Goyobod Kliningan yang Legendaris (Bandung)

Siang itu, lagi-lagi saya gagal menyambangi Warung Nasi Karasak di daerah Mohammad Toha sana. Udah dua kali loh. Kayaknya sih emang hari Minggu mereka ga jualan deh. Ya udah, laa tahzan. Saya sekeluarga akhirnya memutuskan makan siang di Nasi Jamblang Sadakeling aja. Kita ke sana lewat Jalan Buah Batu. Dan untuk menghindari kemacetan, kita terus belok ke Jalan Kliningan, yang ujungnya-ujungnya tembus ke jalan di belakang Hotel Horison. Eh, pas lewat itu, kita ngeliat tukang jualan es goyobod di sebelah kiri. Lah, itu Goyobod Kliningan yang terkenal itu kan? Saya belom pernah nyobain tuh goyobodnya. Maklum lah, daerah selatan agak-agak jauh dari jangkauan saya yang rumahnya ada di utara. Akhirnya, kita mampir deh.

DSCF1437 (800x533)

Goyobod Kliningan ini jualannya cuma pake gerobak doang lho. Dan gerobaknya juga mencolok mata buanget. Warnanya pink! Eh, sebagian orang mungkin bakal bilang ini ungu juga sih. Udah-udah, jangan terjebak isu “gaun wanita berwarna biru-item atau putih-emas” yang dulu sempet booming. Kita fokus ama goyobodnya, ‘key??

DSCF1442 (800x533)

Kita mesen 4 gelas goyobod. Si emangnya masukin goyobodnya ke dalem gelas, terus dilanjut dengan lapisan es serut, dikasih sekeping roti, dikasih es serut lagi, terus dikasih susu kental manis dan air gula deh. Keseluruhan proses itu cuma memakan waktu beberapa menit aja. Dan itupun udah bergelas-gelas yang dia siapin.

DSCF1452 (800x533)

Di belakang yang jualan es goyobod, ada banyak pedagang lain. Jadi, selain minum yang seger-seger, kalo laper kita juga bisa pesen makanan. Tapi kapasitas dan posisi duduknya agak-agak senggol bacok sih, palingan cuma muat 30-40an orang aja.

DSCF1444 (800x534)

Naaah, ini dia es goyobod yang udah kita tunggu-tunggu. Di sini es goyobodnya ga pake kelapa muda atau alpukat. Palingan cuma ada pacar cina aja yang warnanya merah-merah itu. Hunkwe, bagian yang kenyel-kenyel berwarna putih abu-abu itu, memenuhi nyaris dua pertiga gelas.

DSCF1450 (800x533)

Hunkwe terbuat dari tepung kacang hijau. Sebenernya, hunkwe dipake juga di banyak makanan lain yang biasanya tergolong jajanan pasar, kayak ongol-ongol, kue talam, hingga kue lapis. Nah, hunkwe yang ada di es Goyobod Kliningan, mereka nyingkatnya Gokil, tuh lembut bangeeet. Kadang saya pernah makan hunkwe yang ada bagian keras-kerasnya, tapi yang ini tuh ngga. Santennya juga pas, ga terlalu pekat. Overall, kalo disuruh milih ini sama minuman tradisional lain kayak es cendol, saya bakal lebih milih es Goyobod Kliningan deh. Enak, murah!

Es Goyobod IDR 5K

 

Goyobod Kliningan
Jalan Kliningan, seberang SMKN 4 Bandung
Click for Google Maps

gokil.jpg

Iklan

4 pemikiran pada “Goyobod Kliningan yang Legendaris (Bandung)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s