Museum Geologi, The Best Museum in Bandung (Bandung)

Hampir semua museum di Bandung udah pernah saya datengin. Mulai dari yang paling bagus sampe yang paling serem juga ada. Nah, di antara museum yang paling recommended buat dikunjungin adalah ini, Museum Geologi. Semua anak-anak sekolahan yang study tour ke Bandung pasti deh ngemasukin museum ini ke list kunjungan mereka selama di Bandung. Makanya, hari Sabtu ama Minggu biasanya banyak bus yang parkir di pinggir jalan depan museum.

DSCF1272 (1024x683)

Seperti namanya, museum ini menyimpan berbagai koleksi yang berkaitan dengan geologi, seperti fosil, batuan, dan mineral. Semuanya itu dikumpulkan selama kerja lapangan di Indonesia sejak tahun 1850an. Hah, masih jaman penjajahan Londo dong? Iya. Jadi saat itu Belanda mulai intensif melakukan banyak kegiatan penyelidikan geologi dan tambang di wilayah Nusantara. Bahkan pada tahun 1928 mereka membangun gedung kantor lengkap dengan laboratorium geologi yang sekarang menjadi gedung museum ini. Pengelolaannya dilakukan oleh UPT Museum Geologi yang berada di bawah Kementerian ESDM.

DSCF1228 (681x1024)

Dulu banget, masuk ke Museum Geologi tuh gratis. Makanya pas kemaren saya daten ke sini dan disuruh beli tiket dulu sma yang jaga pintu, agak kaget juga. Wah, kapan ya saya terakhir kali ke sini? Tapi ya gapapa juga sih, tiketnya cuma 3 rebu doang kok. Masuk ke dalem, kita idsambut ama kerangka gajah purba yang gede ini. Entahlah apakah ini asli atau replika.

guide museum geologi 01

Sebelum berkeliling-keliling, kamu bisa minta minta peta petunjuk museum ke bagian informasi yang ada di sebelah kanan setalah pintu masuk. Petanya gratis kok. Tapi ya, kalo makin banyak yang minta mungkin nanti lama-lama jadi mbayar. Di peta ini kamu bisa ngeliat pembagian ruangan museum,

  1. Lantai 1 Sayap Barat berisi koleksi yang berkaitan dengan geologi Indonesia
  2. Lantai 1 Sayap Timur berisi koleksi yang bercerita tentang sejarah kehidupan
  3. Lantai 2 Sayap Barat berisi koleksi sumber daya geologi
  4. Lantai 2 Sayap Timur memaparkan manfaat dan bencana geologi

Anyway, walau ada layout yang berbeda dengan kenyataannya, petanya keren banget dan sangat informatif. Applause buat yang buat.

DSCF1204 (1024x683)

Saya masuk ke sayap barat di lantai satu, di sini kita bisa ngeliat informasi mengenai alam semesta dan pembentukan bumi, tenaga tektonik, gunung api di Indonesia, proses pembentukan kepulauan Indonesia, koleksi batuan dan mineral, dan masih banyak lagi. Informasinya disampaikan dengan berbagai macam media, yang standar melalui tulisan dan gambar dua dimensi (tapi tetep aja menarik karena ilustrasinya bagus-bagus), ada yang berupa TV, dan ada yang menggunakan layar sentuh. Cuma sayangnya, beberapa layar sentuh ga berfungsi, beberapa speaker di TV juga mati. Oiya, hampir lupa, di ujung sayap pun ada bagian khusus mengenai sejarah dan geologi Bandung. Saya bahkan sampe terinspirasi buat maen ke Gunung Batu setelah ngeliat salah satu panel ilustrasinya.

DSCF1231 (1024x684)

Di sayap timur, masih di lantai 1, adalah ruangan tentang sejarah kehidupan. Ruangannya kayak udah lama ga direnovasi, keliatan banget dari panel-panel ilustrasinya yan keliatan udah jadul. Walaupun gitu, tetep aja ruangan ini menarik. Kenapa? Karena di ruangan ini ada kerangka Tyrannosaurus Rex yang merupakan dinosaurus predator terbesar. Tingginya 6.5 meter dengan panjang 14 meter. Namun, kerangka ini hanyalah replika, bukan asli, sumbangan Jepang yang dibuat di Kanada.

DSCF1234 (1024x684)

Di sisi yang berlawanan dengan kerangka T-Rex, ada juga berbagai kerangka mamalia purba yang pernah hidup di Indonesia seperti gajah purba, kerbau purba, kuda nil purba, badak purba, dan kura-kura purba. Pokoknya serba purba. Ada yang kerangkanya lengkap, tapi kebanyakan sih cuma tengkorak atau bahkan ada yang cuma karapaksnya (tempurung kura-kura) doang. Di dua ruangan yang lebih kecil, ada ruangan yang mengungkap informasi mengenai fosil manusia purba yang ada di Indonesia.

DSCF1253 (1024x683)

Naik ke lantai dua, saya masuk ke sayap barat. Lantai dua ini lebih sepi, entah kenapa pengunjung ga banyak yang naik ke atas sini. Tapi kalo mau, bahkan lift pun tersedia untuk pengunjung lansia dan cacat. Dan, berfungsi kok, seengganya waktu itu. Anyway, saya suka ruangan ini karena displaynya warna-warna. Di sini dipaparkan informasi mengenai mineral logam, mineral non logam, batu mulia, minyak dan gas bumi, batu bara, panas bumi, dan bahkan sumber daya air pun ga kelewatan. Sayangnya, wahana interaktif yang ada di tengah ruangan lagi-lagi ga berfungsi. Ah, apakah turunnya harga minyak dunia turut mempengaruhi pemeliharaan museum?

DSCF1260 (1024x683)

Di ruang sayap timur, berisi informasi megenai manfaat dan bencana geologi. Berbagai pemanfaatannya dibagi menjadi pemanfaatannya di era pra sejarah, era sejarah, dan era modern, mulai dari senjata, perhiasan, arca, keramik, hingga ke motherboard komputer dan kamera digital. Semuanya berasal dari apa yang ada di muka dan perut bumi.

DSCF1263 (1024x683)

Berlanjut ke bagian bencana, ada pemaparan tentang gempa bumi, letusan gunung berapi, tanah longsor, dan tsunami. Informasi dan koleksi yang berkaitan dengan gunung berapi diambil dari hasil erupsi Gunung Merapi sementara informasi yang berkaitan dengan tsunami, tentu saja dari apa yang pernah menimpa bumi serambi Mekah, Aceh. Yang menarik, mereka punya simulator gempa. Yang ga menariknya adalah, lagi-lagi ga berfungsi. Ah, ga seru.

Akhir kata, walau banyak wahananya yang ga berfungsi, Museum Geologi masih tetep menjadi museum terbaik di Bandung. Iya, segitu jauhnya jarak kualitas antara museum-museum lain di Bandung ama museum ini. So, kalo kamu cuma punya waktu sebentar di Bandung tapi pengen ngunjungin salah satu museum, saya bakalan ngerekomendasiin buat dateng ke museum ini.

 

Tiket Masuk
Pelajar IDR 2K
Umum IDR 3K
Wisatawan Asing IDR 10K

Jam Buka
Senin-Kamis : 09.00-15.30
Sabtu-Minggu : 09.00-13.30
Hari Jumat dan Hari Libur Nasional Tutup

 

Museum Geologi
Jalan Diponegoro No. 57 Bandung
Click for Google Maps

museum-geologi.jpg.jpg

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s