Makan Nasi Cikur di Warung Inul (Bandung)

Ini dia, salah satu warung makan yang menurut saya paling recommended di Bandung Utara. Eh, ngga. Bahkan se-Bandung Raya deh.

Warung Inul namanya.

DSCF4692 (1280x853)

Warung Inul ini berlokasi di deket Marbella Suites Bandung. Saya ga tau dia udah pindah-pindah tempat berapa kali. Tapi yang pasti, tempat yang baru ini lebih nyaman dan lega. Punya beberapa saung lesehan dan bahkan bilik mushola berukuran kecil. Udah buka bahkan dari jam 7 pagi. Tutupnya jam 9 malem.

DSCF4685 (1280x853)

Kalo mau pesen, kita mesti nulis semua pesenannya di deket kasir. Menunya ada apa aja? Gampang, bisa ngeliat ke lemari kaca pajangan yang ada di depan kita. Atau, liat dua buah banner menu segede gaban yang tergantung.

DSCF4686 (1280x853)

DSCF4687 (1280x854)

Ada ikan, ayam, bebek, dendeng, paru, sebut aja deh semua makanan Sunda yang utama, semua ada. Bahkan ada tumis genjer, tumis peuteuy (pete), dan tumis jengkol juga lho. Kabar gembira banget kan buat penyuka pete dan jengkol?

DSCF4689 (1280x853)

Siang itu, ga terlalu penuh, karena tempat yang baru ini juga sekarang lebih luas. Walau begitu, tetep aja ga pernah sepi pengunjung. Adaaaa aja yang dateng. Pas lagi duduk nunggu pesenan dateng, bahkan ada segerombol malaikat-malaikat cantik, yang kata adik saya sih, kakak-kakak kelasnya sewaktu di SMA 5 dulu. Pokoknya, saya aja heran kok bisa gareulis semuanya gitu, ngumpul…

DSCF4699 (1280x853)

Mamah saya mesen kue balok. Dulu pas di tempat yang lama, kayaknya sih belom ada yang jualan kue balok. Unik juga, soalnya dikasih topping selai strober, irisan keju, dan lain-lain. Tapi menurut saya sih ga terlalu mirip kue balok yang teksturnya mestinya lebih keras. Rasanya malah lebih mirip kayak bandros manis. Bentuknya aja yang beda. But It’s okay. Enak kok.

DSCF4707 (1280x853)

Nhhaaaahhhh, ini dia nasi cikur Warung Inul yang terkenal itu. Rasanya enak banget deh. Gurih. Nasinya pulen. Ada daun-daun yang entah apa. Tebakan saya sih daun kemangi. Plus taburan bawang goreng kesukaan saya. Siapa coba yang bisa tahan sama sama nasi ini? Kayaknya nasinya ini deh yang paling dicari sama semua pengunjung. Eh bentar, kamu tau cikur ngga? Cikur itu kencur dalam bahasa Sunda. Tapi tenang aja, nasinya ga sampe kayak berasa jamu kok.

DSCF4710 (1280x853)

Aslinya sih ga disajiin kayak gini. Soalnya kan pesenannya ada banyak , buat makan saya sama mamah dan dua adik saya, sehingga lauknya semua ditaro di satu piring. Nasinya doang yang disajiin udah dipisah-pisah kayak di atas tadi. Ini saya ambil aja deh lauk pesenan saya dan ditaro di piring nasi cikur. Paha ayam goreng, tempe, dan usus ayam.

DSCF4712 (1280x855)

Ini juga mungkin salah satu hidangan yang unik di sini. Biasanya kalo di warung Sunda kan kita mesennya kol goreng. Tapi di sini yang terkenal juga adalah jamur gorengnya. Enak. Basah-basah renyah. Ga tau juga ini jamur apa ya. Jamur tiram atau jamur merang ya? Dan anehnya di banner menu juga saya ngga liat ada menu ini. Tapi kalo kamu sempet baca tulisan saya ini, jangan lupa pesen deh!

DSCF4714 (1280x855)

Nah, yang terakhir ini babat dan tamusu goreng. Enak. Empuk dan gurih. Salah satu makanan Sunda favorit saya.

Nasi Cikur IDR 7K
Ayam IDR 10K
Jamur Goreng IDR 5K
Tempe Goreng IDR 1K
Usus Ayam IDR IDR 10K
Usus Sapi IDR 10K
Babat IDR 10K

 

Warung Inul
Kompleks Resort Dago Pakar, Bandung, Jawa Barat
Dekat Marbella Suites Bandung
Click for Google Maps

inul

Tinggalkan Balasan

