Ngereview Baso Mantap Belakang BIP (Bandung)

Baso Mantap ini udah lama banget berjualan di belakang BIP. Info yang saya dapet dari Googling, mereka bahkan udah berjualan sejak tahun 1980an lho! Kamu yang orang Bandung, atau mungkin orang tua kamu yang suka sama baso, kemungkinan besar pernah makan. Yang pasti, sejak saya SMP aja mereka udah jualan. Saya sebenernya pernah juga ke sini tapi duluuu banget. Seinget saya, dulu termpat ini ramai dikunjungi pelanggan-pelanggannya.

DSCF6256 (1280x853)

Pas saya iseng menyambangi tempat ini, ternyata mereka udah ga ada lagi di lokasi yang dulu. Alih-alih, sekarang mereka berpindah ke sebuah pujasera yang tampaknya dikelola oleh TNI AD. Jadi, banyak yang berjualan di sini. Ga cuma baso doang. Saya aja bahkan baru tau ada pujasera ini. Dan keliatannya pun emang masih baru, masih banyak pekerja yang bekerja di lantai dua yang masih belom beres.

DSCF6269 (1280x856)

Warung Baso Mantap ini berada di ujung kiri di lantai 1. Saya lihat, mereka tidak terlalu ramai pengunjung. Entah apa penyebabnya namun yang terpikirkan hanya dua.  Pertama, karena pindah, orang-orang yang baru dateng lalu ga bertanya lebih jauh ke tukang parkir di situ dan langsung pergi. Kedua, mungkin emang sebenernya mereka masih sepi sejak dihantam oleh isu daging tikus yang mereka gunakan sebagai campuran pembuatan baso. Tapi, rasanya isu itu kan udah lama banget. Masak sih masih berpengaruh sampe sekarang?

DSCF6260 (1280x853)

Gapapa, saya bukan orang yang gampang kemakan isu. Apalagi setelah membaca blog ini, saya makin yakin bahwa mereka hanya menjual baso yang menggunakan daging sapi tanpa campuran daging apapun. Kamu juga ya, jangan gampang percaya sama isu-isu negatif kalo ga jelas sumber dan buktinya. Apalagi ini kan menyangkut dengan penghidupan seseorang atau bahkan banyak orang. Kasian kan???

DSCF6267 (1280x854)

Saya lalu memesan satu porsi baso komplit. Daaan, ini dia yang menjadi ciri khas mereka, adanya daging sapi yang biasa ada di sop-sop sapi. Jadi, makan Baso Mantap berasa makan mie baso dicampur sop sapi. Terus, selain itu, ada juga tahu goreng berwarna kuning. Untuk isinya, saya pilih campuran lengkap antara mie, bihun, dan toge. Rasanya? Walau terasa pahit, di luar keunikan daging sapi tadi, saya mesti mengatakan rasanya biasa aja. Padahal dulu kok rasanya enak banget ya, makanya rame banget pengunjungnya.

Baso Komplit Satu Porsi IDR 20K

 

Baso Mantap
Pujasera Manunggal, Jalan Sumatera, belakang BIP, Bandung
Click for Google Maps

baso mantap

Tinggalkan Balasan

