Bertandang ke Soto Kudus Blok M (Jakarta)

Saya dateng ke sini abis dateng dari nikahan temen elektro saya, Iqbal. Yaaa, kira-kira jam 2an lah ya. Saya milih dateng ke sini daripada ke cabangnya yang ada di Tebet karena konon mestinya ini adalah pusatnya. Saya lebih suka dateng ke pusatnya langsung dengan asumsi mestinya di pusat ini pelayanannya paling oke, dan rasanya pun yang paling enak. Walaupun mestinya sama sih ya, tapi saya kan ga mau ngambil risiko. Selain itu, jaraknya dari tempat kondangan pun ga terlalu jauh.

Ketika saya dateng, walaupun tempatnya rasa restoran dan pengunjung cukup ramai, tapi AC-nya mati. Ah, saya yang udah panas-panasan buat dateng ke sini jadi rada kecewa ga bisa menikmati hawa dingin AC. Namun untung ruangannya cukup luas, sehingga ga terlalu terasa panas dan sumpek. Kira-kira ada 23 meja yang masing-masing mampu menampung 4 orang.

70181-dscf23532b1280x853

Saya liat menunya. Ternyata ada dua macam soto yang entah apa bedanya. Pas saya tanya pelayannya, katanya kalo Soto Kudus Blok M soto sama nasinya dipisah. Kalo soto kudus campur soto sama nasinya ya dicampur. Nah, berhubung saya udah tau kalo mangkok soto kudus itu kecil, walau ga sekecil mangkok Soto Padang H. St. Mangkuto, jadilah saya memesan soto kudus yang dipisah. Kebayang kan, padahal harganya sama, dengan ukuran mangkok yang sama, segimana porsi soto ama nasinya? Rugi rasanya. Mendingan saya beli nasi agi deh, cuma 6 ribu maratus ini.

Buat yang belom pernah makan soto kudus, isinya itu didominasi toge, lalu ada suir-suiran ayam yang ukuran suirannya cukup besar namun ga terlalu banyak. Udah. Ga ada lagi isinya. Karena ada yang namanya menu pelengkap, ada di piring terpisah yang bisa kita pilih sendiri. Normally saya pasti akan mengambil sate kerang, hidangan pelengkap khas soto kudus. Tapi sialnya sate kerangnya ga ada, mungkin udah habis. Huhu, padahal sate kerang kan enak.

ccb60-dscf23552b1280x853

Ya udah deh, di tengah kekecewaan saya, saya ngambil perkedel kentang ama bakwan jagung, di menu tulisannya “perkedel” aja. Buat saya, perkedel kentang dan tempe wajib ada di hidangan soto. Tapi kali ini saya ga ngambil tempe, soalnya jenisnya tempe bacem. Saya ga terlalu suka tempe bacem karena rasanya yang manis. Saya sih lebih suka tempe goreng biasa yang cita rasanya asin. Selain itu, ukuran tempenya juga agak gede. Saya jadi makin males. Oiya, selain itu ada perkedel jagung (di menu ditulis bakwan jagung), telur burung puyuh, babat, telur bacem, tahu bacem. Serba bacem deh.

3b4b0-dscf23582b1280x855

Pas saya seruput kuahnya, yah, ternyata ga anget. Padahal kuah yang anget itu sebuah keharusan, apalagi kalo dimakan pake nasi. Cita rasa kuahnya agak manis. Dan hmmm, perkedel kentangnya enak. Di dalemnya ada tambahan kornet sapi dan cukup terasa. Namun secara keseluruhan, rasa sotonya biasa aja. Ini sih makan mahal tapi ga terlalu kenyang dan puas.

Sebagai catatan, saya pernah beberapa kali makan soto kudus, bahkan langsung di kota Kudusnya. Seinget saya waktu itu saya pernah nyoba makan di dua restoran soto kudus yang terkenal. Walaupun kejadiannya udah lama banget, saya masih inget bahwa saya ga terlalu terkesan ama soto kudus. Mungkin karena rasanya yang ga terlalu gimana-gimana ya. Dan, masih hingga sekarang, yang saya suka justru sate kerangnya. Soalnya, selain enak, sate kerang jarang ada di hidangan kuliner manapun.

Soto Kudus Blok M IDR 22K
Nasi Putih IDR 6.5K
Perkedel IDR 6K
Bakwan Jagung IDR 6K
Es Jeruk IDR 12K

 

Soto Kudus Blok M
Cabang Jalan K.H Ahmad Dahlan No. 36 Jakarta Selatan
Click for Google Maps

soto kudus

Iklan

4 pemikiran pada “Bertandang ke Soto Kudus Blok M (Jakarta)

  1. Kapan kapan cobain soto kudus punya kami mas, kami buka soto kudus di daerah jatikramat pondok gede… Pengen juga direview seperti ini… Thx

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s