Berkunjung ke Pura Lingsar (Lombok Barat)

Pura Lingsar berada di Desa Lingsar, Kecamatan Narmada, Kabupaten Lombok Barat, sekitar 9 km dari Hotel Viktor 3 tempat saya sekeluarga menginap. Di hari terakhir kita di Lombok, kita nyempetin buat mendatangi beberapa pura di pagi hari.

Pura ini adalah pura terluas di Lombok. Dibangun sejak 1741 oleh Raja Anak Agung Ketut Karangasem dan dianggap pura yang paling suci di Lombok. Uniknya, pura ini gabungan antara nilai-nilai agama Hindu dan Islam Wetu Telu, agama Islam khas Suku Sasak yang masih berpadu antara ajaran Islam, Hindu, Budha, dan bahkan animisme.

DSCF3484 (1280x853)

Konon, tempat ini dibangun sebagai lambang kerukunan dan persatuan. Karena itu, tak ada yang lebih tinggi atau lebih rendah dalam komplek pura yang luas itu. Umat Hindu dan Suku Sasak yang beragama Islam secara rukun merawat pura secara bersama-sama.

DSCF3485 (1280x853)

Masyarakat penganut agama Hindu dan masyarakat Islam Wetu Telu masing-masing memiliki bangunan sendiri di komplek pura. Gaduh yang artinya pura merupakan bangunan untuk masyarakat Hindu. Sedangkan Kemaliq, seperti yang tampak di atas, yang artinya keramat merupakan bangunan untuk masyarakat masayarakat Islam Wetu Telu.

DSCF3494 (1280x853)

Di komplek pura, ada sebuah kolam kecil yang di dasarnya tampak koin-koin berserakan. Konon katanya setiap pengunjung yang melempar koin ke dalam kolam dan berdoa akan mendapatkan kemudahan rezeki dari Tuhan.

DSCF3491 (1280x853)

DSCF3487 (1280x853)

Kalo kamu mengunjungi Pura Lingsar pada bulan purnama keenam tahun Saka (sekitar bulan Oktober atau Desember), kamu bisa menyaksikan upacara Perang Topat (ketupat). Upacara ini merupakan perayaan syukur peringatan ulang tahun pura. Perang Topat ini juga bertujuan untuk memohonkan hujan dan kemakmuran. Perang Topat sendiri merupakan budaya Hindu yang telah berakulturasi dengan Islam. Hal ini terlihat pada penggunaan ketupat sebagai bagian dari upacara.

 

Pura Lingsar
Desa Lingsar, Narmada, Lombok Barat
Click for Google Maps

pura lingsar

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s