Soto Betawi H. Husen yang Nggemesin (Jakarta)

Pernah suatu kali saya datang ke sini, di hari Sabtu padahal, bukan Minggu, daaaan udah tutup. Padahal waktu itu waktu menunjukkan pukul 1 siang. Saya tanya tukang parkir yang ada di situ, ternyata selepas zuhur udah abis. Biasanya kalo weekend emang gitu. Buseeeeet. Gimana saya ga gemes ama ini soto??? Saya tanya lagi tukang parkirnya biasa bukanya jam berapa. Jam setengah 8 katanya.

DSCF3857 (1280x854)

Akhirnya, minggu depannya, saya dateng lagi. Kali ini pagi-pagi jam setengah 9 saya udah ke sini. Ternyata bener, jam segitu aja tempat ini uuuudah rame. Penuh. Ada 8 meja besar dengan kapasitas total sekitar 60 orang. Tanpa AC, cuma ada kipas angin.

DSCF3869 (1280x853)

Tepat di pintu masuk, kita udah langsung menghadapi dapur tempat si soto betawi disiapkan. Kiranya ada 4 hingga 5 orang yang berjubel di sini. Mulai dari yang bertugas memotong-motong daging sapi hingga ke yang melayani pembayaran. Pesenan bisa disebutkan di sini. Atau mau ngamanin tempat duduk dulu juga boleh.

DSCF3861 (1280x853)

Saya pesen apa yang standar suka saya pesen kalo lagi makan soto betawi : campur, ga pake daging. Tapi pesenan saya agak lama datengnya. Dan saya pikir wajar aja sih. Soalnya rame kan. Sambil menunggu saya memperhatikan pegawainya yang berlalu lalang dari dapur minuman di belakang ke seantero ruangan. Pegawai-pegawai di sini menggunakan batik biru dan celemek merah yang khas.

DSCF3863 (1280x853)

Nah, akhirnya pesenan saya dateng juga. Kuahnya enak. Isiannya, kalo campur tanpa daging biasanya sih sama aja dengan jeroan ya. Saya perhatiin isinya ada babat, paru, ama usus. Parunya, enak banget. Kalo kata orang Padang nih : badaruak! Alias kriuk kriuk renyah. Babat ama ususnya juga enak, lembut.

DSCF3864 (1280x854)

Kalo ngerasa kurang rame, di meja ada wadah kerupuk aci. Kurang pedes? Ada sambel juga. Tinggal nambahin sendiri. Kalo suka acar, ada juga. Lengkap! Tapi malah ada satu yang ga ada. Emping! Padahal makan soto betawi kan lebih cocoknya pake emping ketimbang pake kerupuk aci. Iya ngga? Cung yang setuju!

Nah, kalo kamu mau ke sini. Gampang. Patokannya si Pasaraya Manggarai itu. Tapi kalo mau ke sini, kamu mesti ngambil dari arah Jalan Minangkabau, tepat di pom bensin, belok kiri. Kalo kamu langsung belok ke arah Jalan Dr. Saharjo, kamu ga akan bisa belok kanan ke Jalan Padang Panjang karena jalannya searah.

Soto Betawi IDR 27K
Es Teh Manis IDR 4K

 

Soto Betawi H. Husen
Jalan Padang Panjang No. 6C, Jakarta Selatan
Click for Google Maps

husen

Tinggalkan Balasan

