Bubur Ayam Mang H. Oyo “Pasti Beda” (Bandung)

Duluuu banget, kalo kamu dateng ke bubur ayam Mang Oyo cukup pagi, kamu bisa minta kulit ayam goreng tanpa dikenai biaya tambahan. Dan kamu tau sendiri kan, rasa kulit ayam goreng kan enaaaak. Buat saya yang penggemar bubur ayam Mang Oyo, itu rasanya kayak semacam apresiasi dari penjual buat para pelanggan setia. Soalnya, kulit ayam goreng ini juga semacam “hidden menu”. Ga ditulis di menu. Soalnya, kadang ada, kadang ngga. Jadi kadang walau datengnya udah pagi, kita bisa ngga dapet juga. Efeknya, ga semua orang yang dateng beli bubur tau bahwa ada kulit ayam goreng. Mereka baru akan ngasih kalo kita emang nanya.

Tapi, itu dulu. Sekarang, semenjak buburnya udah lama mangkal di Vandel Cafe di Jalan Sulanjana, kayaknya mereka udah ga pernah nyediain kulit ayam goreng lagi deh. Udah gitu, kualitas rasa bubur ayamnya pun makin lama makin menurun. Tapi tetep aja saya sekeluarga seneng makan bubur ayam Mang Oyo. Ga ada saingan yang buburnya sejenis juga sih.

DSCF8468 (800x534)

Nah, tapi ada nih ya sebenernya, namanya Bubur Ayam Mang H. Oyo juga, yang jualan di beberapa titik di Bandung. Salah satunya adalah yang saya datengin di seberang RM Ampera di Jalan Soekarno Hatta ini. Mereka mengusung tagline “Pasti Beda!”. Mungkin maksudnya, selain beda ama bubur ayam lainnya, beda juga sama Bubur Ayam Mang H. Oyo “Tea” yang di Sulanjana itu.

Jadi, bubur ayam Mang Oyo yang ini mah jualannya agak-agak di timur Bandung. Selain cabanh yang ada di seberang RM Ampera ini, mereka juga berjualan di sebelah RM Laksana, masih di Jalan Soekarno Hatta. Cabang lainnya ada di Saung Joglo di daerah Arcamanik. Saya juga ga tau itu di mana. Coba tanya yang orang Arcamanik, mungkin tau.

Kalo kata adik saya, yang punyanya adalah keluarga temen SMA-nya, yang emang masih kerabat ama Mang Oyo. Kurang jelas juga hubungan kekerabatannya gimana. Jadi, resep buburnya ya masih sama. Tapi soal rasa? Ini yang sedikit beda. Katanya sih di sini lebih mengedepankan quality check. Oke lah, mari kita coba aja ya, gimana rasanya.

DSCF8461 (533x800)

Di sini, tempatnya sempit banget. Di kiosnya palingan cuma bisa berenam. Tapi untung ada tenda-tenda yang bisa nambah kapasitas hingga belasan orang. Situasinya sebenernya mengingatkan saya dengan cabang Bubur Ayam Mang Oyo yang dulu ada di Jalan Gelap Nyawang, seberang Villa Merah ITB. Diapit sama yang jualan perabotan kayu dan tukang parut kelapa. Itu juga tempatnya ga terlalu luas, dan ga merepresentasikan bubur ayam yang udah punya nama di Bandung.

Menunya sendiri, sama aja kayak Bubur Ayam Mang Oyo yang di Sulanjana. Iya lah sama. Dari dulu juga menunya emang gini-gini aja. Saya sih biasanya beli bubur ayam cakue ati ampela. Tapi kali ini saya mau nyobain juga pake pindang telor biar makin komplit. Saya coba tanya, ada kulit ayam goreng ngga. Dan katanya ada! Asiiiik, udah lama banget ga makan bubur ayam Mang Oyo pake kulit.

DSCF8467 (800x533)

DSCF8466 (800x535)

Bubur komplit isinya ada suiran ayam, potongan cakue, cacahan ati dan ampela, telor pindang, kacang, daun seledri, dan bawang goreng. Tapi kali ini bedanya saya dapet kulit ayam goreng! Wuhuuuu. Kalo beli yang di Sulanjana mah kayaknya ga ada deh. Eh, ga tau juga ya kalo datengnya pagi banget. Tapi ini saya datengnya hampir jam 8 dan kulitnya masih ada. Hihiy, seneng banget deh.

Walau ayam dan cakuenya sih ya sama-sama aja, tapi buburnya emang terasa lebih gurih. Tapiii, tetep ga bisa menyamai bubur ayam Mang Oyo yang jaman dulu banget biasa keluarga saya makan. Oke lah, secara overall, terutama karena ada kulitnya, saya menilai bubur ayam Mang Oyo yang ini lebih oke daripada yang di Sulanjana.

Bubur Ayam Komplit IDR 18K

 

Bubur Ayam Mang H. Oyo
Jalan Soekarno Hatta, seberang RM Ampera, Bandung
Click for Google Maps

oyo soe hat

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s