Makan Es Krim di Il Tempo del Gelato (Jogja)

Selain terkenal karena kampung turisnya, di mana di sini emang terdapat banyak hotel yang terkenal di kalangan turis asing, Prawirotaman juga kayaknya akan mulai dikenal sebagai daerah wisata kuliner. Salah satu kulineran teranyar dan ter-nge-hype di sini yaitu Il Tempo del Gelato. Artinya mungkin kira-kira begini : The Time for Gelato.

Buat kamu yang belom tau, gelato itu beda ama es krim (dan beda juga ama sorbet). Sebenernya dalam bahasa Italia sih gelato artinya es krim juga, tapi emang beda ama es krim yang kalo biasa kita beli es krim Walls, Campina, yang gitu-gitu. Gelato teksturnya lebih lebih liat dan padat sehingga cenderung lebih lama encernya dan lebih banyak susunya. Kalo es krim ya lebih banyak krimnya. Kalo sorbet? Sorbet mungkin lebih bisa disebut sebagai es serut lah ya.

DSCF8721 (800x533)

Pas saya ama adik-adik saya dateng ke sini jam setengah 10, ternyata dia belom buka. Oh, ternyata mereka baru bukan jam 11 siang. Di kaca pintunya ada tulisan bahwa jam operasional mereka adalah jam 11 siang sampe jam 10 malem. Ya udah, sambil nungguin buka, kita mampir ke ViaVia dulu deh. Di ViaVia kita nungguin kurang lebih sejaman dan baru ke sini lagi pas hampir jam 12. Daaan, dalam jangka waktu sejam kurang itu si Il Tempo del Gelato udah rame aja doooong. Ramenya kayak di pasar.

DSCF8730 (800x534)

Tepat setelah kamu ngebuka pintu masuk, kamu udah langsung bisa ngeliat showcase gelatonya. Jumlahnya ada dua buah, dan sepertinya dibagi menurut kategori tertentu. Di sebelah kiri kayaknya gelato rasa modern, kayak rasa Nutella, Matcha, Vanilla Choco, Orea, Minta, Tiramisu, Praline, dan sebagainya. Yang showcase sebelah kiri lebih ke rasa-rasa yang natural kayak rasa buah-buahan, kemangi, sereh, cengkeh, bahkan jahe juga ada.

DSCF8722 (800x533)

Oiya, sebelum memesan gelato, kamu mesti mbayar dulu ke kasir. Kamu bisa milih jenis gelato yang mau kamu beli. Mau pake cone atau mau pake cup. Mau satu rasa, dua rasa, tiga rasa. Tinggal pilih, sesuai keinginan. Abis bayar, baru deh pergi ke depan showcase-nya, kasihin receiptnya ke pramusaji, dan pilih rasa gelatonya.

Abis ngedapetin gelato, nyari tempat duduk yang kosong bukanlah perkara yang mudah karena dari kapasitasnya yang untuk 40-50an orang, sebagian besar udah terisi. Karena perut saya masih berasa kenyang abis makan di Via Via, saya ga beli. Saya cuma nyicipin apa yang mereka beli aja.

DSCF8725 (800x533)

Nanda beli kombinasi gelato rasa mint choco, praline, dan Nutella. Mint choconya kerasa banget mint-nya, dan sayangnya saya ga suka kalo ada rasa mint-nya. Gelato praline-nya enaaak banget. Ada kacangnya juga. Gelato Nutella-nya anehnya ga berasa kayak Nutella. Tapi ga papa, walau ga sesuai bayangan tapi rasanya enak dan saya juga kebetulan suka.

Sementara Ferdi beli kombinasi gelato rasa mangga, mint choco juga, dan rasa lemongrass alias sereh. Gelato mangganya amat mangga. Menyegarkan. Yang aneh ya yang rasa sereh. Berasa makan gelato rasa jamu.

Anyway, interior ruangannya juga oke punya, bergaya dinding yang belom beres, yang kayak cuma dilapur doang. Di beberapa sisi dinding dihiasi oleh foto-foto para pengunjung yang telah menjadi korban kenikmatan gelato. Tepat di depan pintu masuk, tergantung chandelier model tanduk rusa yang keren. Facade-nya juga ga kalah cihuy, terbuat dari kaca sehingga memberikan efek terang ke ruangan di dalamnya. Efek negatifnya sih palingan karena banyak sinar matahari yang masuk mesti menyediakan AC yang banyak supaya bisa mengimbangi panasnya.

Ice Cream Cups Medium 3 Flavors IDR 40K

 

Il Tempo del Gelato
Jalan Prawirotaman No. 1 Jogja
Click for Google Maps

il tempo

Iklan

Satu pemikiran pada “Makan Es Krim di Il Tempo del Gelato (Jogja)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s