Kongkow di Warung Kopi Purnama (Bandung)

Ini kali kedua saya dateng ke Kopi Purnama. Saya bukan pecinta kopi, bukan pula penyuka kopi. Kopi yang saya suka cuma jenis kopi susu dan cappuccino, yang dikasih gula. Yang pasti, bukan kopi pahit. Waktu itu pun saya dateng ke sini dalam rangka nyoba-nyoba doang. Penasaran, kayak apa sih warung kopi yang udah buka sejak tahun 1930. Kali ini, bukan karena sekarang udah jadi pecinta kopi sih, tapi karena emang mau bikin review dan berbagi info aja. Ini semua buat kalian lho, para pembaca setia! Hehehe…

DSCF9394 (1280x853)

Sengaja saya dateng pagi-pagi, sekitar jam setengah sembilan. Sebelumnya adik saya bercerita bahwa kalo pagi-pagi ada yang jual bubur ayam enak, Bubur Ayam Alkateri, yang sering juga dibeli oleh para pengunjung Kopi Purnama. Untung, ternyata jam segitu dia masih berjualan, belom abis. Langsung aja deh saya sama Ferdi pesen dua porsi bubur, minta dianter ke dalem. Sssstt, tapi ngomong-ngomong, katanya kalo makan buburnya di dalem ama di luar (di bangku yang disediain si tukang bubur) harganya bakal beda.

DSCF9407 (1280x854)

Noh liat deh, suiran ayamnya banyak, sampe nutupin permukaan bubur. Buburnya sendiri ga terlalu encer, juga ga terlalu kentel. Pas mau makan, saya baru menyadari bahwa ga ada kacangnya. Hmm, apakah tukang buburnya lupa? Atau abis? Hiks, jangan abis. Saya coba samperin lagi tukang buburnya, katanya emang ga pake kacang. Hoo, oke deh. Gapapa deh, yang penting bubutnya enak, huehehehe…

DSCF9401 (1278x1280)

DSCF9404 (1278x1280)

Sebagai sebuah “warung kopi”, Kopi Purnama ini menurut saya justru ga banyak menyediakan menu kopi. Tapi mungkin justru itulah yang membuatnya khas. Kopinya bener-bener Indonesian style. Cuma ada kopi, kopi tubruk, kopi susu, dan kopi telur. Dan selain kopi-kopi tadi, masih ada banyak menu makanan dan minuman lain. Diklik aja foto menunya biar keliatan lebih jelas. Oiya, tapi yang patut kamu perhatiin, di sini juga menjual makanan non halal. Ham, worst, sekba, dan bakut adalah nama-nama yang mesti kamu waspadai karena semuanya berbahan dasar babi. Agak aneh, soalnya ada pramusajinya yang berjilbab lho. Orang yang ga tau bisa salah mengira makanannya halal semua demi melihat si pramusaji ini.

DSCF9408 (1278x1280)

Akhirnya, saya ama Ferdi beli kopi susu. Bedanya, saya pesen yang panas, Ferdi mesen yang dingin. Harga yang dingin agak lebih mahal, mungkin karena lebih banyak juga porsinya. Segera saya seruput kopi susu panas saya karena dengan cepat panasnya menguap. Konon katanya kopi di sini didistribusikan dari pabrik kopi jadul yang terkenal di Bandung, Kopi Aroma. Lokasinya ada di Jalan Banceuy sana.

DSCF9414 (1280x855)

Karena ga ada ide mau mesen apa, akhirnya kita mesen menu yang ada gambarnya, lumpia goreng. Dalam satu porsi, ada 4 potong lumpia goreng, lengkap dengan bumbu kacang pedesnya. Eh, tapi ga terlalu pedes kok. Isinya daging ayam, ga pake rebung. Bagus, soalnya saya ga suka rebung.

DSCF9415 (1280x855)

Kita di sana lumayan lama, ceritanya dalam rangka nungguin Nanda beres acara di sekolahnya. Makin siang, Warung Kopi Purnama makin ramai dikunjungi orang. Tapi karena bangunan jadulnya berplafon tinggi, ruangan tetep sejuk. Apalagi, ini Bandung gitu loh. Akhirnya, kita mesen lagi roti telur sosis, lengkap dengan saos sambel dan saous kuning yang sepertinya mustard.

DSCF9421 (1280x853)

Karena si Nanda masih belom nelepon-nelepon, akhirnya kita mesen lagi roti selai srikaya yang katanya homemade ini. Orang lain yang kongkow-kongkow di situ sih kayaknya cuek aja cuma mesen kopi. Roti srikayanya enak tapi menurut saya sih rasanya telalu manis. Pas lagi asik-asik menikmati roti selai srikaya, tiba-tiba aja kita diajak ngobrol sama engkoh-engkoh yang duduk di sebelah kita. Bener-bener khas warung kopi! Mau ke sini? Warung Kopi Purnama bisa dikunjungi sejak jam setengah tujuh pagi hingga sepuluh malam.

Kopi Susu Panas IDR 14K
Es Kopi Susu IDR 17K
Roti Gulung Telur Sosis IDR 17K
Lumpia Goreng 18K
Roti Selai Srikaya IDR 15K

 

Warung Kopi Purnama
Jalan Alkateri No. 22 Bandung
Click for Google Maps

kopi-purnama.jpg.jpg

Tinggalkan Balasan

