Makan Siang di Ketoprak Ciragil (Jakarta)

Saya udah suka ketoprak sejak pertama kali saya mencobanya. Sebelum kerja, saya ga pernah tinggal di Jakarta. Seumur-umur saya cuma keliling Jawa Barat (ngikut kerjaan papah) sebelum akhirnya menetap di Bandung. Dan, tau sendiri, makanan yang namanya ketoprak ini umumnya cuma dijual di Jakarta. Di Bandung kayaknya jarang banget ada yang jual ketoprak. Mungkin kalah bersaing sama kupat tahu khas Singaparna. Tapi, saya selalu suka ketoprak. Malahan, lebih suka daripada kupat tahu. Basically, emang ketoprak itu sebenernya cuma kupat tahu yang ditambah bihun.

Setiap kali saya ke Jakarta, ke rumah kakak sepupu yang dulu ada di Kalimalang, saya pasti selalu beli ketoprak yang penjualnya ngider keliling komplek dengan gerobak khasnya yang berbentuk kayak kapal nelayan.

So, beberapa waktu yang lalu, saya bertekad untuk mencari penjual ketoprak yang oke dan terkenal di Jakarta. Satu udah dicoba, Ketoprak Bharata di deket Gedung Bharata Purwa di Senen sana. Yang kedua, Ketoprak Ciragil, di sebelah utara Jalan Wolter Monginsidi, deket sama Pasar Santa yang terkenal itu.

DSCF6619 (1280x855)

Tempatnya sederhana aja, ga besar dan luas, tapi juga syukurnya ga sempit. Seengganya masih cukup nyaman buat makan di tempat. Dan btw, liat deh di foto itu, ada mobil Mazda yang lagi parkir. Jadi, saking enaknya Ketoprak Ciragil, yang dateng ke sini tuh orang-orang dari berbagai kalangan. Bahkan, kayaknya artis dan model aja ga sungkan buat mampir ke sini.

DSCF6620 (1280x853)

Selain ketoprak yang jadi primadona, ada juga makanan lainnya kayak bakso, siomay, dan rujak. Terus ada juga macem-macem es khas Indonesia, kayak es teler, es blewah, es cincau, es doger, dan sebagainya.

DSCF6626 (1280x855)

DSCF6621 (1280x853)

Waktu saya dateng, ada beberapa orang dengan posisi berjejer di depan pintu dapur. Mereka ga pernah sepi dari pengunjung deh. Mau yang dateng buat makan di tempat, mau yang bungkus, semua ada. Malah, pas saya lagi makan, ada petugas Gojek Food alias Go-Food yang dateng buat ngebeliin pesenan pelanggan.

DSCF6641 (1280x856)

Tempat duduk tersedia di teras. Sederhana aja. Cuma ada dua buah meja dengan kapasitas total ga sampe buat 20 orang. Hari Sabtu siang itu, untungnya ga penuh. Saya masih bisa dapet tempat duduk dengan mudah. Entahlah kalo hari kerja. Mungkin kamu mau coba dateng hari Minggu? Mereka buka tiap hari kok. Tapi jangan coba-coba dateng setelah jam 5 sore kalo ga pengen keabisan!

DSCF6627 (853x1280)

Pas liat ada orang yang pesen es cincau, saya langsung otomatis tanpa pake mikir mau pesen juga. Yoi, saya seneng banget sama es cincau ijo. Terutama yang pake sirop warna Pink kayak gini, bukan yang berwarna coklat karena pakenya gula Jawa. Tapi, biar ga dikira niru ama yang beli di depan saya, saya baru pesen beberapa menit kemudian. Wkwkwk, sok jaim. Padahal kenal juga ngga.

DSCF6635 (1280x853)

Ketoprak di sini beda lagi sama Ketoprak Bharata, topping tambahannya berupa macam-macam telor. Ada telor asin, ada telor rebus (bulet), telor goreng juga ada. Telor gorengnya masih bisa di-custom maunya ceplok atau dadar. Saya sukanya yang didadar. Terus, pas saya mau pesen, ada orang yang mesen bungkus dengan porsi satu setengah. Wah, oke juga nih. Kalo satu rasanya kurang, satu setengah sounds better! Akhirnya, saya pesen ketoprak satu setengah porsi pake telor dadar.

DSCF6639 (1280x853)

Mmmmh, ketopraknya oke banget deh. Bumbu kacangnya banyak, ga pelit. Ga kentel dan juga ga encer. Rasanya enak, gurih manis. Bihunnya juga dikasih banyak banget. Tahu yang dipake berwarna putih. Oiya, jangan lupa diaduk dulu sebelum dimakan supaya bumbu kacangnya tersebar merata. Jangan sampe kamu kekurangan bumbu kacangnya di suapan-suapan terakhir.

So Ketoprak Ciragil, very recommended!

Ketoprak (Satu Porsi) IDR 16K
Ketoprak Plus Telur (Satu Porsi) IDR 20K
Ketoprak Plus Telur (Satu Setengah Porsi) IDR 30K

 

Ketoprak Ciragil
Jalan Ciragil II No. 24 Blok Q, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan
Click for Google Maps

ketoprak ciragil

Tinggalkan Balasan

