Jajan Surabi Cihapit (Bandung)

Nyari sarapan pagi-pagi yang Bandung banget? Cobain surabi deh! Iyaaa, surabi! Surabi itu kadang-kadang terlupakan deh sebagai salah satu makanan khas Bandung. Dan, kapan coba terakhir kali kamu makan surabi? Nah, di Cihapit ini ada tempat yang jualan surabi udah lama banget. Rrame juga lho yang beli surabi ke sini.

DSCF8552 (800x534)

Lokasi tepatnya di halaman Toko Djitu. Mereka nebeng kios kecil gitu. Dan by the way, saya baru kali ini loh beli surabi di sini. Biasanya orang yang beli saya yang makan, hehehe… Dan pas saya ke sini, udah ada beberapa ibu yang rupanya mesen banyak surabi buat di-take away. Enak mereka mah, datengnya bertiga. Bisa ngobrol sampe nungguin. Lah saya yang datengnya sendirian? Kan ga mungkin juga ngomong sendirian. Ntar saya bisa dikira orang waras…

DSCF8554 (533x800)

Tungku buat masaknya cuma ada 12 buah. Tapi bukan berarti saya yang waktu itu cuma mau beli empat surabi oncom doang bisa langsung dapet. Lama meeeen. Si ibu-ibu itu kayaknya mesennya puluhan surabi deh. Belum lagi ternyata ada orang yang pesen take away tapi ditinggal pergi. Jadi ga ketahuan kan mesti nungguin berapa lama sampe bisa dapet. Tapi yaa, itu jadi bukti bahwa surabi di sini tuh enak dan layak buat kamu cobain!

DSCF8559 (800x533)

Selain surabi oncom sebenernya ada juga surabi kinca, yang pake kuah gula merah, dan padahal ada juga jenis surabi modern yang kayak pake telur, sosis, suir daging ayam dan lain-lain. Tapi sayangnya karena saya ga ngeliat ada menu, jadinya saya ga tau bahwa surabi itu ada (yang modern) sampe ada ibu-ibu yang dateng dan nanyain, “Surabi telurnya udah jadi?”. Mungkin itu juga sebabnya kebanyakan yang dateng belinya surabi oncom. Eh, tapi mungkin juga karena males ribet kalo makannya pake kuah gula merah mesti pake wadah lagi.

Setelah nunggu agak lama, akhirnya dapet juga deh surabi oncomnya. Mmmmh, enaaak! Apalagi kalo pas masih pagi, angin yang masih dingin menerpa kulit, terus kita makan surabinya pas masih anget, ditemani teh manis anget juga. Mmmmh, mantap!

Surabi Oncom IDR 2K

 

Surabi Cihapit
Jalan Cihapit, depan Toko Djitu, Bandung
Click for Google Maps

surabi cihapit

Tinggalkan Balasan

