Kangen Cirebon di Nasi Jamblang Sadakeling (Bandung)

Karena (lagi-lagi gagal) menyambangi Warung Nasi Karasak di Mohammad Toha sana, akhirnya waktu itu saya sekeluarga makan siang di Nasi Jamblang Sadakeling. Kayaknya sih ini emang udah rejekinya si Mamah. Soalnya sejak dari rumah udah ngebilang pengen nyobain makan nasi jamblang di sini. Saya udah sejak lama sih tau tempat ini, tapi entah kenapa ga terlalu berminat nyobain.

DSCF1454 (1024x684)

Jadi sebenernya, setau saya sih di Bandung ga banyak rumah makan yang menawarkan menu nasi jamblang. Yang saya tau ya cuma ini sama yang ada di deket rumah. Yang di deket rumah pun saya belom pernah nyobain dan entah sekarang masih ada atau ngga.

DSCF1474 (1024x684)

Menu yang mereka sediain terbilang cukup lengkap dan emang Cirebon banget. Selain nasi jamblang, mereka juga nyediain nasi lengko, mie koclok (saya baru denger sekarang ada kuliner Cirebon yang namanya mie koclok), dan empal gentong.

DSCF1455 (1024x683)

Kalo kamu emang belom tau dan dari tadi emang bertanya-tanya, nasi jamblang itu apa sih, nah ini dia nasi jamblang. Nasinya yang seuprit dibungkus pake daun jati. Tapi saya pernah denger juga sih kalo kadang nasi jamblang ga dibungkus pake daun jati, karena jumlahnya yang terbatas dan mungkin harganya juga ga murah. Saya lupa juga daun apa yang dipake. Selain nasi jamblang, mereka juga nyediain nasi putih biasa yang ditaro di rice cooker. Tinggal minta aja ama pramusaji yang jaga.

DSCF1460 (683x1024)

Secara tradisionalnya, hidangan untuk nasi jamblang disajikan secara prasmanan. Kita tinggal milih menu apa yang dimau, dan biasanya kalo kayak gini sih cenderung kalap. Karena keliatannya emang enak-enak, akhirnya ngambilnya berlebih deh. Walau sebenernya menunya sih sederhana aja kayak tahu, tempe, perkedel, sate usus, sate kerang, sate ati, sate ampela, rendang, balakutak (alias cumi), telur dadar, dan masih banyak lagi. Kalo dipikir-pikir, nasi jamblang ini mirip kayak nasi kucing yang jadi ciri khasnya kota Jogja nih.

DSCF1468 (1024x683)

Saya ngambil sate usus, sate kerang (yang ini udah so pasti bakal saya ambil), telor dadar kecil, dan sambel. Nasinya saya kasih sedikit kuah item balakutak. Keliatannya menjijikkan? Ah, jangan tertipu oleh penampilan. Dulu saya pernah ga suka juga sama menu yang namanya nasi tinta cumi (dijual di daerah Labuan, Banten, tempat saya pernah tinggal dua tahun) tapi pas akhirnya nyobain ternyata malah ketagihan. Jangan salah, tinta cumi ini rasanya gurih lho. Oiya, saya ngambil perkedel juga. Perkedelnya kriuk-kriuk di luar, tapi lembut di dalem. Walau masih kalah dari segi rasa, perkedel ini berhasil ngingetin saya ama Perkedel Bondon.

DSCF1470 (1024x683)

Mamah mesen kerupuk sambel. Mamah ngomongnya kerupuk banjur, soalnya bener juga sih, sambelnya emang dibanjur ke atas kerupuk. Kerupuk yang dipake bisa macem-macem, bebas aja sebenernya. Ada yang pake kerupuk kuning, kerupuk merah (kayak di soto padang), kerupuk aci, dan kalo di sini mereka pake kerupuk melarat. Ga heran sih, karena kerupuk melarat emang salah satu penganan yang khas dari Cirebon. Namun karena kerupuknya tipis sementara sambelnya agak cair, kerupuknya jadi lembek dalam waktu cepat. Baiknya, abis dipesen mendingan cepet-cepet dimakan.

Nasi Putih IDR 4K
Nasi Jamblang IDR 2K
Sate Kerang IDR 2K
Sambel IDR 1K
Perkedel IDR 1.5K
Sate Usus IDR 2K
Telur Dadar IDR 2K
Kerupuk Sambel 7.5K

 

Nasi Jamblang Sadakeling
Jalan Sadakeling No. 11 Bandung
Click for Google Maps

jamblang-sadakeling.jpg.jpg

Satu pemikiran pada “Kangen Cirebon di Nasi Jamblang Sadakeling (Bandung)

Tinggalkan Balasan

