Ga Ada Subway, Quiznos Pun Jadi! (Jakarta)

Sebenernya udah lumayan lama Quiznos Sub ini membuka gerai pertama (kayaknya sih baru ini ya) mereka di Jakarta. Saya juga udah beberapa kali lewat doang tanpa kepikiran ini tempat apaan. Pas saya coba googling, oalaaah, ternyata mereka jualan submarine sandwiiiich!

Buat kamu yang belom tau submarine sandwich itu apaan, basically mereka adalah roti isi kayak sandwich yang ukuran rotinya panjang. Kalo kamu tau ama Subway, sama deh kayak gitu. Mereka juga jualan submarine sandwich. Bahkan sebenernya, Subway dan Quiznos ini sama-sama berasal dari Amerika Serikat. Quiznos adalah jaringan gerai penjual submarine sandwich terbesar kedua di Amerika Utara, setelah Subway.

DSCF5753 (1280x855)

Quiznos Sub terletak di Jalan Pemuda, di blok yang sama dengan Mal Arion. Kalo kamu dateng dari arah barat lewat Jalan Pemuda dan mau menuruti rambu lalu lintas, ke sini jadi agak ribet. Soalnya kendaraan ga boleh muter di perempatan Arion. Tapi kalo kamu dateng dari arah timur, dari Jalan Paus, atau Jalan Velodrome, ke sini mah gampang.

Parkirannya cukup luas. Bagus lah, mereka cukup murah hati. Soalnya masalah parkir itu memang menyebalkan. Kalo sempit kan parkirnya jadi mesti sampe di pinggir-pinggir jalan. Tapi saya sih dateng pake motor. Parkir mah ga ada masalah.

Bangunan Quiznos sendiri, kalo dibandingkan ama luas parkirnya, ga gede. Tapi cukup buat nampung seengganya 80 orang, termasuk kapasitas lantai duanya. Pas saya dateng siang itu, antreannya sebenernya ga terlalu panjang. Kayak kamu ngantre di McD atau KFC lah. Tapi kasirnya cuma satu sehingga jadinya lumayan lama juga.

DSCF5739 (1280x393)

DSCF5740 (1280x402)

DSCF5741 (1280x403)

Variasi menunya ada banyak. Ada kolom menu Chicken Subs, Steak Subs & Combo, Pizza, Deli Subs, dan Traditional (ga ada di foto). Jangan tanya saya apa bedanya Deli, Steak, dan Traditional. Tapi kalo yang Steak Subs sih kayaknya menu yang lebih memanjakan penggemar daging-dagingan. Saya pesen satu menu dari kelompok ini. Yang Steak & Swiss.

Rotinya ada 3 macem, roti putih biasa, roti gandum, dan roti rosemary parmesan. Ukurannya juga ada 3 macem, 6, 9, atau 12 inchi. Karena saya laper, saya pilih yang roti ukuran 9 inchi. Tapi kalo dateng bertiga, kamu bisa pesen roti yang ukuran 12 inchi. Secara harga juga jadinya lebih hemat. Minumnya? Standar aja deh, saya nambah 7 ribu lagi untuk segelas soft drink ukuran medium. Pilihannya ada Coke, Fanta, dan lemon tea. I think Coke will fit best.

DSCF5744 (1280x854)

Setelah bayar di kasir, kita akan diberi nomer antrean. Sandwich-nya emang dibuat di tempat, makanya fresh dan anget beneran. Bukan anget boongan karena disinarin lampu. Tapi, justru hal itu juga yang jadi kekurangan mereka. Karenanya, saya mesti menunggu lebih kurang 20 menit buat dapetin pesenan saya.

DSCF5871

Konsepnya di Quiznos, pesenan kita “dibuat di depan kita”. Tapi konsep ini bukan hal yang baru. Kalo kita beli martabak di pinggir jalan juga sama, kekekek… *eh, hampir semua makanan yang dijual di kaki lima deng* Dapur penyiapannya bersih. Mereka juga pake sarung tangan plastik, masker, dan topi. Cukup higienis.

DSCF5873

Setelah semua isian disusun rapi di atas roti, rotinya dimasukin ke alat pemanggang berjalan kayak gini. Bukan, bukan alat panggangnya yang berjalan. Pokoknya kamu bayangin alat scan x-ray di bandara. Naaah, kayak gitu deh.

DSCF5750 (1280x853)

Nah, ini dia pesenan saya. Steak & Swiss. Agak tertipu, soalnya kalo ngeliat foto di menu ada warna-warna merah dan ijonya. Apa mereka salah masukin foto? Tapi kalo diliat di komposisi menunya sih emang cuma ada bawang bombay, saus mayo, daging, dan keju. Dih. Ya sudah lah. Mari kita review aja rasanya.

