Traktiran di Sabana Kapau (Bandung)

Kebetulan, saya ama adik saya, Ferdi, ulang tahunnya deketan. Saya tanggal 30 Mei, si Ferdi tanggal 28 Mei. Kebetulan juga, waktu itu, beberapa hari lagi akan masuk bulan suci Ramadhan. Akhirnya saya memutuskan traktirannya sekalian botram aja di Rumah Makan Sabana Kapau yang sempet diceritain sama Bang Dede, saudara sepupu saya. Katanya tunjangnya enak banget. Ya jelas aja saya jadi gatel pengen nyobain. Saya kan suka banget tuh yang namanya tunjang.

DSCF0312 (1280x854)

Mungkin ada beberapa rumah makan padang yang memiliki nama sama, tapi rumah makan padang yang saya maksud berada di Jalan Mochamad Ramdan deket perempatan Jalan Pungkur, diapit oleh Kantin Rai (yang pengunjungnya sepertinya rame juga) dan Alfamart. Walau kapasitas rumah makannya cukup gede, tapi sayangnya lahan parkirnya kurang memadai, mepet pinggir jalan euy. Tapi, cabang baru mereka yang katanya ada di Jalan Lodaya tempatnya lebih oke dari ini. Tempat parkirnya pun lebih lega.

DSCF0318 (853x1280)

DSCF0314 (1280x853)

Menu yang tersedia sama seperti di rumah makan padang pada umumnya. Ga usah dijelaskan lah yaaa. Dari fotonya juga udah bisa keliatan tuh, ada sotong alias cumi, kepala kakap (biasanya sih jadi inceran terutama kalo ditraktir, soalnya enak tapi mahal), gulai ikan mas, gulai jengkol (nyam!), usus, rendang, telur dadar, dan lain-lain. Karena masih belom terlalu rame, menunya masih banyak yang tersedia. Mau langsung dirames atau dihidang di meja, bebas!

DSCF0321 (1280x853)

Sebelum makan, mamah ngiler nyobain bubur kampiun. Bubur kampiun adalah bubur manis khas padang yang isinya bisa terdiri dari bubur sumsum, bubur ketan hitam, labu, bubur candil, kolak pisang, dan lain-lain. Lengkap banget kan? Ga heran kalo disebut kampiun alias juara. Semuanya ada sih!

DSCF0325 (1280x853)

Yang satu ini, saya sih nyebutnya ayam rendang, soalnya emang kayak rendang tapi pake daging ayam. Ada juga yang menyebutnya ayam bumbu pedes. Yang manapun namanya, yang pasti rasanya enak dan emang mirip rendang sih.

DSCF0334 (1280x854)

Yang ini namanya gulai tambusu, yaitu gulai berkuah kental yang terbuat dari usus sapi lalu diisi kocokan telur. Rasanya nendang banget deh, bumbunya juga kental dan sarat berbumbu. Kata kedua ortu saya, rasa gulai di sini emang enak dan padang banget.

DSCF0333 (1280x855)

Nah, ini dia gulai tunjang yang jadi inceran saya. Rasanya belom lengkap kalo belom pake gulai sayur dan daun singkong rebus. Dan jangan lupa, tambahkan sedikit bumbu rendang dan sambel merah dan ijo. Oke, udah siap tempur nih kayaknya. Mari kita makaaan!

Nasi Putih IDR 7.5K
Usus IDR 19K
Kikil IDR 19K
Ayam Rendang IDR 19K
Otak IDR 19K
Ayam Goreng IDR 18K
Ayam Gulai IDR 18K
Bubur Kampiun IDR 15K

 

RM Sabana Kapau
Jalan Moch. Ramdan No. 12-14 Bandung
Click for Google Maps

sabana-kapau.jpg.jpg

Tinggalkan Balasan

