Makan Sate Jando Cimandiri (Bandung)

Oke, kemaren kan saya udah nyobain sate jando di Imam Bonjol, sekarang saya mau nyoba sate jando yang di Gedung Sate ahhh. Sate jando ini termasuk kategori terkenal juga di Bandung. Karena lokasinya yang memang strategis di Bandung, di belakang Gedung Sate, landmark nomer satu di Bandung. Jando sendiri adalah gajih yang terletak di bagian punuk atau tulang rawan sapi.

DSCF6549 (1280x853)

Dulu, waktu masih jaman saya kuliah, mereka itu jualannya bareng-bareng sama yang jual nasi bakar dan sop buah, di trotoar di sisi belakang Gedung Sate. Tapi semenjak di trotoar sebelah situ ga boleh berjualan lagi, demi tujuan mempercantik Gedung Sate, mereka pun pindah. Pindahnya ga susah-susah ga pusing-pusing, ke seberangnya doang. Nasi bakarnya juga. Sop buahnya juga. Tapi sekarang, mereka ga ngumpul di satu tempat kayak dulu lagi. Mangkalnya rada misah-misah walau masih di jalan yang sama. Jadi, kalo dirunut dari arah timur, kamu bakal nemuin nasi bakar duluan, terus sop buah, terus sate jando ini yang mangkalnya di depan gedung Magister Ekonomi Terapan Unpad.

DSCF6554 (1280x853)

Waktu saya dateng itu, hari Minggu jam setengah 9 pagi, di sini udah rame banget. Lumayan lama juga saya nungguin. Padahal saya cuma mesen sate sapi 5 tusuk ama sate jando 5 tusuk. Hmm, ada kemungkinan mereka kelupaan sama pesenan saya sih, saking ramenya. Sate dan lontong disajikan dengan daun pisang dan dialas kertas lagi, biar aman.

DSCF6555 (1280x853)

Secara keseluruhan, satenya enak. Sate sapinya setusuk isi tiga, tapi kadang ada juga yang setusuk cuma isi dua. Kalo sate jandonya, semuanya setusuk isi dua. Bumbu kacangnya tidak terlalu ditumbuk halus karena masih sangat terlihat sisa-sisa bentuk kacangnya. Jandonya enak namun sedikit agak kenyal jika dibandingkan dengan Sate Ayu di Imam Bonjol yang jandonya lembut banget. Saya ga bilang ga enak lho ya, saya cuma mau bilang saya lebih suka yang “itu”.

Sate (Semua Jenis) IDR 20K

 

Sate Jando Cimandiri
Jalan Cimandiri, Bandung
Click for Google Maps

sate jando cimandiri

7 pemikiran pada “Makan Sate Jando Cimandiri (Bandung)

Tinggalkan komentar