Makan Kremes di Alam Sunda (Bandung)

Kebanyakan, ide kuliner datengnya bukan karena kita cari tapi ya dateng sendiri. Kali ini kulineran saya juga datengnya karena kabar dari adik saya, Ferdi, yang pernah makan di sini sama Mamah. Entah kenapa awalnya mereka bisa tiba-tiba nyobain makan di sini, di tempat yang notabene susah parkir, saya juga ga nanya atau saya yang lupa ceritanya. Tapi yang pasti, gara-gara denger ceritanya, saya jadi penasaran pengen nyobain makan di sini.

DSCF9384 (800x533)

Susah parkir? Emang jualannya di mana sih? Di Jalan Otista setelah pengkolan King’s. Gimana? Udah setuju belum kalo saya bilang di sini susah parkir? Tapi kadang yang namanya parkir mah, sesuai dengan istilah para supir, untung-untungan. Ini juga saya pas pisan dapet parkir di depan Toko Sidodadi yang jaraknya cuma beberapa toko dari Alam Sunda.

DSCF9369 (800x533)

Ruangan makannya emang cuma seukuran ruko, sedeng lah, tapi digunain maksimal. Di lantai dua juga masih ada ruangan makan tambahan. Tapi saya mah males di atas kalo di bawah masih lowong. Saya ke sini pas jam makan siang di hari Minggu, walau emang rame tapi ga pinuh-pinuh amat juga. Di lantai saya bisa ngeliat potongan-potongan tisu bertebaran. Duh, kenapa ya yang namanya rumah makan khas Sunda identik dengan lantai yang kotor? Terus lagi, di lantai satu juga wastafelnya cuma satu, meni pelit. Kalo di lantai dua mungkin ada dua, sesuai lantainya.

DSCF9373 (683x1024)

DSCF9367 (800x533)

DSCF9372 (800x533)

Pas di samping kiri pintu masuk kita udah bisa ngeliat jajaran menunya. Layout yang sama pernah saya liat di rumah makan Sangkan Hurip 2 di Punclut. Menunya cukup lengkap, kamu tinggal pilih, taro di piring, kasihin deh ke pramusajinya. Ada ayam, ikan, cumi, jeroan, tempe, tahu, perkedel, bahkan sampe ke soto betawi aja ada. Loh, bentar bentar bentar. Naha ada soto betawi? Ini tebakan saya aja sih, mungkin karena si warung Alam Sunda yang katanya Khas Cianjur ini justru berasal dari Jakarta (bahkan di Tanah Abang udah punya dua tempat), makanya mereka nyediain soto betawi juga. Di dinding ada banyak foto-foto artis yang makan di Alam Sunda. Tapi kayaknya mah itu foto-foto yang di cabang Jakarta deh.

DSCF9379 (800x533)

Naaah, seperti yang udah diceritain si Ferdi, ternyata emang kremesnya banyak bangeeet. Ga kira-kira lah ngasihnya. Walau di tiap suapan nasi udah saya kasih kremesnya banyak-banyak, tetep weee pas beres makan ga abis. Iya, segitu banyaknya. Perkedel kentangnya juga ukurannya jumbo. Untung bukan cuma nampang ukuran doang karena rasanya juga cukup enak. Ayamnya sendiri, ukurannya biasa aja. Yang ga biasa adalah ternyata ayamnya digoreng dengan sedikit balutan tepung, sehingga agak krenyees krenyes. Apakah emang ayam khas Cianjur itu kayak gini? Kayaknya ngga deh. Yang dibalut tepung mah ayam KFC.

DSCF9382 (800x533)

Karena tadi di meja menu ada pepes nasi merah, udah so pasti lah saya ngambil. Saya suka banget nasi merah. Tapi ternyata di sini nasi merahnya beda. Isinya ga cuma sekedar nasi kayak yang biasa kita makan. Kayak pepes, ada daun kemanginya, tapi terus yang uniknya ternyata di dalem pepesan nasi juga dikasih pepes jamur dan potongan kentang kecil-kecil. Waduh, mana saya udah ngambil perkedel kentang, kremesnya banyak, ukuran nasi merahnya agak over pula. Super karbo dong iniiii…

DSCF9375 (800x533)

Makan makanan Sunda udah pasti kurang lengkap (atau malah ga lengkap?) tanpa adanya sambel. Nah, mereka kayaknya tau banget hal ini, maka yang namanya sambel udah disediain di meja dan bisa diambil sepuasnya. Ada dua macem sambel yang mereka sediain, sambel goreng sama sambel gowang. Oiya, lalap gimana lalap? Ada juga kok di mejaaa.

DSCF9377 (800x535)

Nah, karena ceritanya saya lagi belajar hidup lebih sehat, saya nambahin menu sayur juga. Di meja menu tadi pilihan sayurnya ada karedok, urap, sama asinan. Karena saya lagi males makan urap apalagi asinan sayur, ya udah saya mending milih karedok yang berbumbu kacang. Rasanya sih enak-enak aja. Mungkin kalo pake kecap lebih enak ya.

Ayam Goreng IDR 16K
Pepes Nasi Merah IDR 20K
Perkedel Kentang IDR 5K
Karedok IDR 5K

 

Warung Nasi Alam Sunda
http://www.warungnasialamsunda.com/
Cabang : Jalan Oto Iskandar Dinata No. 267 Bandung
Click for Google Maps

alam sunda

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s