Makan di Soto Jakarta Pak H. Yus (Jakarta)

Awalnya, waktu pertama kali saya makan soto ini, dia ada di Jalan Cut Nyak Dien. Tepatnya di rumah yang dibangun di bawah jembatan kereta api antara Stasiun Gondangdia dan Cikini. Tapi karena digusur ama PT Kereta Api Indonesia alias PT KAI, mereka akhirnya pindah ke tempat baru ini.

DSCF2970 (1280x853)

Walau kini mereka menempati sebuah rumah yang tidak terlalu besar, Soto Pak H. Yus kini menempati tempat yang menurut saya lebih nyaman, lebih oke, dan lebih representatif daripada lokasi mereka sebelumnya. Lokasi Soto Pak H. Yus yang baru berada di Jalan Minangkabau yang ke arah Jalan Sultan Agung, alias ke arah utara.

Saya pun sebenernya ga sengaja “memergoki” mereka di tempat yang baru ini. Pas saya lagi bingung mau makan apa, karena keabisan Soto H. Husen, saya ngelewatin tempat ini. Rem mendadak. Saya tanya tukang parkirnya yang jaga. Ini Soto Pak H. Yus asli? kata saya. Dijawab asli. Saya tanya lagi, bukannya yang di Jalan Cut Nyak Dien? Dan katanya, pindah ke sini karena digusur. Udah 3 bulan katanya. Hmmm, oke lah. Saya makan ini aja. Daripada mau makan soto betawi ga kesampean.

Di tempat yang baru ini, mereka bisa menampung sekiranya 30 orang pengunjung. Enaknya lagi, parkiran mobil luas. Lokasinya di belakang bangunan, sehingga ga terlihat dari tepi jalan.

DSCF2961 (1280x853)

Ada dua macam soto yang tertulis di menu : isi daging dan isi jeroan, masing-masing memiliki isi yang kombinasinya berbeda sama sekali. Karena saya sukanya ama jeroan, tentunya saya spontan milih yang isi jeroan. Saya ga ngerti kenapa mereka nyebutnya “soto jakarta” instead of soto betawi. Biar berasa modern?

DSCF2963 (1280x853)

Nasinya dikasih taburan bawang goreng. Sambelnya, yang memang ga tersedia di meja, diberikan terpisah. Ga banya sih, kira-kira cuma dua atau tiga sendok makan. Saya ambil sedikit aja deh, buat ngasih sensasi pedes aja. Soalnya kalo sama sekali ga pedes, berasa kurang nampol. Tapi jangan kepedesan juga, ntar malah jadi ga nikmat makannya. Sibuk “huh, hah, huh, hah”.

DSCF2967 (1280x853)

Rasa sotonya agak biasa. Kalo saya peringkat nih, dia masih kalah ama Soto H. Husen, yang di kemudian hari akhirnya berhasil saya cicipi, tapi masih mendingan daripada Soto H. Ma’ruf. Isi jeroannya juga ga ada yang berasa spesial.

Sayang sekali lokasi baru mereka mesti deket banget sama Soto H. Husen. Kalo saya lagi dateng ke daerah ini dan disuruh milih, udah barang tentu saya bakal milih ke Soto H. Husen. Mungkin mereka mesti mempertimbangkan untuk berpindah lagi ke tempat yang agak jauh dari pesaing (yang memang lebih enak).

Soto Betawi IDR 38K

 

Soto Betawi Pak H. Yus
Jalan Minangkabau, Jakarta Selatan
Click for Google Maps

soto pak yus

Tinggalkan Balasan

