Makan Ayam Taliwang Khas Pak Udin (Mataram)

Selama di Lombok, saya sekeluarga nyewa mobil plus sopir. Nah, tempat ini direkomendasiin langsung ama dia. Dan yang namanya rekomendasi dari orang setempat, walau bisa aja ga enak, rasanya ga bisa dilewatkan gitu aja. Walau tadinya mau pergi ke ayam taliwang lain yang saya tau dari internet, malem itu akhirnya kita memutuskan buat pergi ke sana. Walau lokasinya agak nyempil, masuk dikit di sebuah jalan kecil, tapi mereka berada di pusat kota Mataram. Mudah untuk dijangkau.

Selain menjual berbagai menu ayam, mereka juga menjual berbagai menu ikan laut kayak baronang, kerapu, kakap, dan lain-lain. Jadi bisa makan seafood juga nih di sini.

DSCF3468 (1280x853)

Sebelum hidangan utama diantarkan, seperti biasa kalo makan di rumah makan di Lombok ini kita udah langsung disajiin beberok, irisan timun, dan sambel pelala. Kalo kamu belom tau, beberok itu lalapan khas Lombok yang umumnya berisi irisan terong dan diguyur sambel tomat. Jadi kamu ga akan tuh nemuin lalapan khas rumah makan Sunda yang isinya dedaunan di sini, hehehe. Sementara sambel pelala adalah sambel yang terbuat dari terasi dan tomat. Rasanya sih ga terlalu pedes. Jadi kayak semacam kondimen doang.

DSCF3474 (1280x853)

Kalo lagi makan di Lombok, pasti deh selalu mesen pelecing kangkung. Soalnya enak, segeeerrr.  Isi pelecing kangkungnya lengkap, yang pasti ada kangkungnya, masak ga ada, terus ada toge, kacang, plus serundeng dan kacang panjang. Kangkung untuk pelecingnya beda dari kangkung yang biasa kita makan di cah kangkung. Kangkungnya didominasi batang daripada daun. Tapi batangnya pun lembut.

DSCF3475 (1280x853)

Sama satu lagi, buat yang suka terong, pelecing terong juga ada. Sambelnya sama aja dengan yang di pelecing kangkung.

DSCF3471 (1280x855)

Karena ada dua macam ayam, kita mesen ayam bakar taliwang dan ayam pelecing. Anehnya, kita pikir ayam bakar taliwangnya bakal pedes. Biasanya kalo kita beli ayam taliwang di luar Lombok kan pasti pedes ya. Jadi mindsetnya yang namanya ayam taliwang itu udah pasti bakalan pedes. Tapi yang ini malah cenderung ngga sama sekali. Tapi, ayamnya sendiri enak. Bakarnya ga terlalu kering dan ayamnya cukup berdaging dan masih empuk dan enak buat dimakan.

DSCF3476 (1280x853)

Nah, yang pedesnya justru si ayam pelecingan. Keliatan kan dari olesan cabenya yang ada di mana-mana? Base-nya masih pake ayam yang sama ama si ayam bakar taliwang tadi. Dan kalo boleh milih siiih, mendingan yang ini lah. Soalnya rasanya pedes, lebih nampol pas dimakan. Dan yang pasti, lebih berkenang kan daripada yang ga pedes?? =P

Akhirul kata, makan di sini ternyata jadi keputusan yang the best. Soalnya, rasa ayam taliwangnya emang mantep. Bahkan lebih mantep daripada Ayam Taliwang Irama yang kita cobain pertama pas baru nyampe Lombok. Udah gitu, harganya murah pula. Penyajiannya cepet, responnya cepet. Apa lagi coba yang mau kamu harapkan dari sebuah rumah makan selain hal-hal tadi? Recommended deh!

 

Ayam Taliwang Khas Pak Udin
Jalan Gelatik No. 2B, Mataram
Click for Google Maps

taliwang pak udin

Iklan

2 pemikiran pada “Makan Ayam Taliwang Khas Pak Udin (Mataram)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s