Sebenernya saya udah lama banget menantikan ada resto submarine sandwich di Indonesia. Subway entah kenapa ga pernah muncul-muncul. Kalo lagi di luar negeri, saya selalu ngiler pengen makan, tapi ga terlalu yakin akan kehalalannya. Akhirnya, yang muncul duluan malah si Quiznos, walau tampaknya juga masih belom memiliki sertifikasi halal. So, buat kamu yang sangat berhati-hati soal kehalalan, maybe next time ya kalo mereka udah punya sertifikasinya.

So, roti yang pesan ini isinya dominan banget ama daging. Liat aja, warnanya merah-merah gitu. Mungkin ada sebagian orang yang rada enggan buat makan daging yang warnanya merah. Untung bukan saya. Rasanya? Saya sukaaaa… Dagingnya ga pelit deh, banyak banget. Puas. Roti gandumnya juga enak, kenyal.

DSCF5874

Seminggu kemudian, saya ke sini lagi. Ga puas rasanya kalo belom nyobain seengganya dua menu. Pengen ngebandingin juga sih, apa yang lain enak juga. Maka, saya coba pesen menu dari kelompok yang berbeda. Kemaren kan saya pesen yang dari kelompok “Steak Subs & Combo”, sekarang saya coba pesen Classic Italian dari kelompok “Deli Subs” dengan menggunakan jenis roti rosemary parmesan. Saya menebak, mungkin Deli Subs itu kumpulan sandwich yang pake sayuran. Seengganya, hampir di semua komposisinya ada tomat.

Dan memang, di roti saya kali ini ada banyak sayurnya. Menurut komposisi di daftar menu, rotinya mengandungblack olive, tomat, bawang bombay dan selada. Dagingnya ada tiga macem, pepperoni, salami, dan chicken ham. Walau irisan dagingnya ada tiga macem, ternyata masih lebih nampol Steak & Swiss yang dagingnya pake jenis daging steak yang lebih tebel-tebel dan jumlahnya juga melimpah. Rotinya sendiri rasanya ga jauh-jauh beda sama yang roti gandum.

Steak & Swiss 9″ IDR 100K
Classic Italian 9″ IDR 70K
Combo Medium Soft Drink + IDR 7K

 

UPDATE Juni 2019

Setelah sekian lama, akhirnya makan Quiznos lagi! Ga pernah makan bukan karena ga suka lho ya, tapi lebih karena saya kan lebih memilih untuk meluangkan waktu dan duit buat nyobain makanan-makanan yang lain, hehehe. Walau enak, emang Quiznos ini berasa banget sih mahalnya. Nah, kali ini saya mesen pake GrabFood karena ada promo GRABFOOD5 yang mana diskonnya 50% sampe maksimal 80 ribu. Total pembelian saya kalo ga salah 135 ribu dan karena pake voucher GRABFOOD5, saya cuma mesti membayar 65 ribu doang. Kapan lagi coba!

Setelah sedikit riset, saya pun memilih untuk membeli Zesty Steak dengan alasan yang sederhana, pengen maksimal daging dan kejunya dan minimal sayurnya. Emang sih kalo pesen pake delivery gini pas nyampe rotinya jadi udah ga anget lagi. Mungkin kalo kamu juga mesen delivery dan punya microwave bisa diangetin dulu. Zesty Steak ini berisi keju mozzarella, keju cheddar, bawang bombay, jamur, saus grille zesty khas Quiznos, madu, dan daging steak yang tipis-tipis. Rasanya enak, ada sedikit rasa manis-manisnya gitu kayaknya dari madunya. Ukuran yang saya beli ini panjangnya 9 inchi dan bener-bener bikin perut jadi begah.

Zesty Steak 9″ IDR 95K

 

Quiznos Cafe
Jalan Pemuda No. 30 Jakarta Timur
Click for Google Maps

quiznos

12 pemikiran pada “Ga Ada Subway, Quiznos Pun Jadi! (Jakarta)

  1. beuh mahal juga yaaa Ri harganya. 100rb untuk sandwich. Apa karena sub marine sandwich makanya dia jadi bereda di harga. hmm aye burger king ajah deh hihihihi…

    Suka

      1. Iyaa dulu pernah ada, tp ga terlalu laku.. Mungkin, krn dlu blm terlalu nge hits kali yaa submarine sandwich di ind.. Hehe

        Suka

Tinggalkan komentar