Makan Malem di Sate Blora Cirebon (Jakarta)

Sate Blora Cirebon ini terletak di salah satu daerah dengan kuliner paling bejibun di Jakarta Timur : Rawamangun. Letaknya juga strategis banget. Ga jauh dari Jalan Pemuda yang merupakan jalan protokol besar. Ciri paling gampang dari tempat ini adalah adanya asap yang mengebul.

DSCF4674 (853x1280)

Walau menunya ada banyak, sebagaimana rumah makan sate pada umumnya, di sini juga menyediakan tongseng dan gule. Tapi kali ini saya mau bikin review satenya dulu aja deh. Gule ama tongsengnya mungkin lain kali aja lah ya. Tinggal ditambahin aja review-nya nanti.

Satenya ada daging kambing dan ayam. Sate kambingnya ada yang dagingnya doang (ditulis “khas” atau mungkin maksudnya has), ada yang standar pake gajih (ditulis “daging kambing”), ada juga yang hati kambing. Yang terakhir ini saya ga tau juga, apakah full setusuk hati kambing semua, atau dari sepuluh tusuk dapet 5 tusuk hati kambing, atau di satu tusuk cuma satu potong aja yang hati kambing. Kamu sendiri aja deh ya yang nyari tau 😛

DSCF4670 (1280x853)

Satenya disajikan dengan menggunakan hotplate. Wah, saya suka nih kalo disajiinnya kayak gini. Kesannya fresh gitu. Pas dianter masih berasap dan bunyi satenya gemeritik (itu bahasa Indonesia yang bener ga ya?) terpanggang.

DSCF4672 (1280x853)

Bumbu kacang ini sebenernya bukan bumbu standar sate kambing di sini. Sekali lagi saya mesti ngingetin, kalo kamu tipe penyuka sate berbumbu kacang, jangan lupa tanya dulu bumbu satenya apa. Bumbu standarnya cuma kayak yang di ujung kiri atas itu, bumbu kecap dengan cacahan cabe rawit, bawang merah, dan kol.

Biasanya, kalo satenya dateng dengan hotplate, saya bakal numpahin bumbu kacang ke atas sate. Biasanya si bumbu kacang juga akan ikut terpanggang gara-gara panasnya hotplate. Tapi waktu itu saya malah lupa, soooo, dimakannya ya disendok terus ditaro di atas nasi.

So, satenya gimana? Satenya sih enak. Gajihnya juga juicy. Dagingnya lumayan gede. Cukup recommended. Terbukti dengan banyaknya pengunjung yang datang. Di daerah sini, dia yang meraja lah. Walau kalo dinilai dari segi keempukan, masih kalah sama Sate Haji Giyo.

Sate Daging Kambing IDR 45K
Nasi Putih IDR 6K

 

Sate Blora Cirebon
Jalan Balai Pustaka Timur, Jakarta Timur
Click for Google Maps

blora

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s