Jajan Gorengan di Combro Ma Iying (Bandung)

Tadinya saya mau ngasih judul “Comro Mak Iying”, tapi demi pas ngeliat tulisan namanya di daftar harga yang ada di bawah ini, saya memutuskan mengganti judulnya jadi “combro”. Bah, tapi kan comro itu singkatan dari “oncom di jero”. Dari mana datangnya itu hurup B???

DSCF6197 (1280x853)

Ide tempat ini dateng dari salah satu warga di grup Facebook, Komunitas Kuliner Bandung. Suatu komunitas yang saya  pernah jadi salah satu pengurusnya (eh, sekarang masih ngga ya?). Waktu itu saya nanya, di mana tempat yang ngejual gorengan enak di Bandung. Nah, salah satunya ya di sini, Combro Ma Iying yang membuka lapak dekat Hotel Lodaya, daerah Palasari, Bandung. Di sini, mereka membuka lapaknya setiap hari mulai dari jam 3 sore dan tutup sekitar jam 10 malam.

DSCF6190 (853x1280)

Harga gorengannya seribu rupiah. Lumayan mahal juga ya. Dan rasanya sih mestinya ga susah ya ngitungnya sehingga perlu bikin tabel kayak di atas ini. Tinggal tambahin aja nolnya tiga buah ke jumlah gorengan yang dibeli.

DSCF6192 (1280x853)

Gorengan yang ada di sini standar-standar aja sih. Yang pasti ada comro, ada bala-bala (alias bakwan), pisang goreng, tahu goreng, tempe goreng. Cireng ada ga ya? Saya lupa. Ah, lagian kalo pengen banget cireng mah mendingan juga ke Cirreng Cipaganti.

DSCF6188 (1280x853)

Akhirnya saya beli comro, sampe 15 biji, bala-bala 10, dan tahu gorengnya cukup 5 aja. Ujung-ujungnya saya rada nyesel, kenapa ga nyicip di tempat dulu. Soalnya ternyata, malah lebih oke bala-balanya daripada comronya. Bala-balanya garing, enak. Comronya juga enak sih, dan ini testimoni orang rumah saya, tapi agak asem. Pas dipikir-pikir, emang rada asem sih ya. Masih lebih oke rasa comro yang biasa saya beli deket kantor saya di Jakarta. Tahu gorengnya? Isinya seperti biasa ada toge, tapi dikit, seadanya. Jadi bener-bener lebih dominan tahunya. Tapi tahunya sendiri enak. Kayak tahu cibuntu gitu.

Gorengan @IDR 1K

 

Combro Ma Iying
Jalan Lodaya, dekat Hotel Lodaya, Bandung
Click for Google Maps

iying

Tinggalkan Balasan

