Makan di Bakmi Jogja H. Nawi (Jakarta)

Kalo kamu pernah googling tentang bakmi jogja yang enak di Jakarta, kamu pasti pernah deh baca nama ini, Bakmi Jogja H. Nawi. Kalo saya sih, agak beda. Tau bakmi jogja ini dikasih tau Fanu di grup Whatsapp yang mesen nasi ruwetnya via Go Food. Katanya sih enak. Hmm, patut dicoba nih. Apalagi dalam ingatan saya, saya belom pernah makan bakmi jogja di Jakarta.

Karena saya anti mesen makanan untuk direview via delivery, entah Go Food, Grab Food, atau apapun, saya pun lalu googling sendiri di mana lokasi penjualnya. Beberapa laman terakhir memberitahukan bahwa Bakmi Jogja H. Nawi ada di Jalan Wolter Monginsidi, Kebayoran Baru. Tapi ada juga yang bilang ada di Jalan H. Nawi Raya. Udah bisa ditebak kan saya memilih pergi ke yang mana?

Sialnya, pas saya udah sampe ke Jalan H. Nawi Raya, sesuai petunjuk di salah satu situs internet yang saya baca, di depan SMP Pangudi Luhur, sepi-sepi aja tuh. Mana malem-malem pula, jam 7an lah. Pas saya coba googling image, saya nemu foto bangunan tempat di Bakmi H. Nawi ini jualan, yang sekarang bangunannya udah kosong. Hiks. Berarti mereka ini beneran udah pindah ke Jalan Wolter Monginsidi. Padahal saya udah jauh-jauh ke Jalan H. Nawi Raya di Fatmawati sana. Pas saya ke akhirnya ke Wolter Monginsidi, udah habis. Heuh. Lengkap sudah derita malam itu.

DSCF9563 (1280x854)

Dan akhirnya hari ini, saya ke sini lagi. Siang-siang. Biar nasi belum menjadi bubur. Eh, maksudnya biar ga keabisan. Ternyata di tempat yang baru ini mereka nebeng sama Kambing Bakar Cairo. Tempatnya sih bagus, bersih, nyaman. Masih baru dan kinclong gitu lah. Parkirannya bisa nampung 6 sampe 8 mobil, didempet-dempetin. Kekurangannya sih ya, kalo di Haji Nawi kan tempatnya ga nebeng, gitu aja.

DSCF9562 (853x1280)

Saya liat menunya, nebeng juga sama si Kambing Bakar Cairo. Menunya super sederhana, ada kategori bakmi, bihun, dan nasi goreng. Minumannya ada widang ronde, wedang jahe, dan teh poci. Karena saya lagi laper, saya pesen nasi ruwet, sama kayak yang dipesen Fanu. Eh, tapi bukan karena sekadar mau membuktikan kok, saya emang seneng nasi ruwet alias nasi mawut. Soalnya berasa beli 2 in 1, nasi plus mie. Dasar orang padang yang ga mau rugi. Eh, ngga juga deng. Karena dengan beli nasi ruwet, itu juga artinya saya nyobain nasi gorengnya. Sekali lagi, sekali mendayung satu dua pulau terlampaui.

Sekitar 10 menitan kemudian nasi ruwet saya dateng. Iya, biasanya kan lama ya. Maklum aja, soalnya yang dateng ke sini rata-rata beli kambing bakar, bukan bakmi jogja.

DSCF9565 (1280x854)

Belum lagi menyendok, aroma bawang putih yang cukup kuat udah tercium. Ini juga jadi ciri khas menu nasi goreng khas jawa. Ukuran porsinya juga biasanya pas ga terlalu banyak. Dalam nasi ruwet ada campuran mie yang agak terpotong kecil-kecil. Menurut saya sih bagus, jadi nyendoknya juga ga sulit. Suiran ayamnya nyaris ga keliatan. Padahal yang bikin menu-menu bakmi jogja mahal kan karena dia pake ayam kampung.

Saya juga nyempetin nanya ke mas-mas yang jualan bakmi Jogja, kenapa kok pindah? Katanya, nyari tempat yang parkirannya lebih gede. Terus saya nanya juga, ini sebenernya namanya Bakmi Bengawan (karena di blog ini saya liat namanya Bakmi Jogja Bengawan) atau Bakmi H. Nawi? Dia bilang, dulu emang berafiliasi ama Bakmi Jogja Bengawan yang ada di Bandung tapi sekarang udah ngga. Hmm, saya jadi menduga mungkin sebenernya itu alasan sebenernya mereka pindah ke sini, semacam memulai hidup yang baru dengan manajemen baru dan nama yang baru.

DSCF2358 (1280x855)

Kalo beli bakmi saya selalu pesen bakmi nyemek, yaitu bakmi yang kuahnya ga terlalu banyak. Beda dengan bakmi godhog atau bakmi rebus yang kuahnya lebih banyak. Seperti layaknya bakmi jogja, isiannya ada sayuran kol dan potongan tomat, lalu tentunya ada potongan ayam kampung, dan dihiasi cacahan seledri dan bawang goreng. Rasa kuah bakminya cukup seger, ga terlalu berasa bawang putih, biasanya ada yang ga suka kalo terlalu bau bawang putih. Drakula kali yaaa. Saya dengan cepat menghabiskan bakmi ini. Takut keburu dingin akibat dinginnya ruangan yang berAC.

Nasi Ruwet IDR 30K
Bakmi Nyemek IDR 30K

 

Bakmi Jogja H. Nawi
Jalan Wolter Monginsidi No. 39, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan
Click for Google Maps

bakmi-nawi.jpg.jpg

Tinggalkan Balasan

