Nostalgia di Berlin Doner (Jakarta)

Pada bulan November 2015 silam, saya berkesempatan training selama satu bulan di kota Leipzig, Jerman, yang tentunya saya manfaatkan dengan berjalan-jalan dan mencoba berbagai macam kuliner di sana. Pastinya yang halal ya. Karena banyaknya warga negara Jerman yang tadinya merupakan imigran dari Turki, ada banyak kedai makan Turki yang menawarkan makanan halal. Salah satu hidangan halal khas Turki yang bisa dengan mudah didapatkan di seantero Jerman adalah doner kebab. Dibandingin ama kebab yang biasa dijual di Indonesia? Duh, beda jauh. Kebab yang ini harganya bisa mencapai 60 ribuan dalam kurs rupiah. Porsinya juga jauh lebih banyak, bahkan buat orang Eropa pun porsinya terbilang gede. Nah, tiap kali saya lagi jalan-jalan dan laper, saya pasti deh beli kebab.

DSCF0466 (1280x853)

Ada lagi temen saya, namanya Nden. Dulu dia sempet S2 di Belanda. Belanda ama Jerman kan tetanggaan tuh. Dan di Belanda sana, kebab juga banyak dijual. Nah, karena emang lagi hamil dan ngidam kebab, dia ngasih tau temen-temen di grup Whatsapp mengenai Berlin Doner yang buka lapak di Plaza Festival, Kuningan ini. Karena iba, ntar takut si jabang bayi kenapa-kenapa kalo ngidamnya ga dipenuhin (bentar, itu kan mestinya tugas suaminya!), akhirnya saya bilang mau ngebeliin gitu. Walau akhirnya batal juga sih, karena kata dokternya ga boleh makan sayur mentah, khawatir tokso. Terus ngapain mesti ngidam kebaaab??!!

menu berlin doner

Ya udah, sekarang malah gantian saya yang ngidam deh. Saya pergi ke Berlin Doner naik Gojek. Tempatnya ga susah dicari, ada di lantai dua, kalo dari pinggir Jalan H.R Rasuna Said kita tinggal naik ke plaza dengan tangga lebar yang langsung nyambung ke lantai duanya. Masuk aja ke dalem sampe ngeliat kedai sederhana mereka yang didominasi oleh warna coklat dan hitam.

DSCF0462 (1280x853)

Menu doner yang tersedia sederhana aja, pilihannya cuma doner dengan turkish bread atau doner box dengan french fries. Isi sayurannya bisa kita pilih, mau diisi daging ayam (kalo vegetarian mungkin ga akan mau ya), tomat, kubis merah, daun selada, bawang merah, mentimum, dan jalapeno (nama cabe khas Meksiko). Sausnya juga bisa milih, mau saus garlic, saus yoghurt, dan saus pedas. Karena saya punya pengalaman buruk waktu beli kapsalon yang keasinan di Amsterdam, saya minta saus pedasnya dikit aja. Lalu kita juga bisa nambah extra add on feta, yaitu sejenis keju putih khas Yunani.

DSCF0464 (1280x854)

Karena lagi promo beli satu di pembelian kedua diskon 50%, saya beli box kebab juga, buat temen-temen saya yang nanti bakal ketemu dan berangkat ke Bandung bareng. Pilihannya sama aja kayak yang tadi, tapi turkish bread-nya diganti ama french fries.

Nah, terus rasanya gimana? Yang pasti, rasanya bisa mengobati rasa kangen saya waktu training di Jerman dulu. Rasanya emang mirip banget. Sukses deh mereka menghadirkan doner kebab yang otentik. Walau dari segi porsi lebih kecil daripada porsinya orang Jerman, tapi buat kita sih cukup lah, masih lebih dikit malahan. Terus daging ayamnya juga empuk banget, tapi saya sih merasa agak terlalu empuk. Yang saya suka juga, turkish bread punya sensasi renyah yang menyenangkan saat digigit.

Doner Kebab IDR 60K + Feta IDR 3K
Box Kebab IDR 60K

 

Berlin Doner
https://www.facebook.com/BerlinDonerID/
Plaza Festival, Jalan Haji R. Rasuna Said Kav. C No. 22, Karet Kuningan, Jakarta Selatan
Click for Google Maps

plaza-festival.jpg.jpg

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s