Cirreng Cipaganti, Cireng Terfavorit Sebandung Raya! (Bandung)

Kamu boleh bilang saya lebay. Tapi yang pasti saya ga bilang “cireng terenak” soalnya ntar takut di antara kamu bakal ada yang ngomong, “ah, saya ga suka” atau “ah, saya lebih suka cireng yang dijual di xxxxx”. Yah, namanya juga masalah selera, bebas -bebas aja dong. Tapi yang pasti, buat saya ini cireng terfavorit sebandung raya, sejagat raya malahan (ga ada yang jual cireng kan di Mars?). Thus, bagi saya ini cireng yang paling enak.

d9edc-dscf22972b1280x853

Lokasinya, kalo dari arah bawah atau selatan, nanti kamu akan menemukan satu-satunya ,so far, pom bensin di Jalan Cipaganti. Nah, tepat di seberang pom bensin itu ada kantor pos. Si Cirreng Cipaganti ini berjualan di gerobak di depan kantor pos yang saya maksud. Nama resmi mereka, sesuai yang terlihat di foto, memang “Cirreng Cipaganti”. Nama yang cukup sadis buat saya yang cadel karena huruf R-nya dikasih tasydid. Entah kenapa huruf R-nya mesti didobel. Padahal dalam penyebutan, orang pasti nyebutnya tetep cireng biasa, ga cirrrrreng.

9a8db-dscf22932b849x1280

Demi kalian, saya mampir ke sini buat dokumentasi. Saya dateng di atas jam 1 siang karena sebelum itu mereka beeelom buka. Dan sekalian mau update info juga sih. Dan ternyata, sekarang harga cirengnya udah naik, dari seribu jadi seribu dua ratus. Lumayan juga kan bedanya kalo beli dua puluh biji. Lalu, walau sebenernya ga baru-baru amat, tapi saya yakin belom nyampe setahun, sekarang mereka juga jual cilok. Tadinya saya emang mau beli cilok sih. Tapi rasanya ga afdol kalo udah dateng ke sini eh malah cuman beli cilok. Lagipula flagship mereka kan emang cirengnya. Oiya, kalo mau delivery pake JNE juga bisa, tinggal hubungi nomer mereka di 08132 168 1717.

716a8-dscf22952b1280x853

Dan kalo kamu mau bawa pulang cireng atau ciloknya buat dimakan di rumah, terutama kalo rumah kamu di Sabang atau Merauke, kamu bisa beli cireng yang udah tinggal digoreng, atau cilok yang udah tinggal dikukus. Keren kan? Dan kalo ga salah, selain bisa dibeli di sumbernya di sini, kamu bisa juga beli di Supermarket Yogya atau Griya di Bandung. Jadi kalo kamu tinggal di Buah Batu, ga usah bersusah payah menembus kemacetan kota Bandung demi ingin menyantap Cirreng Cipaganti.

57232-dscf22942b1280x853

Nanti di rumah, jangan lupa kamu selipin bumbu kacangnya ke dalem cirengnya, kayak yang lagi dilakuin si aa di foto di atas. Soalnya pengalaman temen saya nih ya, saya kan ngebeliin dua bungkus cireng siap goreng buat dia. Dia cerita, dia ga nyelipin bumbu kacangnya ke sela-sela cirengnya, melainkan memakannya dengan cara mencocol. Yah, dia ga bisa disalahin juga sih. Dia belom pernah liat dan beli langsung sih, jadinya ga tau penampakannya.

5a390-dscf22962b1280x853

Nah, itu penampakan ciloknya. Sejujurnya, kalo ngeliatnya masih di panci, penampakannya sama sekali tidak menggoda, hehehe. Abisnya warnanya abu-abu gitu. Sama ama warna pancinya. Saya akhirnya beli 5 buah cilok dan 5 buah cireng. Ciloknya dimasukin ke wadah gelas, sementara cirengnya dimasukin ke wadah kertas kayak di bawah.

5ac3c-dscf23002b852x1280

Nah, buat saya, yang paling bikin enak dari cirengnya adalah dua hal : kerenyahan cirengnya dan bumbu kacangnya itu sendiri. Cirengnya ga kayak yang lembek-lembek yang biasa dijual tukang gorengan. Cirengnya pipih, renyah, ada ruang di tengahnya yang kemudian digunakan untuk dioleskan bumbu kacang. Maka kalo kamu beli cireng ini, sebaiknya langsung dimakan habis selagi renyah. Saya pernah makan ketika udah sampe rumah, cirengnya mulai alot dan membuat otot rahang lelah mengunyah. Bumbu kacangnya sendiri gurih. Tekstur kacangnya sangat terasa. Lalu, ini juga yang bikin nampol, bumbu kacangnya ga cuma terasa gurih doang tapi juga cukup pedas. Kombinasi cireng yang renyah dan bumbu yang gurih pedas inilah yang bikin kita pengen makan lagi dan lagi. Makanya, kalo mau beli, sekalian beli yang rada banyak.

02824-dscf23022b1280x855

Ciloknya? Ga terlalu spesial. Walau teksturnya lembut, sayangnya ciloknya ga ada isi apa-apa. Full aci. Bumbu kacangnya masih sama seperti bumbu kacang yang digunakan di cireng. Bedanya lebih encer doang. Overall, enak sih tapi ga istimewa.

DSCF2299 (1280x853)

 

Cirreng Cipaganti
Jalan Cipaganti, seberang pom bensin Cipaganti
Click for Google Maps

adc55-cirreng

Iklan

2 pemikiran pada “Cirreng Cipaganti, Cireng Terfavorit Sebandung Raya! (Bandung)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s