Makan Nasi Mandi di Hadramaout (Jakarta)

Di deket kosan saya ada banyak banget rumah makan yang menjual masakan khas timur tengah. Salah satunya, yang sering saya lewati dan hanya bisa penasaran aja, kok rame banget yang dateng, adalah ini, Hadramaout. Lokasinya di Jalan Tambak Raya, deket daerah Manggarai situ. Dari depan facadenya emang sempit banget, begitu pula parkiran mobilnya. Ga kayak saingannya si Abunawas atau Al Jazeera yang parkirannya jauh lebih luas. Tapi kalo masuk ke dalam, bangunannya ternyata lumayan panjang. Dan kayaknya sih ada lantai duanya juga.

DSCF8386 (800x534)

Dari pintu masuk, di kanan kiri kita udah ada ruangan tempat duduk lesehan yang mirip kayak cubicle-cubicle di ruangan perkantoran. Khas rumah makan arab sih sebenernya. Saya duduk di satu cubicle yang ukurannya ga terlalu gede. Bahkan sebenernya cukup buat buat 4 sampe 5 orang. Dindingnya ada bantal sandarannya. Lumayan lah buat senderan.

DSCF8388 (800x534)

DSCF8387 (800x534)

Ini menunya mereka. Cuma satu lembar dan simpel. Kebanyakan menu makanannya cuma kombinasi antara berbagai jenis masakan nasi, kambing, dan ayam. Ada juga makanan ringan untuk appetizer dan dessert.

DSCF8396 (800x534)

Karena saya dateng sendirian, kayaknya ga ada lagi menu nasi yang pas selain nasi mandi lamb. Walaupun satu porsinya sendiri bisa dimakan buat dua orang. Ya sudah lah. Waktu itu jam 7 malem, dan saya juga belom makan dari pagi.

Nasi mandi warnanya kekuningan, tapi ga sekuning nasi kuning. Dan rasanya pun gurih. Kambingnya juga ga kalah gurih. Tapi ga berlebihan. Udah gitu, dagingnya pun lembut. Enak lah. So far, menurut saya ini yang paling enak di antara rumah makan arab yang lainnya. Selain nasi dan daging kambing, kita juga dikasih saus berwarna merah dan hijau. Yang saus merah sih tomat doang, tapi yang saus hijau ternyata saus sambal dan rasanya sedikit pedes. Tapi masih kalah pedes ama satu cengek.

DSCF8391 (800x533)

Dan of course, saya beli umm ali juga. Sejak pertama kali tau makanan ini pas buka puasa di Parklane Hotel, saya hampir selalu beli umm ali dirumah makan arab manapun yang saya datengin. Ga terkecuali di Hadramaout ini. Dan ternyata, umm ali-nya pun enak. Tekstur rotinya masih keliatan dan masih terasa. Kismisnya banyak, tapi ga terlalu asem. Selain itu, di dalemnya mengandung daging buah kurma juga.

Saya akhirnya pesen lagi dua bungkus buat dibawa pulang, satu buat saya dan satu lagi buat mbak Niken yang sama-sama ngefans. Dua-duanya terus saya masukin ke kulkas biar dingin. Ceritanya biar sama dengan umm ali yang dulu pernah saya makan di Parklane. Hmmm, pokoknya ini juga umm ali terenak yang pernah saya makan. Tapi masih di bawah Parklane deh. Kalo umm ali yang di Parklane lebih basah karena kayak ditambahin susu manis cair.

Nasi Mandi Lamb IDR 98K
Umm Ali IDR 36K

 

Restoran Hadramaout
Jalan Tambak Raya No. 16A Jakarta Pusat
Click for Google Maps

hadramaut

Tinggalkan Balasan

