Makan Pempek dan Es Kacang Merah di Pempek Rama (Bandung)

Pempek Rama ini, seperti yang bisa kita liat dari namanya, terletak di Jalan Rama. Udah lama Jalan Rama terkenal dengan penganan pempeknya. Selain Pempek Rama, ada Pempek Raden yang telah membuka banyak cabang lain di Bandung dan bahkan di kota lain, serta Pempek Anugrah yang juga terkenal. Mamah saya, yang lahir di kota Palembang, lebih memilih membeli pempek di sini karena rasa cukanya lebih enak. Saya…. percaya dan ngikut aja deh, hehehe…

DSCF2588 (1280x855)

Jalan Rama tidak lebar, sehingga kalo kamu datang pake mobil di jam makan siang, dijamin kamu bakal kesulitan mencari tempat parkir. Waktu kemaren saya ke sini, mobil mesti muterin jalan sampe dua kali buat nyari tempat parkir, sebelum akhirnya kita mutusin buat berbelok di suatu jalan masuk perumahan dan parkir di sana. Yah, untungnya ga terlalu jauh dari lokasi penjual pempek.

DSCF2567 (853x1280)

Pada saat itu, emang pas jam makan siang, ruangannya cukup ramai. Kapasitas ruangannya sendiri kira-kira bisa menampung lebih dari 40 orang. Sebelum duduk, kita sebaiknya memilih dulu pempek yang ingin dibeli, yang bisa diliat dengan jelas melalui display kaca. Macam pempek yang tersedia pun cukup banyak. Mulai dari pempek lenjer, pempek kapal selam, pempek adaan, pempek pistel (atau pempek kates, berisi pepaya muda) hingga pempek dan lenggang panggang. Namun untuk kedua jenis pempek yang terakhir ini, tidak selalu tersedia. Pemilik Pempek Rama mengakui bahwa mereka kekurangan pekerja untuk menyediakan jenis pempek yang dipanggang. Alasan yang menurut saya tidak masuk akal. So, kalo kamu ingin membeli pempek panggang, sebaiknya nelepon dulu apakah mereka saat itu sedang sedia atau tidak.

8e930-dscf25762b1280x853

3c8a2-dscf25752b1280x853

Yak, seperti yang bisa kamu liat di atas, pempek favorit saya adalah pempek lenggang dan pempek adaan yang gurih. Kalo yang udah ada kuahnya itu pempek pesenan adik saya. Pempek lenggang adalah pempek lenjer yang dipotong-potong lalu digoreng dicampur dengan telur. Sedangkan pempek adaan adalah jenis pempek yang dalam penggunaannya menggunakan campuran santan, sehingga lebih gurih daripada pempek biasa lainnya.

DSCF2577 (853x1280)

Pempeknya dateng tanpa dikasih kuah cuka karena kuah cukanya tersedia di meja. Bisa kamu liat bahwa, sepertinya ada dua jenis cuka. Yang ada di dalem wadah yang diberi cat merah sepertinya cuka yang pedas. Saya sejujurnya ga nyoba cuka yang di dalam wadah tanpa cat jadi ini pure guess sih. Saya langsung ngambil cuka di wadah dengan cat merah dan cukanya sih biasa aja, ga berasa pedes juga. Yang bikin bingung juga, sebenernya ada dua wadah sambel di meja. So, kalo cuka di wadah bercat merah udah pedes, ngapain lagi ada sambel? Well, mungkin tebakan saya salah. Sambelnya sendiri, seperti saya bilang, ada dua macem. Yang warna hijau sebenernya khusus buat pempek panggang. Sayang juga pempek panggang lagi ga ada. Kalo ada, pasti saya pesen juga.

DSCF2573 (1280x853)

0137c-dscf25822b1280x854

Nah, selain pempek, Palembang juga terkenal dengan es kacang merahnya. Bahkan di warung yang menjual pempek, yang kecil-kecilan atau abal-abal, biasanya ga jual es kacang merah. Baru di tempat yang agak gede biasanya sedia. Dan setiap ada yang jual es kacang merah, saya biasanya akan beli soalnya es kacang merah itu favorit saya banget. Ga tau kenapa saya suka sama rasa kacang merah. Pas awal disajikan, kacang merahnya ga keliatan, karena ketumpuk-tumpuk sama es serut. Baru setelah kita aduk-aduk dan esnya agak mencair, keliatan lah es kacang merahnya. Warna putihnya sendiri berasal dari kuah santan.

 

Pempek Rama
Cabang Jalan Rama No. 28 Bandung
Click for Google Maps

rama

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s