Makan Malam Soto Padang Uda Ujang (Bandung)

Pas lagi kumpul-kumpul keluarga kemaren di rumah makan papah saya di Punclut, ada sodara kita yang ngasih tau bahwa dia suka banget makan soto padang di seberang Unpad Dipati Ukur. Iya sih, sebagai keluarga Minang yang udah lama tinggal di Bandung, kita emang udah pada tau sih kalo di sana ada yang jual soto padang. Di deketnya ada penjual sate padang juga. Udah bertahun-tahun mereka berjualan di sana. Sate padangnya sih udah pernah nyobain. Tapi kalo soto padangnya, belom pernah sama sekali. Wah, wajib dicoba nih. Apalagi saya kan penggemar soto padang.

DSCF9444 (1280x853)

Jualannya tepat di seberang Unpad Dipati Ukur, di area di belakang Monumen Perjuangan Jawa Barat. Itu loh, monumen yang berhadapan dengan Gedung Sate. Jualannya di kaki lima yang sederhana namun yang dateng cukup ramai, silih berganti. Namanya, Soto Padang Uda Ujang. Jangan salah, ga cuma orang Sunda aja yang pake nama Ujang, orang Padang juga pake.

DSCF9424 (849x1280)

Saya dateng sekeluarga dateng ke sini, formasi lengkap. Pesenan kita semua sama, soto padang pake nasi. Kalo berdasarkan menu yang ditempel di gerobaknya, ada pilihan urat, daging, dan paru. Tergantung kamu sukanya gimana, mau campur, mau salah satu, atau cuma mau salah dua aja. Terserah. Bebas sebebas-bebasnya. Asal bayar.

DSCF9426 (1280x856)

Soto padang emang ga butuh waktu lama buat nyiapin, dalam waktu singkat sepiring nasi dan semangkok kecil soto padang sudah tersaji di meja. Di atas nasi ada remahan kerupuk merah dan taburan bawang goreng.

DSCF9439 (1280x854)

DSCF9442 (1280x855)

Buat saya, belom lengkap makan soto padang kalo warna kuahnya belom merah kayak gitu. Pertama kali saya makan soto padang, pas masih kecil di restoran Simpang Raya di Puncak, itu warna kuahnya merah. Soto padang saya dipesenin ga pake daging, jadi cuma ada urat sama paru. Parunya kriuk kriuk renyah ketika dikunyah. Terus, seperti biasa ada perkedel kentang yang cukup besar dan sejumput bihun gelas. Overall, memang cukup soto padangnya enak. Recommended.

Soto Padang + Nasi IDR 20K

 

Soto Padang Uda Ujang
Jalan Dipati Ukur, samping Monumen Perjuangan Rakyat Jawa Barat
Click for Google Maps

soto-uda-ujang.jpg.jpg

Iklan

Satu pemikiran pada “Makan Malam Soto Padang Uda Ujang (Bandung)

  1. Kalo satenya mah udah jangan ditanya. Sampe bikin saya bolak-balik meja makan ke gerobak buat nambah bumbu satenya. Haha. Enak!

    Sotonya yang ga pernah kepikir buat coba. Oke. Selanjutnya dicoba. Mantap! Bikin ngiler malem2..

    Disukai oleh 1 orang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s