan cuma muat maksimal 30an orang. Tapi di mana ada makanan yang enak, di situ pasti pengunjungnya terus berdatangan. Lahan parkir di tepi jalan seringkali dipenuhi oleh mobil dan motor para pengunjung. Saran saya, datanglah pagi-pagi karena warung yang dirintis oleh pasangan Adiyo Utomo dan Sardiyem sejak tahun 1960-an ini lebih ramai dikunjungi pada saat jam makan siang.

DSCF5392 (1280x854)
Update harga : Januari 2017

DSCF2211 (854x1280)

DSCF2210 (853x1280)

Brongkos yang tersedia di sini ada berbagai macam, ada brongkos telur, brongkos ayam, brongkos empal (daging sapi), brongkos tetelan (sisa-sisa daging sapi yang menempel di tulang), dan brongkos campur. Walau menu yang paling dicari adalah brongkos, Warung Handayani yang buka dari jam 7 pagi hingga sore hari ini menawarkan banyak menu lainnya, seperti nasi rame, nasi pecel, dan berbagai lauk pauk ala warteg.

DSCF8807 (854x1280)

Minumannya juga ada bermacam-macam tapi yang paling banyak dipesan (mungkin karena efek gambarnya yang digedein sendiri) adalah es campur yang merupakan campuran es kelapa muda dan tape. Enak dan seger diminum di siang hari yang panas.

DSCF2215 (1280x853)

Karena waktu saya ke sana lagi sendirian, saya pesen brongkos campur yang menurut saya udah best deal banget lah, isinya paling lengkap, ada kacang tolo, tahu bacem, telur bebek bacem, sedikit cabe di sini dan di sana (di makanan Jawa jarang disediain sambel ulek), dan tentunya tetelan yang saya suka. Kuahnya yang berwarna coklat kehitaman akibat campuran santan, kuah rebusan daging, dan keluak terasa agak manis tapi gurih. Supaya makin mantap, saya mengambil sekeping kerupuk aci (yang warnanya putih itu). Hmm, enyaaaak!

DSCF8808 (1280x856)

Di meja juga udah tersedia beberapa penganan ringan lain yang bisa dimakan bareng nasi atau bisa juga dimakan gitu aja, siapa tau ada yang abis makan mulutnya masih berasa pengen ngunyah, hehehe.

Nasi Brongkos Campur IDR 30K
Es Campur IDR 7K

 

Warung Handayani
Jalan Gading No. 2, Alun-Alun Kidul, Jogja
Click for Google Maps

brongkos-handayani.jpg.jpg

Iklan

Satu pemikiran pada “Brongkos Alkid Handayani yang Bikin Ketagihan (Jogja)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s