Toko Roti Sidodadi yang Legendaris dan Laris Manis (Bandung)

Bosen ama rasa roti yang gitu-gitu aja? Pengen beli oleh-oleh buat dibawa balik ke Jakarta? Telat bangun dan bingung nyari sarapan tapi udah pada abis semua? Naaah, pas banget deh kalo kamu berkunjung toko roti paling legendaris di Bandung, Toko Sidodadi, karena mereka buka sekitar jam 10 setiap harinya. Kadang-kadang malah udah buka lebih awal dari itu, tapi karena pintunya masih nutup, orang-orang ga tau kalo si toko sebenernya udah bisa melayani pembeli. Tapi pelanggan setia pasti udah pada tau sih rahasia ini.

DSCF9366 (800x533)

Toko Sidodadi yang udah mulai berjualan sejak tahun 1960an ini ga pernah sepi dari pembeli. Selalu ada aja yang berkunjung ke toko mereka buat membeli roti. Eh, ralat, ngeborong roti. Iya, ngeborong. Walau bukanya jam 10 tapi ga jarang di atas jam 12 roti-roti favorit udah pada abis. Saya pernah tuh ke sini jam setengah 1, hampir semuanya abis. Tinggal roti horn, roti yang berisi fla susu manis, yang masih ada. Itupun tinggal beberapa kerat aja. Bete kan kalo gitu? Makanya, dateng jam 10 deh kalo masih pengen punya banyak pilihan.

DSCF1276 (800x533)

Terus, apa sih yang bikin roti mereka begitu dicari-cari? Seengganya saya punya beberapa analisis nih. Pertama, roti mereka lain daripada yang lain karena buatan sendiri, teksturnya padat, dan rasanya pun udah manis. Ini faktor utama yang bikin roti mereka selalu terkenang oleh banyak warga Bandung. Umumnya yang ke sini emang pak bapak atau bu ibu sih. Dan mereka itu bisa jadi generasi kedua dari pelanggan Toko Sidodadi.

DSCF9363 (1280x853)

Kedua, pilihan rasa dan isinya ada banyaaaaaak. Seriously, seengganya mereka punya nyaris 30 varian roti. Itu udah termasuk roti tawar dan roti lima rasa. Liat sendiri aja deh macemnya di daftar harga di atas. Oiya, harga itu udah ga update, karena harga yang paling update adalah harga yang ada di kaca display di depan si roti. Dan, masih ada juga rasa yang ga tercantum. Jadi, mereka punya lebih dari 30 varian rasa roti. Yang paling laris manis di antaranya roti krenten (kismis), coklat keju, nanas, srikaya, kornet keju, sosis, dan smoked beef.

DSCF1283 (533x800)

Selain jualan roti, mereka juga ngejual berbagai macam jajanan pasar. Tapi buat yang satu ini sih saya ga yakin mereka produksi sendiri juga, kemungkinan ngambil dari tempat lain.

Nah, ini salah satu hal yang unik dari Toko Sidodadi, rotinya dibungkus pake plasti dengan desain yang jadul abiiissss. Rasanya sih, sejak pertama kali saya berkunjung ke sini, bungkusnya ya gini-gini aja. Plastik putih yang cuma muat empat sampe lima kerat roti, yang gambarnya berwarna merah. Lengkap dengan iklan layanan masyarakat “Jadilah peserta KB lestari” dan “Buanglah sampah pada tempatnya”.

DSCF1289 (800x534)

Oke, jadi saya iseng moto-motoin setiap roti yang saya beli. Yang pertama ada roti susu. Sayang isi susunya cuma sedikit. Tapi buat yang ga terlalu suka roti manis-manis, pasti bakalan suka roti ini. Karena kayak yang saya bilang tadi, rotinya sendiri juga udah manis rasanya.

DSCF1293 (800x533)

Roti kedua yang saya beli adalah roti kopi moka. Kopi dan mokanya ada di adonan rotinya sehingga warnanya menjadi coklat kehitaman. Baunya kopi banget. Harum.

DSCF1291 (800x535)

Dan yang paling saya suka adalah roti kornet keju. Rasa kornet dan kejunya sebenernya ga terlalu gimana-gimana tapi enaknya isinya lumayan banyak, ga pedit kayak si roti susu tadi. Dikombinasi ama rasa rotinya yang udah manis, ngebikin rotinya jadi makin gurih.

 

Toko Sidodadi
Jalan Oto Iskandardinata No. 255 Bandung
Click for Google Maps

sidodadi.jpg

Iklan

3 pemikiran pada “Toko Roti Sidodadi yang Legendaris dan Laris Manis (Bandung)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s