Ini Soto Bali Atau Empal Gentong? (Bandung) 

Waktu kemaren saya jalan-jalan ke Cirebon sekeluarga plus keluarganya Citra, sepupu saya yang tinggal di Ujungberung dan kerja di Jakarta (lengkap amat sih informasinya), pas makan Empal Gentong Amarta yang cukup terkenal di Cirebon, Ferdi ama Citra komen, “Enakan Soto Bali deh.” Hah? Seriusan? Sebagai alumni dari sekolah yang lokasinya berdekatan ama Soto Bali yang legendaris itu, temen-temen saya juga banyak yang suka, saya belom pernah lho nyobain Soto Bali. Biasanya tuh temen-temen saya kalo mau ke sini suka bilang, “Nyoto Bali yuk!” Bahkan ada juga yang menyingkatnya jadi suatu singkatan yang ngaco. Apa coba? Tebak sendiri aja yah.

DSCF1353 (1280x855)

Soto Bali sebenernya bukan berasal dari Bali. Kebetulan aja karena rumah makannya berada di Kantin Pomdam (punya TNI AD) Jalan Bali akhirnya si empunya rumah makan menamai rumah makan mereka dengan nama Soto Bali. Sotonya sendiri, secara penampilan emang beneran mirip ama empal gentong. Sekilas malah mirip juga sama Soto Mencos yang jualan deket kosan saya di Jakarta. Karena waktu itu mereka belom buka dengan kekuatan penuh, maklum masih hawa-hawa lebaran, sayangnya babat belom ada. Cuma ada daging. Ya udah, saya beli aja soto daging. Dan pas dicoba, emang bener sih, rasanya mirip banget ama empal gentong. Malah saya curiga ini sih sebenernya empal gentong bukan soto. Tapi emang beda tipis sih ya, empal gentong kan soto juga. Dan sesuai dengan reputasinya, si Soto Bali ini emang enak. Kuahnya yang berwarna kuning kecoklatan ini terasa agak kental karena sarat dengan berbagai bumbu.

Soto daging IDR 15K
Soto babat IDR 12K
Nasi Putih IDR 3K

 

Rumah Makan Soto Bali
Jalan Bali No. 1 Bandung
Click for Google Maps

soto-bali.jpg.jpg

Tinggalkan Balasan

