Nyobain Nasi Balap Puyung Khas Lombok di RM Rinjani (Mataram)

Begitu kamu dateng ke Lombok, kamu akan langsung tersadar bahwa kuliner Lombok ga cuma ada ayam taliwang doang. Nasi balap puyung ini salah satunya.

Menurut sejarah, masakan ini dinamai nasi balap puyung karena dulu ada penjual nasi bernama Inaq Esun yang berjualan makanan di Kampung Puyung, Lombok Tengah. Inaq Esun memiliki seorang anak yang selalu menang dalam lomba balap lari. Setiap kali ada lomba balap lari, Inaq Esun selalu memberikan makanan gratis untuk para pendukung anaknya yang berupa nasi putih, plecingan ayam kering dan dicampur dengan kacang kedele. Sejak saat itulah nasi balap puyung menjadi begitu populer dan mulai dikenal oleh masyarakat Lombok.

Walaupun RM Rinjani yang saya mampiri ini bukan cabang nasi balap puyung Inaq Esun, ga ada salahnya kita mencoba. Jangan langsung men-judge bahwa nasi balap puyungnya ga oke sebelum dicoba. Pantang banget tuh buat petualang kuliner!

DSCF3121 (1280x855)

Nasi balap puyung sebenernya masakan yang amat sederhana. Dalam menu standar nasi balap, selain nasi putih kita akan memperoleh kacang kedele goreng, parutan kelapa goreng yang terasa seperti abon kering, sambel serta yang ini nih yang paling penting : ayam pelecing yang udah disuwir-suwir. Kenapa paling penting? Soalnya ayam pelecing ini rasanya nendang banget. Pedes gilaaaa… Padahal bumbunya cuma pake bawang putih, cabai, dan terasi. Ayam taliwang yang saya makan aja rasanya ga sepedes ini. Tapi karena rasanya yang nendang ini, justru bikin kita pengen nambah teruussss….

Nasi Balap Puyung Ekstra Lauk IDR 11K

 

Nasi Balap Puyung RM Rinjani
Pertokoan Griya Pesona Rinjani, Jalan Adi Sucipto, Ampenan, Mataram
Koordinat GPS : -8.565462,116.094485 (copy ke search bar Google Maps)

rm rinjani

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s