Bertandang ke Pura Meru (Mataram)

Pura Meru merupakan salah satu komplek pura terbesar di Lombok. Terletak di daerah padat Cakranegara yang berada di tengah kota dan berada tepat di barat daya Taman Mayura, Pura Meru ini akan sangat ramai pada hari-hari besar agama Hindu.

DSCF3502 (854x1280)

Komplek pura memanjang dari barat ke timur. Dari tempat parkir yang agak sempit di tepi jalan, kita memasuki komplek Pura Meru melalui sebuah gapura yang cukup megah di sebelah barat. Di bagian barat ada Rumah Kulkul atau Kentongan. Bagian tengah digunakan untuk tempat sesaji, upacara, dan sembahyang. Sedangkan di wilayah yang paling timur terdapat 3 bangunan pura yang menjulang tinggi. Ketiga wilayah dibedakan oleh adanya tembok-tembok yang terbuat dari batu bata merah.

DSCF3511 (854x1280)

Tiga buah bangunan terbesar yang ada di komplek pura, disebut meru, membujur dari utara ke selatan. Meru tersebut sangat khas karena dibangun dengan atap yang bertingkat-tingkat. Saking tingginya bangunan meru, dari jalan pun bangunannya udah bisa kita liat. Meru yang berada di tengah, meru tertinggi dengan 11 tingkat atap (tumpang), merupakan tempat untuk pemujaan dewa Syiwa. Meru yang berada di sebelah kiri dan kanan yang masing-masing memiliki 9 tumpang merupakan tempat untuk pemujaan dewa Wisnu dan Brahma Konon, meru ini juga menjadi perlambang tiga gunung besar yang disucikan oleh umat Hindu, yaitu Gunung Semeru di Jawa, Gunung Agung di Bali, dan Gunung Rinjani di Lombok.

DSCF3512 (1280x853)

Di sekeliling pura, terdapat 33 bangunan kecil berwarna putih yang disebut sanggah. Ada 33 buah sanggah yang menjadi simbol dari 33 buah desa di Bali yang pada tahun 1720 turut membantu pangeran Bali, Anak Agung Made Karangasem, mendirikan Pura Meru.

 

Pura Meru
Jalan Selaparang, Cakranegara, Mataram
Click for Google Maps

pura meru

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s