Beli Gorengan Nanas di Gorengan Cendana (Bandung)

Yak, satu lagi gorengan yang akhirnya saya review. Judulnya bukan “yang saya cobain” karena aslinya mah udah pernah berkali-kali ke sini. Jadi emang ini salah satu gorengan yang paling sering saya datengin kalo saya lagi pengen makan gorengan nanas. Gorengan nanas? Iya, nanas, digoreng, pake tepung, kayak gorengan pada umumnya. Udah pernah makan belom? Kalo belom, cobain lah ke sini.

DSCF1307 (800x535)

Gorengan Cendana mangkal di deket perempatan Jalan Bengawan dan Jalan Cendana. Tapiiii, di Jalan Bengawannya, bukan di Jalan Cendananya. Loh, terus kenapa namanya Gorengan Cendana? Bukan Gorengan Bengawan? Jadi, emang dulunya sih mereka jualannya di Jalan Cendana, masih di deket perempatan yang sama. Tapi sejak beberapa tahun lalu, mereka pindah ke lokasi yang sekarang ini. Diusir? Nyari tempat yang lebih luas? Entah lah ya. Tapi yang pasti, mereka tetep laris manis dicari pelanggannya. Dan mereka buka tiap hari, dari jam 2 sampe jam 9 malem. Cocok buat yang lagi pengen nyari cemilan sore.

DSCF1306 (800x533)

Dalam menyiapkan gorengannya, mereka udah nyiapin dua kuali super gede yang terisi minyak panas penuh nyaris hingga ke bibirnya. Sekali masak bisa berpuluh-puluh biji gorengan yang dihasilkan. Tuh liat minyaknya sampe menggelegak gitu. Mereka nyaris ga berhenti-berhenti ngegoreng. Ga heran, soalnya sekali dateng ke sini, orang -orang tuh bisa ngantre dan beli sampe berbungkus-bungkus kertas. Padahal harganya juga ga Bandung banget : satu biji seribu! Udah mirip kayak harga gorengan di beberapa tukang gorengan di Jakarta.

DSCF1304 (800x534)

Saya biasanya ke sini karena nyari gorengan nanasnya. Saya suka nanas, dan saya juga suka gorengan. Dan emang ga banyak sih tukang gorengan yang ngejual gorengan nanas. Mereka pun kayaknya juga tau kalo gorengan nanas mereka selalu dicari pelanggan, gorengnya selalu banyak. Setiap saya ke sini, saya ga pernah keabisan gorengan nanas. Tapi tunggu dulu, mereka ga cuma ngejual gorengan nanas. Mana ada penjual gorengan yang cuma ngejual satu macem gorengan? Selain gorengan nanas, mereka juga ngejual comro, gehu alias tahu isi, tempe, kacang ijo, pisang, dan bala-bala alias bakwan. Semuanya enak-enak. Tapi khusus untuk gorengan favorit saya, bala-bala, justru belom pernah saya coba. Kalo waktu terakhir dateng kemaren saya ga nanya, saya ga akan tau tuh kalo mereka juga ngejual bala-bala. Soalnya tiap saya ke sini rasanya ga pernah liat tuh. Apakah bala-bala segitu lakunya sampe selalu abis?

 

Gorengan Cendana
Jalan Bengawan, Perempatan Jalan Bengawan dan Jalan Cendana, Bandung
Click for Google Maps

cendana.jpg

Satu pemikiran pada “Beli Gorengan Nanas di Gorengan Cendana (Bandung)

Tinggalkan Balasan

