Makan Ayam Taliwang di Taliwang Irama (Mataram)

Rumah makan Taliwang Irama ini termasuk salah satu rumah makan taliwang yang paling ramai di kota Mataram. Terletak di Jalan Ade Irma Suryani, rumah makan ini memiliki area yang cukup besar. Bahkan memiliki beberapa saung untuk makan lesehan. Waktu saya sekeluarga datang ke sini, suasanya sepi. Maklum aja, soalnya udah jam 3 sore, di mana jam makan siang udah terlewat.

Kalo diperhatiin dari menunya, ayam taliwangnya tersedia dalam dua tingkat kepedasan, yaitu ayam bakar sedang dan ayam bakar pedas. Saya sekeluarga pernah makan di suatu rumah makan taliwang yang ayamnya pedes banget nauzubillah. Dari pengalaman ini, khawatir ayam bakar pedasnya bakalan nauzubillah juga pedesnya, akhirnya sekeluarga pesen ayam taliwangnya yang pedesnya sedeng aja.

Selain ayam taliwang, kita juga udah so pasti pesen pelecing kangkung. Ternyata sayur yang khas juga ada beberok alias pelecing terong. Ini istilah saya aja sih, soalnya sambelnya sama aja kayak yang di pelecing kangkung. Selain beberok, di menu ada nama yang asing, mesre taliwang. Tapi ternyata ini cuma ayam taliwang yang disuwir-suwir. Ga jadi dibeli deh kalo disuwir doang bedanya.

DSCF3072 (1280x853)

Daging ayam taliwangnya lembut. Ga kering kayak langganan yang suka dibeli deket rumah di Bandung. Bersama ayam taliwang, selalu disajikan pula sambal kacang yang warnanya coklat kemerahan. Penampakannya mirip kayak bumbu kacang di sate madura tapi kacangnya diulek halus, sehingga butiran kacangnya udah ga terlalu bersisa. Rasanya ga terlalu pedes.

Pelecing kangkung ga cuma berisi rebusan kangkung aja. Selain kangkung sebagai kombinasi wajib, ada juga kacang tanah goreng dan toge rebus. Lalu di atasnya ditaburi sedikit kelapa parut. Pendek cerita, pelecing kangkung ini urap sayur yang diberi sambal pelala. Sambal yang berwarna merah ini terbuat dari terasi dan tomat. Sambal ini yang bikin pelecing kangkung makin segeerrrr.

DSCF3079 (1280x853)

Beberok berisi terong bakar. Tapi bukan terong yang berwarna ungu melainkan terong yang berwarna hijau. Beberok ini kalo sekilas diliat mirip ama cacahan timun buat nasi goreng yang ditaburi sambal pelala.

DSCF3066 (853x1280)

Buat minumnya, ini juga salah satu yang khas dari Lombok, yaitu es kelapa muda madu crystal. Jadi, pemanis es kelapa mudanya ga pake gula atau aren melainkan menggunakan madu putih khas Sumbawa. Madu putih inilah yang disebut madu crystal. Sebelum es kelapa mudanya diaduk, penampakan madunya mirip kayak gula putih cair. Pas es kelapa mudanya diminum, rasanya rada-rada asem seger.

Ayam Taliwang IDR 45K
Pelecing Kangkung IDR 7.5K
Beberok IDR 7.5K
Es Kelapa Muda Madu Crystal IDR 15K

 

Taliwang Irama
http://taliwangirama.com/
Jalan Ade Irma Suryani No. 10 Mataram
Click for Google Maps

taliwang irama

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s