Makan Enak Unik di Kopi Oey (Jakarta)

Sebenernya udah beberapa kali saya ke sini, tapi baru kepikiran bikin blognya sekarang aja sih. Lagi-lagi, ini salah satu lokasi kulineran yang letaknya di Cempaka Putih, daerah jajahan saya di Jakarta. Deket dari kantor dan kosan. Dan lagi, Cempaka Putih emang punya banyak tempat kulineran yang asik dan rame-rame juga. Harapan saya sih, suatu saat dia bisa nyaingin reputasinya Tebet atau Kemang lah.

DSCF9294 (533x800)

Dibandingin ama cabang utamanya di Sabang, yang belum pernah saya sambangin (lah?), Kopi Oey Cempaka Putih ini jauh lebih kecil, soalnya cuma menempati sebuah blok ruko. Walaupun gitu, area makannya ada dua lantai. Di lantai satu agak sempit gara-gara sebagian ruangannya kepake ama dapur. Di atas lebih lega sih, tapi smoking. Kalo males sama asap rokok ya mendingan di bawah aja sih.

DSCF1520 (800x534)

DSCF1528 (800x534)

Ciri khas dari Kopi Oey adalah dekorasi interiornya yang ala Tionghoa peranakan. Warna dindingnya merah, lampu-lampunya diletakkan di dalem sangkar burung, lengkap dengan poster-poster jadul dan meja marmer dan kayu berwarna gelap, memperkuat suasana peranakannya.

DSCF1529 (850x1280)

DSCF1532 (851x1280)

Walau tempatnya bahkan didukung oleh wifi yang kenceng, cukup nyaman buat nongkrong sambil surfing pake hape atau bahkan kerja santai pake laptop (colokan listrik pun tersedia di beberapa lokasi), tapi pas Sabtu itu saya dateng sepi banget. Cuma ada dua grup pengunjung selain saya sendiri. Mungkin gara-gara kalah bersaing ama Warunk Upnormal yang ada di seberangnya atau Bebek Kaleyo yang juga ada deket sana. Padahal, menurut saya sih makanan di restoran punyanya Bondan Winarno ini unik-unik dan enak-enak lho. Pernah suatu kali saya dateng pas lunch di hari kerja juga tempatnya ga sampe full.

DSCF1527 (800x534)

Karena bingung juga mau pesen apa, karena mereka kayaknya ga menonjolkan suatu hidangan tertentu, ya udah saya milih yang ada di foto aja biar gampang. Kebetulan perut juga lagi laper belom makan dari pagi, butuh santapan yang rada berat. Ini nasi goreng teri medan, menurut saya rasanya lumayan. Nasi gorengnya digoreng pake bumbu rempah-rempah tanpa kecap manis dan pake sedikit telor yang dimasak dicampur nasi. Sidekicknya ada telor ceplok, potongan timun, tomat, dan daun selada, acar, ama kerupuk warna-warni. Yang paling memorable adalah teri-teri kecilnya yang gurih dan renyah.

DSCF9291 (800x533)

Kalo lagi pengen makan sehat, nasi capcay juga ada. Ga kayak kalo makan nasi capcay di rumah makan chinese food, di sini capcaynya secukupnya aja, ga lebay sampe menuhin piring. Rasa capcaynya termasuk salah satu yang paling enak yang pernah saya makan. Nasinya juga bukan sekedar nasi putih aja melainkan digoreng pake mentega dan dicampur telor sehingga rasanya gurih.

DSCF1523 (532x800)

Buat minumnya, saya nyobain es lemon kietna soda. Yak, karena ada fotonya. Tapi pilihan saya ga salah sih, rasanya unik, sulit buat diungkapkan atau dibandingin dengan minuman lain karena uniknya itu. Sodanya sendiri manis, mungkin pake minuman soda semacam 7up. Kietna sendiri nama sejenis jeruk (saya aja baru denger dan mesti googling) yang disebut juga jeruk kesturi, banyak dibudidayakan di Medan. Nah, karena saya belom pernah makan jeruk kietna, berarti ya kayak gini lah rasanya.

