Hidangan Khas Palembang di Sari Sanjaya (Jakarta)

Kali ini saya makan siang di Kelapa Gading. Tepatnya, di Sari Sanjaya. Saya ga pergi sendirian karena ada dayang-dayang yang ngikut bareng juga, Mbak Sissy ama Mbak Niken. Yeaaah, dua-duanya mbak-mbak dan saya jadi yang paling muda dan paling imut. Mereka berdua? Biarlah mereka jadi amit-amit.

Pas pertama masuk, walau tempatnya ga terlalu luas, tapi rame pol. Untung kita masih bisa dapet tempat. Di salah satu sisi ruangan, lemari besar dan panjang memamerkan berbagai cemilan dan makanan ringan. Cukup menggoda iman. Iman dua mbak-mbak itu. Dua yang pergi mendekati lemari itu, tapi cuman satu yang beli.

Pelayannya dateng dengan cepat, membawakan kami menu masakan yang tersedia. Mbak Niken melihat-lihat menu dan matanya tiba-tiba tertumpu pada suatu menu. Ternyata itu si chee cheong fan yang dia suka. Tapi di menu namanya bukan itu, ditulisnya coipan. Ga tau deh ada bedanya atau ngga ama si chee cheong fan. Lalu dia pesen satu. Buat makanan utama, si dua orang cewek mbak-mbak ini pada mesen pindang ikan patin dan pempek, yang bahkan udah direncanain bakal dipesen sejak dari kantor. Saya ga ikut mesen ikan ama pempek. Bukannya ga mau sih, gampang lah kalo mau. Tinggal minta aja, hehehe. Saya sendiri belom punya rencana mau makan apa tapi akhirnya saya mesen cumi bakar, yang kalo dari foto sih keliatannya enak.

coipan
coipan

Si coipan datang. Lah, ternyata sepiring kecil isinya cuma atu. Padahal di foto isinya dua. Penipu kau Sari Sanjaya! Kan tadinya saya mau minta! Ya udah deh, beli satu piring lagi. Gitu aja kok repot. Hmmm, si coipan ini dilapisi adonan yang terbuat dari tepung beras. Isinya? Rebung, pemirsa-pemirsa. Biasanya saya ga suka rebung karena ga suka baunya, tapi untung yang ini masih eatable buat saya. Mungkin karena direbus, bukan digoreng kayak lumpiah Semarang.

pindang ikan patin
pindang ikan patin

Selang beberapa menit kemudian, pesenan makanan berat kita dateng semua. Diawali dengan si cumi bakar. Olalaaaa, ternyata sepiring cumi bakar isinya 4 ekor. Gede-gede pula. Gimana makannya? (Ya pake mulut laaah) Ya udah, buat dimakan bertiga aja. Saya murah hati banget yah (muji diri). Terus, pindang patinnya dateng. Nasinya juga. Oke, markijar! (mari kita hajar)

Yang saya cicipin duluan malahan sop pindang patin. Enak, seperti patin pada umumnya. Kuahnya banyak dikasih dedaunan dan bahan ini itu yang memunculkan cita rasa khas. Oiya, ada nanasnya juga, yang memunculkan rasa asam yang menyegarkan. Pempeknya? Ntar, mereka itu makanan penutup. Tapi bentar dulu deh, yang paling oke itu justru cumi bakarnya saya. Karena rasanya ternyata enaaaak! Tekstur dagingnya emang ga liat kayak daging. Yang ini tuh teksturnya lembuuut. Bahkan si tentakel-tentakelnya juga. Rasa kecapnya pas, sehingga cuminya ga terlalu manis berlebihan atau kegosongan. Waaah, recommended banget deh ini cumi. Mantab banget sodara-sodaraaaa! Empat ekor cumai habis tak bersisa.

cumi bakar pesenan saya nih
cumi bakar pesenan saya nih

Dan yang terakhir, makanan penutupnya adalah pempek kapal selam dan pempek lenjer. Saya lagi-lagi cuma minta aja, kekekek. Pempeknya enak. Sayang sekali mereka ga ada yang pesen pempek adaan atau lenggang. Padahal itu jenis pempek yang saya suka.

pempek lenjer kecil ama kapal selam (yang ada isi telornya)
pempek lenjer kecil ama kapal selam (yang ada isi telornya)

Oke, habis berapa makan siang kita kali ini? Tadaaa, ternyata 248 rebu. Si cuminya, seperti yang udah saya duga, harganya cukup mahal, 60 rebu. Tapi ya ga mahal juga sih ya, kalo dapetnya sebanyak dan seenak itu. Sementara harga pindang patin dan pempek juga cukup wajar. Buat penyuka atau yang kangen ama masakan Palembang, bisa nih dateng ke mari.

Pindang Ikan Patin IDR 32.5K
Nasi Putih IDR 7K
Cumi Bakar IDR 60K
Pempek Kapal Selam IDR 20K
Pempek Lenjer Kecil IDR 7.5K
Coipan IDR 7K

 

Sari Sanjaya
http://www.sarisanjaya.com/

Jalan Boulevard Raya Blok QA 1 No 8/9, Kelapa Gading, Jakarta Utara
Click for Google Maps

Iklan

Satu pemikiran pada “Hidangan Khas Palembang di Sari Sanjaya (Jakarta)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s