Memburu Ketoprak Bharata (Jakarta)

Petualangan saya dari berburu kuliner khas Jakarta masih jauh dari kata berakhir. Ah. mungkin memang tiada akan ada akhirnya. Kali ini, saya berburu tempat yang menjual ketoprak yang enak. Googling sebentar, diperolehlah beberapa kandidat tempat. Berhubung tempat-tempat lainnya jauh di Jakarta Selatan, saya pun memilih ketoprak ini, yang jaraknya ga sampe 5 km dari kosan saya.

DSCF6430 (1280x853)

Namanya Ketoprak Bharata. Ketoprak ini memang berjualan di depan Bank Panin yang ada di sebelah gedung Bharata Purwa di Senen. Gedung ini adalah gedung yang terkenal. Ehm, mungkin terkenal di kalangan para orang tua yang bersuku Jawa. Soalnya, gedung ini memang sudah menampilkan pertunjukan wayang orang dan ketoprak (bukan ketoprak makanan) sejak tahun 1970an. Kalo ga salah sih pertunjukannya rutin diadakan tiap malam minggu. Ah, sebenernya saya pun berniat untuk datang ke sini suatu saat. Tapi yang pasti, mesti bareng seseorang yang bisa jadi penerjemah. Maklum, pertunjukannya dalam bahasa Jawa, halus pula.

DSCF6439 (1280x853)

Ketoprak Bharata yang digawangi oleh Pak Agus ini konon sudah berjualan sejak 1980an di sini, ga pindah-pindah tempatnya. Dan selama itu pula, dia telah melayani ribuan, ah, mungkin jutaan pelanggan kali ya. Tiap hari dari sore hari Pak Agus sudah mulai berjualan. Waktu saya dateng, sekitar jam setengah 9an itu lagi rame banget. Oh, rupanya ternyata ada sekumpulan orang yang berkumpul mau ngerayain ulang tahun. Kayaknya sih sekelompok seniman.

Ya, ga heran. Pak Agus ini katanya udah sampe kenal sama seniman-seniman Bharata. Bahkan, sama pengunjung yang udah jadi langganan tetapnya juga. Sampe-sampe nih, dia udah hafal tempat duduk favorit pelanggannya. Loh, apa hubungannya sama hafal tempat duduknya? Iya, karena ketopraknya itu bisa dianter ke dalem ruang pertunjukan. Wih, full service.

DSCF6449 (1280x855)

Nah, uniknya Ketoprak Bharata ini daripada ketoprak-ketoprak lainnya adalah adanya sate kulit dan sate ati ampela. Biasanya sate-sate beginian kan adanya cuman di penjual nasi uduk atau pecel lele. Tapi di ketoprak? Saya belom pernah nemu. Nah, kalo gitu saya mau coba deh, dua sate kulit sama satu sate ati ampela.

Ketopraknya sendiri, menurut saya cukup enak. Kerupuknya, enak. Oiya, ga boleh lupa, satenya juga enak bangheeeuud. Atinya rapuh banget dan gurih. Sate kulitnya juga gurih nan renyah, namun tetep ada bagian yang lembutnya juga. Terus, yang paling penting, bumbu kacangnya emang enak dan beda. Konon katanya karena menggunakan kacang tuban yang rasanya lebih manis. Tapi saya punya catatan sendiri mengenai bumbu kacangnya. Bumbu kacangnya kurang banyak.

Ketoprak IDR 10K
Sate Kulit IDR 2K
Sate Ati Ampela IDR 3.5K

 

Ketoprak Bharata
Di Samping Gedung Bharata Purwa, Jalan Kalilio, Senen, Jakarta Pusat
Click for Google Maps

ketoprak bharata

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s