Renyahnya Cimplung di RM Sari Rasa Sambel Hejo (Bandung)

Sebenernya, ga cuma cimplungnya yang bikin siapapun ketagihan buat balik lagi, balik lagi, dan balik lagi ke tempat ini. Ayam gorengnya dan juga sambel hejonya itu rasanya ga kalah nendang!

So, jauh sebelum rumah makan ini ngetop di Bandung, mereka aslinya berjualan di daerah Nagrak, Darangdan, Purwakarta, di jalan provinsi yang menghubungkan Bandung dan Jakarta. Saya masih inget pas saya masih SMP, kalo papah saya lagi ada perjalanan dines ke Jakarta atau ke daerah yang ngelewatin rumah makan ini, pasti deh suka bawa ayam gorengnya banyaaak banget. Di rumah, tinggal diangetin lagi dengan cara digoreng. Tambahin kecap Bango (lebih pas daripada kecap ABC), tambahin sambel hejonya, lahap deh. Saya bisa makan ayam goreng ini doang seharian ga bosen-bosen.

Tapi, sejak adanya jalan Tol Cipularang, rumah makan ini jadi jauh lebih sepi. Yah, ini cerita lama memang. Keberadaan Tol Cipularang menyebabkan banyak usaha kecil dan menengah yang bergantung dari arus lalu lintas jalan provinsi menjadi mati. Tapi untung, rumah makan Sari Rasa ini berhasil survive dengan cara membuka usaha mereka di kota Bandung. Dan yang jadi cabang pertama (dan utama) mereka yaitu cabang yang berada di Jalan Natuna ini.

DSCF6704 (1024x683)

Yah, papah saya juga yang ngajak kita sekeluarga makan di sini. Emang sih, karena papah rajin mampir makan di rumah makan ini dulu dan punya hobi ngobrol-ngobrol dengan banyak orang, papah saya jadi kenal ama pemiliknya.

DSCF6719 (1024x683)

Dan walau kapasitas rumah makannya gede banget, rumah makannya hampir selalu full lho kalo udah jam makan siang. Nyari lahan yang kosong buat naro pantat membutuhkan effort yang lebih. Baru pas agak sore keramaian mulai mereda. Tapi jangan coba-coba deh dateng sore-sore kalo ga mau risiko keabisan cimplungnya.

Menu di rumah makan ini pada umumnya sama dengan di rumah makan Sunda lainnya. Biasanya, kalo kita udah duduk, mereka akan, tanpa kita minta layaknya di rumah makan Padang, menyajikan menu-menu di bawah ini.

DSCF6706 (1024x684)

Sambel hejo! Dan tentu saja, para lalapan-lapan khas Sunda kayak leunca, mentimun, dan daun selada. Si sambel hejonya sendiri, terutama terbuat dari tomat hijau dengan potongan-potongan cengek alias cabe rawit. Biasanya semangkok gini sih ga akan cukup buat makan sekeluarga. Waktu itu aja, kita sampe minta dua mangkok tambahan. Untungnya sambel hejo ini gratis (kayaknya sih, soalnya ga ada di tagihan harga).

DSCF6707 (1024x683)

Lauk utamanya yaitu ayam goreng. Ayam gorengnya ini ukurannya kecil-kecil. Buat sekali makan kayaknya butuh dua potong. Walau hanya berbumbu kunyit namun rasanya tuh enak banget. Khas makanan Sunda di perkampungan. Sederhana namun gurih tiada tara.

DSCF6711 (1024x683)

Ini cimplung yang jadi primadona. Ga ada ini, rasanya makan di sini ga lengkap dan ga puas. Cimplung ini sebenernya perkedel kentang tapi bentuknya bulat dengan permukaan yang renyah. Kentangnya sepertinya dicampur banyak aci sehingga liat dan lentur.

DSCF6712 (1024x684)

Pelengkap lainnya yaitu tempe dan tahu. Kalo yang ini sih ya so so lah, bukan hidangan utama yang terkenal di sini. Saya prefer tempe karena teksturnya yang lebih keras.

DSCF6714 (1024x684)

Dan dikasih juga ati ampela.

DSCF6717 (1024x684)

Jadi, dalam seporsi makan saya di sini, ada ayam goreng, cimplung, tempe, dan tentunya si sambel hejo. Kecapnya ga boleh kelupaan. Nasinya sendiri juga rasanya pulen. Pas bangeeet.

Selain menu di atas, ada masakan-masakan lain yang bisa dipesen. Yah, standarnya sih kayak yang ada di rumah makan Sunda. Biasanya kita mesen pepes usus sama pepes jamur juga, tapi rupanya hari ini kayaknya lagi ga pada berminat.

Nasi Putih IDR 4.5K
Ayam IDR 9.5K
Cimplung IDR 2.5K
Tempe IDR 2.5K

 

RM Sari Rasa Sambel Hejo Natuna
Jalan Natuna No. 29 Bandung
Click for Google Maps

sambel hejo natuna

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s