Menyantap Kambing Bakar Cairo (Bandung)

Saya ngidam makan ini udah lama. Masalahnya, saya kan sekarang udah ga tiap akhir minggu pulang ke Bandung kayak dulu. Tapi akhirnya kemaren saya kesempetan juga ke sini. Bareng ama adik-adik saya yang lain.

DSCF6530 (1280x853)

Nah, sore itu saya menyengaja dateng ke cabang mereka yang di Gegerkalong Hilir. Cabang yang ini letaknya agak tersembunyi soalnya ga berada persis di tepi jalan melainkan sedikit menjorok dan berada di sebelah gedung kos-kosan. Dan sore itu, rumah makan ini masih sepi.

Kambing Bakar Cairo punya beberapa cabang di Bandung. Kalo diliat di caover belakang daftar menu mereka sih, cabangnya ada di Jalan Gegerkalong Hilir No. 25, di Jalan Cihampelas No. 123, ama di Jalan Cihapit No. 35. Anehnya, cabang yang di Jalan Pelajar Pejuang 45 ga ada. Mungkin pindah ke Jalan Cihapit itu deh. Dan konon, katanya sih di Jakarta juga udah ada beberapa cabangnya. Entah ada di mana aja.

DSCF6519 (1280x855)

Untuk menemani makan kambing bakar, disajikan dua iris tomat, dua iris timun. Lalu untuk bumbu cocolan kambing bakarnya, sederhana aja, cuma kecap yang dikasih cacahan cengek (cabe rawit) dan merica. Ini nanti terserah kamu sih, mau diaduk semua atau gimana. Kalo saya sih semuanya saya aduk.

DSCF6526 (1280x855)

Naaah, ini pesenan saya ama adik-adik saya. Kita memilih kambing bakar bagian iga yang beratnya 350 gr. Pilihan lainnya ada yang beratnya 250 gr dan 500 gr. Makan yang 250 gr buat seorang cowok kayaknya kurang deh. Kalo buat cewek sih masih pas. Kalo mau yang lebih nampol lagi, kayaknya sekalian aja pesen yang setengah kilo, yang harganya nyaris cepe itu.

Selain dari segi berat, kita juga bisa milih dari segi bagian daging. Ada bagian punggung, iga, dan paha. Bedanya apa aja nih? Jadi, menurut si mas-mas pramusaji, bagian punggung itu ada sumsumnya, kalo bagian iga dominan daging dan lemak, dan kalo bagian paha itu dominan oleh daging dan tulang. Demi mendengar penjelasan itu, kita yang tadinya mau milih paha, berubah haluan jadi milih iga. Maksudnya biar ada lemak-lemakannya. Nah, kamu, silakan aja memilih bagian yang mana sesuai selera.

DSCF6529 (1280x854)

Jadi, Kambing Bakar Cairo ini emang top abis deh rasanya. Walau ini tuh daging kambing, tapi baunya ga terlalu kentara. And the best part, menurut mereka sih non kolesterol. Laluuu, tingkat kematangan dagingnya juga medium (padahal ga saya pesen medium sama sekali) sehingga lembut banget, ga keras dan liat. Saya bisa mengiris dagingnya pake garpu doang. Dagingnya pun dibumbui dengan rempah-rempah ala Timur Tengah. Pas dan ga berlebihan. Ga salah deh slogan mereka : Terlezat Kedua Setimur Tengah. (Bentar, terus siapa yang terlezat pertama? Bukan mereka? Ini maksudnya merendah atau gimana sih?)

Selain itu, adik saya mesen kuah gule. Kuah ini dihargai 5 rebu per mangkok. Isinya? Beneran kuah doang ga ada dagingnya seiprit pun. Nanda menuang kuah ini ke daging dan ke nasi. Sementara saya, memilih hanya menuangnya ke nasi, supaya rasa dagingnya lebih murni tanpa ada rasa-rasa lain. Dan kuah gule ini lumayan juga buat ngebikin nasi agak berkuah, kayak lagi makan sate pake kuah gule. Kita sampe nambah semangkok kuah gule yang kedua.

So, mungkin akan ada lain waktu, di mana saya ingin mencoba menu-menu yang lain kayak nasi goreng atau gule kambing. Itupun kalo saya bisa kuat menahan godaan untuk ga memesan kambing bakarnya, hehehe…

Kambing Bakar Cairo Iga Medium IDR 72.5K
Kuah Gule IDR 5K
Jeruk Dingin IDR 16K
Teh Manis Dingin IDR 6K

 

Kambing Bakar Cairo
Cabang Jalan Gegerkalong Hilir No. 25 Bandung
Click for Google Maps

kambing bakar cairo

Daftar Menu

DSCF6514 (854x1280)

DSCF6515 (853x1280)

DSCF6516 (853x1280)

DSCF6517 (853x1280)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s