Soto Mencos, Soto Favorit Saya di Jakarta (Jakarta)

Yes I know, you might not agree with me. Tapi buat saya yang suka banget ama kikil, Soto Mencos tuh uenak buangeeet! Apalagi kuahnya pake santan. Widiiih… Sumber penyakit banget ga sih tuh sebenernya, hehehe. Ya, asal jangan sering-sering aja. Jangan lupa olahraga juga.

4ee56-img_20150227_1312432b1280x767

Ini dia “dapur” kecil di balik Soto Mencos. Onggokan-onggokan kaki sapi alias kikil terpajang di lemari kaca yang dapat diliat oleh pengunjung. Sebenernya, selain kikil dia pun menyediakan daging. Hanya saja jumlahnya ga terlalu banyak. Misalnya pas tadi saya dateng, dagingnya udah abis. Tapi buat saya sih ya ga masalah. Saya ga pernah beli soto Mencos pake daging. Selalu hanya berisi kikil. Sejujurnya malah saya baru tau akhir-akhir ini bahwa soto Mencos juga sedia daging. So kalo kamu ga suka kikil tapi pengen nyobain soto Mencos, sebaiknya datanglah agak awal sebelum jam makan siang supaya dijamin belom abis. Oiya, selain itu, mereka juga sedia sumsum lho. Tapi lagi-lagi ini yang ini juga persediaan terbatas. Untuk memperoleh yang satu ini, malahan saya menyarankan kamu agar datang lebih pagi lagi, sebelum jam 10 atau 11 misalnya supaya ga keabisan.

b8384-dscf27472b1280x855

Kalo kamu pernah makan soto tangkar, penampakannya mirip banget sama soto tangkar. Warnanya yang kemerahan ini, kalo kamu inget warna kuah lontong sayur, diakibatkan oleh adanya santan. So, ga sama sih ya kayak soto Betawi yang umumnya pake susu dan berwarna putih kekuningan.

4c382-dscf27482b1280x853

Ini dia kikilnya. Kikilnya lembut-lembut banget. Itu yang bikin saya seneng makan di soto Mencos ini. Selain itu, isinya ada potongan tomat, daun bawang, dan serpihan kerupuk emping kayak di soto Betawi, tapi di soto Mencos ada tambahan kerupuk merah lagi, yang warnanya cukup mendominasi. Kuahnya berasa agak asem-asem, kemungkinan karena adanya tomat ini.

DSCF2752 (1280x854)

Kalo kamu suka dengan acar, di meja tersedia acar timun dan wortel kayak di tukang nasi goreng. Kamu suka pedes, tentunya ada sambel. Dan jangan lupa buat yang ga bisa makan tanpa ditemani bunyi renyah kerupuk, ada kerupuk putih (kerupuk aci) juga di dalem kalengnya yang khas. Terkadang juga saya pernah liat ada emping yang ukurannya agak gede, tapi rupanya tadi sedang habis.

Soto Kikil IDR 28K
Nasi Putih IDR 4K

 

Soto Mencos Bpk. H. Sarnadi
Jalan Percetakan Negara No. 2C Jakarta Pusat
Click for Google Maps

mencos

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s