Makan Nostalgia di Tulang Jambal (Bandung)

Dulu, tulang jambal pernah jadi salah satu kuliner favorit saya. Duluuuu banget, pas masih jamannya saya kuliah.

Dulu, adik saya kan ikutan les bahasa inggris di LB LIA yang di Jalan Riau. Dulu, LB LIA Jalan Riau adanya di pertigaan Jalan Riau dan Jalan Ternate. Tapi sekarang gedung ini udah kosong dan LB LIAnya udah pindah ke lokasi lain namun masih di jalan yang sama. Nah, si Tulang Jambal ini dulu jualannya deket seberangnya LB LIA Jalan Riau yang lama, alias di Jalan Ternate.

Saking sukanya ama si Tulang Jambal ini, saya sampe ngajak keluarga saya dan temen-temen saya makan di sini. Ga bosen-bosen deh pokoknya saya dateng ke sini. Dan, keluarga saya ternyata seneng juga. Kita bahkan sampe bereksperimen sendiri di rumah untuk membuat tulang jambal buatan kita sendiri. Hasilnya, ga terlalu mengecewakan. Dan hidangan itu, dulu, sempet berkali-kali menghiasi meja makan. Walau pada akhirnya ya pasti jadi bosen juga sih.

DSCF6271 (1280x853)

So, hari itu, saya dapet ilham buat makan Tulang Jambal lagi. Bukan ke yang di Jalan Ternate, karena cabang itu udah lama tutup. Jadi, setelah itu mereka pernah membuka cabang di beberapa tempat lain, sampe akhirnya cabang mereka yang sekarang ada di Jalan Sultan Tirtayasa ini bertahan cukup lama. Saya juga sebenernya udah lama tau cabang mereka yang di sini. Dan kayaknya, udah hampir setahun atau dua tahunan saya ga makan di sini. Waaah, kangen juga yaaa…

DSCF6273 (851x1280)

Ini menu yang mereka sediakan. Selain tulang jambal, mereka menyediakan menu ayam dan gepuk juga. Mungkin buat yang ga suka sama ikan jambal. Dan, ga semua paket di menu itu available. Kalo ga salah waktu itu cuma ada 3 paket yang tersedia. Saya ga inget yang mana aja. Tapi untungnya, Paket 1 ada. Yesss, itupun udah cukup buat saya.

DSCF6276 (1280x854)

Aaah, my favorite tulang jambal! We meet again at last after all these years… Ok, lebay. Ngga, saya ga sampe nangis terharu di tempat kok. Ini Paket 1, sederhana aja penampilannya. Tulang jambalnya ada di ujung sana. Tahu dan tempe bacem ada di sebelahnya. Mereka selalu menyediakan tempe bacem dan bukan tempe goreng.

So, sedikit infomasi yang berhasil saya himpun dari dunia jagat maya, jambal bukanlah nama ikan. Seengganya, kamu ga akan bisa memancing ikan jambal karena mereka emang ga ada di lautan. Tapi kalo kamu ke pantai-pantai yang memiliki pasar ikan, kemungkinan kamu menemukan ikan jambal cukup tinggi. Nah lho, bingung ga tuh?

Menurut Wikipedia, ikan jambal itu sebenernya makanan hasil olahan dari ikan manyung. Jadi, sebenernya mirip ama ikan asin, sampe jadi kakek nenek peyot juga kamu ga akan pernah nemuin ikan asin di laut. Karena, mereka itu sebenernya adalah ikan hasil olahan. Eh, tapi ikan jambal ini bisa disebut ikan asin juga sih, karena emang asin. Bedanya ya itu, ikannya udah tertentu. Dan uniknya, harga ikan jambal ini mahal banget lho. Bisa lebih mahal daripada daging sapi.

DSCF6279 (1280x853)

Ini close up tulang jambalnya. Merah merona banget ya? Begitu juga dengan rasanya. Pedeeeeesssss. Kalo kamu ngeliat biji-biji yang berwarna item itu, itu berasal dari cabe yang digunakan, yaitu cabe gendot. Pas saya googling tadi, saya baru tau kalo cabe gendot sama cabe habanero itu sama. Dan setau saya, habanero itu salah satu cabe dengan tingkat kepedasan (dalam istilah keilmuannya disebut Scoville scale) paling tinggi lho. Beuh, pantesan tulang jambal ini pedes banget.

Ngomong-ngomong, satu hal yang nyebelin setiap makan ke sini adalah, tulang jambal ini miniiiim banget sama bagian yang “berdaging”. Ya, ga bisa disalahin juga sih. Kan namanya juga tulang jambal. Alhasil, kalo ngerasa masih nagih, saya biasanya suka pesen seporsi lagi. Tapi kalo pas coba-coba bikin di rumah, kita kan bisa milih sendiri jambalnya sehingga ga harus minim bagian yang berdaging. Tapi tetep sih, lebih puas kalo makan di sini 😉

Paket Nasi, Tulang Jambal, Tempe, Tahu IDR 35K
Es Teh Manis IDR 6K

 

Tulang Jambal
Cabang Jalan Sultan Tirtayasa No. 54 Bandung
Click for Google Maps

tulang jambal

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s