Mie Akup Halmahera yang Oye! (Bandung)

Asli deh, sebenernya pasca lebaran kemaren saya banyak banget kulineran di Bandung. Antreannya udah numpuk buat dibikin reviewnya. Tapi saya duluin bikin review Mie Akup ini deh, demi memenuhi rikues temen saya, Eva. So, here it is, Eva. Cling! *ngedipin mata*

DSCF5672 (1280x854)

Mie Akup Halmahera, sesuai namanya, mangkal di depan RS Halmahera Siaga. Kalo weekend, jualannya di seberang jalan, di samping Factory Outlet (FO) Jessie James (dulu kayaknya nama FO-nya Rena Ritti atau Rena apa gitu deh). Yah, pokoknya masih di sekitaran sini juga lah. Walau jualannya cuma pake gerobak dan tenda kecil berkapasitas maksimal 15 orang saja, saat itu lagi ada satu geng pramuniaga sari salah satu FO. Wih, jaminan mutu nih kayaknya. Eh, tapi sebenernya, saya doang kayaknya yang belom pernah makan di sini, anggota keluarga saya yang lain kayaknya udah pernah semua. Mamah dan Nanda bilang enak. Oke, saatnya saya mengetes kesahihan penilaian lidah mereka! *songong*

DSCF5673 (1280x853)

Walau dia berjualan mie kocok kaki sapi juga, walaupun saya penggemar mie kocok juga, tapi tentu saja saya mau coba Mie Akupnya. Mie kocok kan mienya beda. Lagian, saya baru makan Mie Kocok Subur juga sehari sebelumnya. Jadi, saya pesen mie yamin asin pake siomay, pangsit, dan baso. Pesennya lengkap dong, biar bisa dicobain semua.

DSCF5663 (1280x853)

Penampilan mie yaminnya cukup apik dan menarik. Warna-warni, sedap dipandang mata. Di atas mangkok standar tukang baso, berpadu warna mie yang putih pucat, warna hijau daun bawang, serta warna kecoklatan cacahan ayam dan bawang goreng. Karena saya ga terlalu suka yang terlalu manis-manis kecap kalo makan baso, biasanya saya akan memesan mie yamin asin. Belakangan ini, saya sering akhirnya menambahkan kecap lagi. Tapi sedikit aja, untuk memperkaya rasa dan biar tambah gurih. Oke, jangan tertipu dulu sama penampilan. Penilaian yang utama, tetep aja dari rasanya!

DSCF5664 (1280x853)

DSCF5670 (1280x853)

Ternyata penilaian mamah dan Nanda emang ga salah. Mie Akup emang enaaak! Mienya terasa banget pulen dan gurih. Kekenyalannya juga pas. Pokoknya nikmat banget. Apalagi setelah saya tambah sedikit kecap tadi. Daaaan, ga cuma mienya lho yang enak. Basonya juga, kenyal namun tetep lembut ketika digigit. Siomaynya padat, berasa banget ikannya. Ga kalah sama buatan tukang siomay beneran. Pangsitnya? Lembut dan berisi suiran lembut daging ayam yang udah dibumbui. Euuuh, enyak enyak enyak enyak. Satu porsi pun habis tandas tak bersisa…

DSCF5671 (1280x853)

Sebenernya, penjual mie Akup ga cuma ada di sini. Ada juga yang berjualan di tempat lain, entah di pinggir jalan juga kayak di Halmahera sini, atau yang lebih nyaman karena menempati kios kecil. Saya ga ngerti gimana sistemnya sehingga mereka bisa menyandang nama “Mie Akup”, apakah memang franchise atau gimana. Tapi yang pasti, mereka semua memakai mie yang sama yang diproduksi oleh Mie Akup ini.

Mie Yamin Pangsit IDR 15K
Mie Yamin Pangsit Siomay Baso IDR 18K

 

Mie Akup Halmahera
Jalan Halmahera, depan RS Halmahera Siaga, Bandung
Click for Google Maps

akup

Tinggalkan Balasan

