Sarapan Lontong Kari Kebon Karet (Bandung)

Lontong Kari Kebon Karet ini termasuk salah satu kuliner legendaris di kota Bandung. Walaupun lokasinya berada di dalem sebuah gang sempit, jadi ga keliatan dari tepi jalan, tapi pembelinya berdatangan silih berganti, baik yang berasal dari karyawan di perkantoran di sekitarnya maupun yang dateng jauh-jauh dari luar Bandung.

DSCF9939 (1280x853)

Saya memarkirkan mobil di tepi Jalan Oto Iskandardinata. Dari kejauhan terlihat Gedung Pakuan, rumah dinesnya gubernur Jawa Barat. Karena mesti masuk gang, motor pun mesti diparkir di mulut gang. Tampak sebuah plang tua bertuliskan “Lontong Kari Kebon Karet Buka Setiap Hari 0700-2100 WIB” lengkap dengan penunjuk arah “50 meter” dan simbol panah yang mengarah masuk ke dalam gang.

DSCF9953 (1280x853)

Ruangan untuk pengunjung cukup sempit, ada yang di sebelah kiri gang di deket kasir dan dapurnya, ini sempit banget dan ga nyaman. Yang agak luas ada di sebelah kanan, ruangannya bisa memuat 20an orang. Pagi di hari Jumat itu waktu masih menunjukkan pukul 10, belum terlalu banyak pengunjungnya karena masih jam kerja.

DSCF9954 (850x1280)

Karena saya kira ga ada menunya, saya main pesen-pesen aja, satu lontong kari. Tapi pas saya mau pulang dan bayar di kasir, ternyata ada menunya yang sederhana. Ada dua jenis lontong kari, biasa dan spesial, bedanya yang spesial dikasih setengah potong telur ayam rebus. Selain lontong, mereka juga menyediakan mie kari, nasi soto bandung, baso, nasi goreng, dan lain-lain.

DSCF9949 (1280x854)

Tidak perlu menunggu lama, semangkok lontong kari biasa dateng dengan mangkok yang disponsori oleh Kecap Bango. Kuah karinya berwarna kuning kecoklatan agak kental dengan rasa yang manis gurih. Terlihat potongan lontong, potongan daging sapi, bawang goreng, emping, dan jeruk nipis. Potongan lontongnya besar-besar, nasinya padat dan menyatu dengan baik, dan banyak sehingga seporsi lontong kari ini bisa bikin perut kenyang banget. Yang menurut saya kurang oke adalah potongan dagingnya yang kurang banyak, ga seimbang dengan jumlah lontongnya. Oiya, selain isi-isi tadi, ternyata ada sebutir telor burung puyuh rebusnya. Saya kira mereka ngasih dua butir karena pas saya gigit yang satunya lagi, eh ternyata kentang rebus. Biar makannya tambah seru, saya ngambil kerupuk aci di dalem kaleng yang ada di sudut meja.

Lontong Kari Biasa IDR 19K

 

Lontong Kari Kebon Karet
Jalan Oto Iskandardinata, Gang Kebon Karet No. 28/C, Bandung
Click for Google Maps

lontong-kari-kebon-karet.jpg.jpg

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s