Nyante di Ajag Ijig (Jakarta)

Jadi, katanya sih Ajag Ijig itu restoran punyanya Carissa Putri. Tau kan? Aktris yang namanya mulai naik daun semenjak membintangi film Ayat-Ayat Cinta dan Tarix Jabrix. Apa? Masih belom inget juga yang mana? Haduuuuh, tanya deh ama Mbah Google… Menurut Neng Carissa, ajag ijig berarti mondar-mandir. Dengan nama itu, dia berharap orang akan suka dengan makanan dan restorannya, sehingga jadi bolak-balik dateng ke sini lagi.

Setelah berkunjung ke es krim Ragusa, saya dan Fay dan Nisa pergi ke sini. Soalnya makan es krim doang ga cukup buat menyumpal perut. Inipun, sebenernya kita tadinya bukan mau ke sini, melainkan ke Happy Day. Saya juga ga tau itu restoran apaan. Fay doang yang udah pernah ke sana ama temen-temennya. Saya ama Nisa manggut-manggut aja, ga ada ide.

IMG_20150524_172948 (1280x964)

Tapi pas ngelewat depan Ajag Ijig, dekorasi eksteriornya menarik minat Fay dan akhirnya, kita malah berlabuh di sini. Yeah, this kind of thing could happen in an adventure. Akhirnya, duduklah kita di jajaran kursi yang terdekat dengan pintu masuk. Sambil menghela napas lelah dan menikmati AC. Maklum, walau udah sore, Jakarta terasa panas. Apalagi, udaranya juga lagi lembap banget. Ga enak rasanya di kulit.

IMG_20150524_172954 (1280x960)

Ajag Ijig sore itu ga terlalu rame. Apakah karena lagi hari Sabtu sehingga sepi? Atau karena udah sorenya? Atau kombinasi keduanya? Yang pasti, suasananya jadi enak. Lengang dan santai. Konfigurasi ruangan di Ajag Ijig juga enak buat bersantai-santai bersama teman atau keluarga. Posisi kursinya ga rapet.

IMG_20150524_182857 (960x1280)

Dan kalo di lantai bawah penuh, mereka masih punya mezzanine yang ga terlalu luas. Tangga menuju mezzanine-nya kayak gini, ada ubin warna-warninya. Dan musholla, walaupun mereka ga punya ruangan yang bener-bener disebut musholla, kita dibolehin buat shalat di satu ruangan yang kemungkinan ruang manager mereka. Soalnya, agak ribet juga sih kalo mesti shalat ke Istiqlal, hehehe…

IMG_20150524_173320 (960x1280)

IMG_20150524_173332 (960x1280)

IMG_20150524_173346 (960x1280)

Seperti namanya, kebanyakan menunya terutama yang makanan berat, merupakan masakan khas betawi. Ada soto betawi, nasi uduk, nasi goreng, soto mie, laksa, ama sop iga. Bahkan buat minumannya, mereka sedia bir pletok juga lho. Hayooo, udah pernah nyobain bir pletok belom?

IMG_20150524_175055 (1280x960)

Fay mesen soto betawi. Ga pake nasi. Dietnya gitu, kalo makan malem dia ga makan nasi atau ga makan sama sekali deh kayaknya (tapi pas nyampe kosan, ni anak masih ngidam martabak telor). Soto betawinya isinya daging doang. Dagingnya bener-bener tenderloin banget deh, tanpa lemak. Mungkin mereka pake daging dari menu empal. Ini strategi yang saya pelajari dari sebuah reality show manajemen restoran di sebuah saluran TV kabel. Tujuannya tentu saja apalagi kalo bukan buat menghemat biaya. Anyway, rasa soto betawinya menurut saya sih biasa-biasa aja.

Sementara Nisa mesen Nasi Bakar. Tapi ga saya foto. Soalnya pas abis dibuka daun pembungkusnya, nasinya berantakan. Ga oke buat difoto.

IMG_20150524_175205 (1280x960)

Ini pesenan saya, NasGornye Kite. Intinya, ini nasi goreng kambing yang ditambahin sate daging. Keliatan satenya? Kayaknya ini mah empal yang sama dengan yang saya ceritain tadi. Empalnya daging sapi, bukan kambing. Tambahan lainnya palingan cuma telor ceplok sama kerupuk kuning dan kerupuk emping. Rasanya? Biasa aja juga.

Nah lho, terus masakan apaan dong yang recommended di sini? Mestinya di menu mereka mencantumkan menu mana aja yang “chef’s suggestion” sehingga pembeli bisa punya bayangan mau beli apa. Dengan demikian, mereka kemungkinan besar akan membeli menu itu dan setidaknya memberi review yang bagus jika mereka mengunggahnya ke dunia maya. Tapi, chef’s suggestion-nya yaa mesti yang beneran enak dong. Dan ga mesti yang paling mahal harganya.

Nasi Bakar IDR 28K
Soto Betawi IDR 36K
NasGornye Kite IDR 47K

 

Ajag Ijig
Jalan Ir. H. Juanda No. 14 Jakarta Pusat
Click for Google Maps

ajag ijig

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s