Nge-Mie Aceh Ayah (Jakarta)

Sore itu, saya lagi galau gara-gara pas saya mau makan ke Nasi Uduk & Nasi Ulam Ibu Yoyo, ternyata mereka masih tutup pasca Lebaran. Padahal, saya belom makan sama sekali sejak pagi. Emang sih, kalo weekend saya sering mendem aja di kosan sampe siang. Saving energy mode otomatis aktif sehingga walaupun udah siang rasanya ga terlalu laper. Tapi kalo udah sore? Tetep aja mesti ngisi perut!

DSCF5865 (1280x853)

Masuk ke daerah Tebet, saya masih belom bisa nentuin tempat makan yang ingin dituju. Saya bener-bener ga membuat rencana kuliner cadangan. So, pas saya nemuin Mie Aceh Ayah ini dalam keadaan rame, keinginan untuk mampir dan mencobai makanan di sini spontan saja muncul. Salah satu cara saya untuk menentukan suatu tempat yang wajib saya kunjungi adalah dengan cara melihat apakah tempatnya ramai oleh pengunjung. Logikanya gampang : kalo rame, berarti mereka menyajikan makanan yang enak. Oke, it’s settled then. Motor saya pun berlabuh.

DSCF5864 (1280x853)

Ruangannya ga terlalu luas, tapi kalo saya hitung-hitung sih bisa menampung hingga 50an pengunjung. Walau kecil, mereka masih menyediakan toilet dan mushola seadanya. Lumayan, saya bisa shalat magrib di sini setelah makan. Dekorasi interior mereka dipenuhi oleh kertas-kertas bertuliskan kata-kata mutiara yang ditempelkan di dinding bagian atas. Makan sekaligus berkontemplasi nih…

DSCF5850 (853x1280)

Menu yang mereka sediain meliputi mie aceh, nasi goreng aceh, martabak aceh, dan roti cane. Walaupun sebenernya saya laper, tapi demi review, saya memilih untuk memesan mie aceh dan bukan nasi goreng. Kan ga lucu, nama restorannya “Mie Aceh Ayah”, tapi saya malah ngga ngereview mie acehnya. Oke lah, sebagai tambahan ganjelan perut, saya pesen roti cane juga.

DSCF5849 (853x1280)

Minumannya ada jus-jusan, soft drink, bermacam varian penyajian kopi aceh, dan teh tarik. Saya pesen teh tarik aja.

DSCF5853 (1280x853)

Roti canenya dateng paling pertama. Duh, padahal karena rasanya yang manis, enaknya sih dimakan abis makan mie. Jadi desert gitu lah ceritanya. Yowes, saya coba aja sedikit. Enyak. Yaa, roti cane emang ga susah kok bikinnya. Karena saya emang suka banget roti cane, dulu mamah saya sering beli roti canenya yang bermerk “Maryam”. Tinggal angetin roti canenya di atas teflon, salin ke piring, orak-arik, taburkan parutan keju, dan tambahkan susu kental manis. Dijamin sama rasanya.

DSCF5858 (1280x853)

Setelah beberapa lama, mie aceh pesenan saya dateng juga. Di menu, ada beberapa variasi mie aceh. Saya lagi ga mau coba yang aneh-aneh. Maunya yang save di rasa dan di perut. So, saya pesen mie aceh tumis daging plus telur. Kenapa milih yang tumis? Soalnya pas saya googling, katanya yang tumis enak. Yah, mirip lah kayak “nyemek”nya mie jowo. Berkuah, tapi ga banyak.

Rasanya sendiri cukup enak. Ga terlalu berempah dan berbumbu sehingga pas buat lidah kebanyakan orang. Jumlah mienya juga menurut saya pas. Tapi, dagingnya kurang banyak. Dan kerupuk yang dikasih bukan kerupuk emping (mie aceh biasanya pake kerupuknya emping kan ya?).

DSCF5861 (1280x853)

Nah, pas saya udah makan agak lama, teh tariknya baru dateng. Heran juga sih. Padahal minuman datengnya paling duluan karena secara pembuatan juga mestinya yang paling mudah dan cepat. Kalo soal rasanya sih enak enak aja.

Mie Aceh Tumis Daging + Telur IDR 21K
Roti Cane Susu + Keju IDR 15K
Es Teh Tarek IDR 10K

 

Mie Aceh Ayah
Jalan Dr. Saharjo No. 188, Tebet, Jakarta Selatan
Click for Google Maps

ayah

Tinggalkan Balasan

