Penasaran Ama Mie Alip (Jakarta)

Penasaran. Beneran.

Suatu malam, saya nonton Ini Talkshow di Net TV di mana ada Indra Birowo jadi bintang utama. Saya ga inget waktu itu lagi ngomongin apa tapi saya inget Indra Birowo sempet bilang bahwa dia suka dateng ke Mie Alip. Dia bilang mienya enak dan beda. Whaaaaat? Mie apa ini? Kok saya belom pernah dengeeer. Mie Alip pun masuk ke dalam di list kuliner Jakarta saya. Namun, baru kemaren akhirnya saya sempet dateng ke sini.

Karena saya baca di internet tutupnya sekitar jam 1 atau 2 siang, jadilah saya yang pas jam 10 pagi itu masih merem melek, buru-buru bangun dan mandi. Takut keabisan. Ga lucu kalo udah capek-capek ke sana eh taunya abis.

DSCF4480 (1280x854)

Akhirnya, jam 12 saya udah sampe di sini. Ga terlalu susah nyarinya, karena ada spanduk warna kuning dengan tulisan “Mie Alip”. Ramai. Karena lebar rukonya kecil, ruang parkir di depannya ga terlalu luas. Kalo motor doang sih masih mending, bisa parkir dengan mudah. Tapi kalo bawa mobil, mesti parkir di depan ruko lain. Saya memarkirkan motor di depan ruko. Saya nanya tukang parkir. Katanya, Mie Alip bahkan udah buka dari jam 6 pagi, tutupnya sekitar jam 3 sore atau lebih.

DSCF4477 (1280x854)

Di depan ruko, ada satu gerobak dan satu orang karyawan yang sibuk merebus mie. Baru masu, saya disapa seorang karyawan. Karena ga ada daftar menunya, si karyawan menyebutkan pilihan-pilihan menu yang ada. Yang udah sering dateng mah pasti udah hafal mau beli apa. Tapi, menunya ga ribet dan gampang diinget kok.

DSCF4478 (1280x853)

Ada mie tebel ama mie tipis (mie biasa)
Ada pangsit rebus
Ada baso urat
Ada baso goreng juga
Bahkan, demi melihat body saya, dia langsung nawarin porsi besar, porsi satu setengah.
Okay then! Decided, saya pesen seporsi besar mie tipis pake baso urat, pake baso goreng, dan wajib pake pangsit rebus.

Abis mesen, saya duduk di salah satu kursi yang baru saja kosong. Ruangannya memanjang dengan kapasitasnya antara 25-30 orang. Cuma ada kipas angin sebagai pendingin ruangan. Untungnya walaupun di luar cuacanya panas terik, di dalem sini ga gerah. Sementara itu, pelayannya ada sekitar 5 orang. Mereka senantiasa memerhatikan para pengunjung, siap sedia jika kita membutuhkan mereka. Good!

DSCF4464 (1280x853)

Ga lama setelah saya duduk, pesenan saya udah dateng. Oh, ternyata baru baso gorengnya. Udah dipotong-potong kecil dengan ukuran sekali hap. Minuman pesenan saya dateng juga, es teh manis. Es teh manisnya enak. Manis, ga pelit gula.

DSCF4473 (1280x853)

Ga lama setelah itu, mie saya dateng. Oke, mari kita review. Mulai dari yang paling pertama dateng, baso goreng. Baso gorengnya enak. Kekenyalannya pas. Hanya saja, agak dingin. Sayang saya ga dapet yang masih baru digoreng. Kalo masih baru pasti masih renyah. Abis itu, saya nyobain baso uratnya. Enak, kenyalnya pas juga. Kuah basonya pun seger, pake minyak sayur.

DSCF4474 (1280x855)

Oiya, kalo mau tambahan lain, di meja ada wadah-wadah yang berisi bawang daun, tongcay, cabe ijo kecil yang kayak diacar dan udah dipotong-potong, dan cabe. Saos ada juga, di botol. Saya kira cabe juga tapi ternyata ga pedes. Kalo suka tongcay, jangan ambil terlalu banyak. Ntar pas makan mienya bisa keasinan. Saya ngambil semuanya, kecuali potongan cabe.

DSCF4476 (1280x853)

Mienya enak. Gurih dan kenyal. Dan pas dimakan juga ga bikin keselek. Licin di kerongkongan. Pangsit rebusnya, ga ditaro bareng ama baso urat, tapi langsung ditaro sewadah ama mie. Pangsitnya enak juga. Ada isinya, ayam yang udah dicincang halus.

Mie Alip emang oke. Ga heran Indra Birowo suka. Dan kalo ngeliat di dinding nih, ada banyak foto artis yang pernah berkunjung ke sini. Pokoknya, recommended deh. Akhirnya, saya nemuin juga mie ayam yang mantap di Jakarta.

Mie Komplit Porsi Besar IDR 35K
Mie Komplit Porsi Biasa IDR 30K
Mie Ayam Jamur Porsi Biasa IDR 20K
Es Teh Manis IDR 4K
Baso Goreng IDR 5K

 

Mie Alip
Jalan Sukarjo Wiryopranoto No. 20C Jakarta Pusat
Click for Google Maps

mie alip

2 pemikiran pada “Penasaran Ama Mie Alip (Jakarta)

Tinggalkan Balasan