DSCF1741 (1280x853)

Di lain waktu (iyaaa, ini ga sekaligus saya cobain semua di satu waktu kok), saya nyobain salah satu menu yang lagi-lagi karena ada fotonya, Mie Kepiting Pontianak. Mienya dikasih topping jamur, irisan ayam, baso ikan yang warnanya putih itu, daaan tentunya kepitingnya, tapi cuma bagian lengan kepitingnya doang yang digoreng tepung. Sayangnya, rasanya biasa ajah. Udah gitu, saya bahkan sempet sebel karena ngegigit banyak bagian yang keras dari kepitingnya. Rupanya serpihan-serpihan kulit kepitingnya yang keras itu malahan ikut digoreng dengan tepungnya.

DSCF2158 (1280x855)

Suatu pagi saya pernah ke Kopi Oey dan nongkrong ngeblog karena wifi di kosan lemotnya minta ampun. Kali ini saya makan siang (plus sarapan karena belom sarapan samsek) dengan nyobain Roti Telor Belandanya. Roti toastnya agak terlalu renyah sih, jadinya pas dipotong pake pisau makan terlalu banyak serpihan remahnya. Akhirnya saya lebih memilih memakan rotinya langsung digigit aja. Isinya adalah telor rebus dan tomat yang dicacah kecil-kecil terus dipakein saus thousand island. Rasanya sih enak, iya lah, sejak kapan thousand island ga enak.

DSCF9510 (1280x852)

Menu ala sarapan lain yang udah pernah saya cobain adalah Roti Bakar Prantjis Pain Perdoe Ini roti bakar enak. Ga kayak roti bakar lainnya yang udah pernah saya coba. Rotinya sih roti biasa, tapi dipanggang (atau digoreng?) dengan sedikit lapisan telur. Terus, di atas roti dituang dengan sirup buah maple. Baunya harum bangeeet.

DSCF2152 (852x1280)

Terus kali ini saya nyobain beli teh tarik, bosen ah beli es teh tawar melulu. Sesekali beli yang manis-manis laaah. Teh tariknya sih enak tapi agak kurang manis. Akhirnya saya nambahin sendiri gula zero calorie yang ada di tiap meja. Gratis.

Duh, minta maap banget ya kalo ada yang ngarepin saya nyobain kopi di sini (yah, namanya juga Kopi Oey masak ga ngereview kopinya sih???). Soalnya saya emang bukan penggemar kopi. Kalopun saya mesen dan nyobain salah satu menu kopinya, saya kemungkinan ga bisa ngasih komentar. Ah, lain kali aja deh ya kalo sempet ke sini lagi saya cobain salah satu kopinya plus saya juga masih penasaran nyobain salah satu roti bakar mereka. Tunggu aja updatenya, okeh???

Nasi Goreng Teri Medan IDR 32K
Nasi Tjaptjai Babah Oey IDR 30K
Ijs Djeroek Kietna Soda IDR 25K
Mie Kepiting Pontianak IDR 35K
Roti Telor Belanda IDR 23K
Ijs Teh Tarek Semenandjoeng IDR 20K

 

UPDATE 29 Januari 2017

Kopi Oey di cabang ini udah tutup

 

Kopi Oey
http://kopioey.com/
Cabang Jalan Cempaka Putih Raya No. 110 D Jakarta Pusat
Click for Google Maps

kopi-oey.jpg.jpg

4 pemikiran pada “Makan Enak Unik di Kopi Oey (Jakarta)

  1. heiii thanks buat share-nya Ri. Gw dah penasaran dari dulu sama tuh warung. Prespsi gw diaa jualan kopi doang macam starbuk atau kopibin. Ternyata ada menu makanannya juga ahaay.
    daya tarik wifii kenceng ajib juga tuh buat ngeblog sambil ngemil. Besok week end cobain ahh. daripada di upnormal penuh terus. Halah haha…

    Suka

Tinggalkan Balasan

